Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal profesi Prompt Engineer, tugas, beserta gajinya

Mengenal profesi Prompt Engineer, tugas, beserta gajinya

Penamorf -  Artificial Intelegent  merupakan  keajaiban teknologi yang ramai dibicarakan oleh netizen di tahun 2023 ini. 

Apalagi ketika perusahaan OpenAI milik Elon Musk   mengumumkan perilisan Chat GPT sebagai pengganti mesin pencari berbasis kecerdasan buatan.

Ketika Chat GPT ramai dibahas, mesin pencari Google kabarnya sempat panik. Beberapa profesi seperti penulis, SEO specialist,  copywriter dikabarkan terancam hilang. 

Faktanya sampai sekarang, mesin pencari Google masih digunakan. Dan beberapa profesi diatas faktanya sampai sekarang masih ada. 

Munculnya AI sebagai bagian dari teknologi, ternyata membawa profesi baru. Yaitu Prompt Engineer. Apa itu Prompt Engineer,  apa tugasnya, dan berapa gajinya? Berikut adalah pembahasannya : 

Pengertian Prompt Engineer  :

Prompt Engineer adalah pekerjaan yang berfokus pada pembuatan, evaluasi, dan optimalisasi prompt.  Yang mana prompt sendiri adalah instruksi yang digunakan untuk berinteraksi dengan machine learning  seperti GPR-3 atau GPT-4. 

Profesi ini merupakan profesi baru yang sedang ramai dibicarakan di belahan dunia. Namun di Indonesia sendiri sepertinya kurang banyak dibutuhkan. 

Berbeda dengan Amerika Serikat, yang mana profesi prompt engineer  sendiri sedang naik daun dan banyak dibutuhkan.  Lantas apa tugas seorang prompt engineer

Tugas Prompt Engineer :

Sejauh ini ada 6 tugas pokok seorang prompt engineer. Apa saja? Berikut adalah penjelasan detailnya  : 

Desain Prompt: Membuat berbagai jenis prompt yang akan menghasilkan respons yang paling sesuai dari model bahasa.

Evaluasi Kualitas Respons: Menggunakan metrik seperti akurasi, kelengkapan, dan kejelasan untuk mengevaluasi sejauh mana model memenuhi kebutuhan.

Optimalisasi: Melakukan fine-tuning pada prompt atau model itu sendiri untuk memperbaiki performa.

Kolaborasi Tim: Bekerja sama dengan data scientist, machine learning engineer, dan stakeholder lainnya untuk mengintegrasikan model bahasa ke dalam produk atau layanan.

Pengujian A/B: Melakukan eksperimen untuk menentukan efektivitas berbagai jenis prompt.

Monitoring dan Maintenance: Memantau bagaimana model berperforma dalam skala produksi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Pendidikan seorang Prompt Engineer

Sebagian besar Prompt Engineer memiliki latar belakang pendidikan computer science, data science, bahkan linguistic.  Keterampilan yang dimiliki biasanya pemrograman,  pengoperasioan tools analytics, dan machine learning. 

Lingkungan Kerja seorang Prompt Engineer

Lingkungan kerja seorang Prompt Engineer sendiri ada banyak jenisnya. Mulai dari perusahaan teknologi besar seperti Amazon, Google, dan lainnya. 

Bisa juga bekerja di startup yang memberikan AI Services. Selain itu bisa di bidang konsultan, vendor, atau akademisi.

Gaji seorang Prompt Engineer :

Gaji seorang Prompt Engineer sendiri tergantung pada lokasi, pengalaman, dan perusahaan. Di Amerika Serikat, seorang Prompt Engineer bisa memiliki gaji pertahunnya hingga 80.000 USD. Angka yang sangat fantastis bukan.