Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang membuat hidup kita menjadi lelah

Hal yang membuat hidup kita menjadi lelah

Penamorf - Perkara hidup merupakan hal yang tidaklah gampang dan bagi sebagian orang lagi tidaklah sulit. 

Memandang hidup pada dasarnya bagaimana kita bisa memaknai setiap keadaan yang ada, menikmati perjuangan demi perjuangan, dan juga menikmati pertemanan. 

Dan tahu gak si, kadang hidup ini menjadi terasa lelah karena ada beberapa hal yang menimpa diri kita. Yang mana diri kita sendiri sebenarnya belum siap atau kurang tahu dalam merespon. hal yang menimpa kita. 

Berikut adalah 5 hal yang membuat hidup kita menjadi lelah : 

1. Bergaul dengan si toxic 

Bergaul dengan si toxic pasti akan menguras energi. Kenapa?  Karena tidak akan membuatmu menjadi orang dengan versi yang terbaik.

Orang toxic itu hobinya mengeluh tidak pada tempatnya, ketergantungan secara emosional,  mengisolasi orang lain, kurangnya empati, dan ciri-ciri orang toxic lainnya. 

Thats why kalau sekarang udah jamannya untuk tidak terlalu dekat dengan orang yang toxic. 

2. Memandang ke atas terus

Maksudnya bukan memandang dipan terus menerus. Melainkan supaya kita tidak memandang orang-orang yang posisinya sudah ada diatas kita.

Kenapa? Takutnya kita lupa langkah diri kita. Lupa akan tujuan yang harus dicapai. Sedangkan dengan memandang orang yang ada diatas kita kerap kali membuat diri kita insecure

Ya ada kalanya kita selalu melihat jalan kita, berhenti melihat masa lalu, lalu melangkah lagi. 

3. Terlalu keras pada diri sendiri

Keras pada diri sendiri memang boleh. Namun, kita semua adalah manusia. Yang mana keras pada diri sendiri harus tahu waktu dan situasi. 

Contoh terlalu keras pada diri sendiri, mati matian diet dengan tidak makan sama sekali selama 2 hari penuh. Belajar 16 jam sehari demi masuk PTN dan kegiatan lain yang ngepush  diri sendiri.

Hidup akan menjadi lelah bila terlalu keras pada diri sendiri. Ada kalanya kita perlu istriahat, berekreasi, dan menjalani sesuatu yang menantang.  

4. Pesimisme

Hidup dalam bayang-bayang pikiran pesimis sudah pasti akan menimbulkan ketidakmajuan atau ketiadaan atas sebuah progress.

Membiarkan otak untuk berfikir  pesimis, akan membuat mental kita lelah. Kenapa? Ketika kita punya wacana, mimpi, atau hal yang ingin dilakukan di masa depan. Lalu otak kita sendiri yang mematahkan hal-hal tersebut. 

Bila berlarut-larut, dampaknya berbahaya untuk masa depan. 

5. Overthinking

Nah siapa yang hobi overthinking? Overthinking bukanlah hal yang baik. Selain membuat pikiran capek, ternyata overthinking itu membuang waktu banget loh. 

Usahakan ketika overthinking, sadarkan pikiran untuk fokus ke kegiatan yang bermanfaat. Susah memang dan perlu dilatih. 


Yap itu dia 5 hal yang membuat hidup kita menjadi lelah. Jauh jauh dari 5 hal yang ada diatas. Karena hidup ini harus semangat dan bahagia. Terimakasih