Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nicolas Cole, dari online writing hingga cuan jutaan dollar

Nicolas Cole, dari online writing hingga cuan jutaan dollar


Penamorf - Memiliki profesi sebagai penulis merupakan mimpi bagi sebagian orang yang ada di dunia ini. Di negara kita, gen Z lebih banyak ingin  berprofesi sebagai seorang Youtuber.

Lain ceritanya di Swedia, Norwegia, dan beberapa  negara lain di Eropa, Gen Z disana lebih memilih menjadi seorang penulis. 

Menjadi penulis bisa jadi pekerjaan mudah dan bisa juga menjadi pekerjaan yang sulit. Tergantung menjadi penulis yang bagaimana dulu. 

Apakah penulis novel yang bisa mengarang cerita bebas, copywriter  yang bisa menghasilkan  konversi penjualan produk? atau script writter  yang tugasnya membuat naskah untuk pembuatan video. 

Kali ini Penamorf akan membahas seorang penulis  yang cukup terkenal di platform Quora yang bernama Nicolas Cole. 

Beliau ini menjadi miliarder berkat online writing di beberapa platform.Berikut adalah kisah Nicolas Cole : 

Siapa Nicolas Cole?

Saat merupakan seorang penulis online ternama yang berasal dari Amerika Serikat. Cole merupakan nama panggilannya dan saat ini menjadi kolumnis di beberapa media ternama yang ada di Amerika serikat.

Bagaimana seorang Nicolas Cole menjadi terkenal ?

Cole menjadi terkenal berkat dirinya aktif menulis, bertanya, dan menjawab pertanyaan di platform yang cukup terkenal yaitu Quora

Menurut Ali Abdaal dalam video Youtubenya yang berjudull How to make 10.000 Dollar per Month Wrtiting Online, Nicolas Cole menjadi penulis online yang paling banyak jumlah views di platform Quora. 

Hingga saat ini jumlah views tersebut sudah menyentuh hingga 200 juta views lebih. Wajar bila Nicolas Cole menjadi seorang penulis terbaik dari tahun 2015 hingga 2018 di platform Quora. 

Jawaban Nicolas Cole di Quora dipublis ulang oleh media ternam seperti Huffington Post, The Guardian, dan lain-lain. 

Dari media itu, secara tidak langsung membuat nama Nicolas Cole melambung. 

1. Gaya Tulisan yang menarik 

Tulisan Nicolas Cole memiliki daya tarik tersendiri. Tulisan yang ditulis cukup ringkas namun paduan kata yang dipadu berhasil membuat banyak orang menyukai tulisannya. 

Tulisan Nicolas Cole sebagaian berisi tips  tentang ghost writing, pengalamannya bekerja di media, motivasi,  dan masih banyak lagi. 

2. Konsisten                                                                                                                                                 

Seorang penulis tentu tidak langsung menghasilkan tulisan yang bagus/ Mereka sudah pasti membutuhkan latihan yang jam terbangnya tidaklah sedikit. 

Dalam video Ali Abdaal, Nicolas Cole mengatakan bahwa perlu konsistensi untuk menjadi seorang penulis online. Menulis merupakan skill yang mudah dipelajari, namun tidak semua orang bisa konsisten untuk belajar dan menghasilkan tulisan yang bagus. 

3. Menulis di beberapa platform

Platform menulis  itu ada banyak jenisnya. Dan biasantya tergantung genre juga. Misal genre untuk penulis novel ada Good Novel, Wattpad, Fizzo, dan masih banyak lagi. 

Nicolas Cole aktif menulis di 3 platform menulis. Diantaranya Twitter, Medium, dan Quora.  Namun yang membuat nama Nicolas Cole cepat dikenal adalah karena tulisannya yang ada di Quora. 

4. Menjadi ghost writer 

Ghost Writer merupakan istilah yang digunakan untuk penulis dengan menutup identitas dirinya. Seorang ghost writter  biasanya membuat tulisan naskah dibalik layar atau untuk orang-orang tertentu. 

Nicolas Cole semenjak namanya melambung di Quora kerap dimintai untuk menulis esai oleh akademisi, menulis narasi untuk Youtuber ternama, hingga menulis naskah podcast. 

5. Membuat buku dan kursus menulis online

Ladang cuan Nicolas Cole yang lainnya adalah  membuat buku. Ada beberapa buku yang sudah pernah dia terbitkan. Diantaranya : 

A. The Art and Business Online Writing 
B. Snow Leopard
C. The Big Brand Lie

Dan masih banyak lagi buku Cole yang terjual di Internet. The Art and Business Online Writing menjadi salah satu buku best seller  di Amerika Serikat. 

Tahun 2023, Nicolas Cole membuka kelas Premium Ghost Writing Academy  yang berdurasi 90 hari dengan 7 program utamanya.  Harga kelasnya hampir 1000 USD dengan jumlah peserta lebih dari 8000 yang ada di seluruh dunia.