Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Mi Mix 3, Bukti Xiaomi Bisa Hadirkan Smartphone Kelas Atas



Menurut saya, Xiaomi Mi Mix 3 saat ini merupakan smartphone terbaik Xiaomi. Dan bisa jadi merupakan smartphone terbaik di dunia saat ini. Sebelum dirilis, pendahulunya Xiaomi Mi Mix 2S memiliki desain yang sama dengan Mi Mix 3 yaitu dengan keramik di area belakang dan display bezel-less.

Tapi yang membedakan Xiaomi Mi Mix 3 dengan pendahulunya yaitu tidak adanya notch (poni untuk kamera depan). Karena Xiaomi Mi Mix 3 menggunakan teknologi terbarunya yaitu Slider Phone. Dimana kamera depan Xiaomi Mi Mix 3 diletakan di slide yang beda dari body utama.

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3

Nama Smartphone
Xiaomi Mi Mix 3
Harga
RP.6.500.000
Android Versi
Android 9 Pie
Display
6.4 Inchi, AMOLED, FHD + (2340X1080), Corning Gorilla Glass 5, 93.4% rasio layar terhadap body
User Interface
MIUI 10
Konektivitas
USB Tipe C (USB 2.0), Bluetooth 5.0, Dual SIM, Dual GPS, 5G Support
Chipset
Qualcomm Snapdragon 845
Baterai
3200 mAh, Quick Charge Support, Wireless Charging.
RAM
Opotional  :
6GB/8GB/10GB
Kamera Depan 1
Sony IMX576, 24MP HDR
Memori Internal
128GB/256GB
Memori Eksternal
-
Kamera Belakang 1
Sony IMX363, 12MP (wide-angel)
Kamera Depan 2
2MP



Kamera Belakang 2

Samsung S5K3M3, 12MP (telephoto)
Dimensi dan Berat
157 x 74.7 x 8.5mm, 218 gram

Desain Xiaomi Mi Mix 3



Tidak seperti smartphone kebanyakan yang memiliki notch untuk kamera depan, Xiaomi Mi Mix 3 hadir dengan inovasi terbaru. Inovasi terbaru  yang dimaksud adalah slider camera. Kamera depan yang memiliki dua lensa dengan resolusi masing masing sebesar 24MP dan 2MP.

Resiko Slider Camera Xiaomi Mi Mix 3 adalah patah pada bagian slider.  Tetapi Xiaomi menyatakan bahwa slider camera  sudah diuji sebanyak 300.000 kali berturut-turut. Dan hingga saat ini belum ditemukan keluhan pengguna Mi Mix 3.

Slider Camera
Salah satu kekurangan yang membuat Xiaomi Mi Mix 3 menjengkelkan adalah tidak adanya anti debu dan anti air. Jadi smartphone Mi Mix 3 ini bisa dibilang mudah kotor. 


Apa lagi Xiaomi memiliki gap antara slider kamera dengan body utama. Yang mana bila kotor karena debu menjadi sulit dibersihkan dan bisa menimbulkan goresan.Dibagian belakang layar ada sensor fingerprint dan persis segaris dibawah ada logo MIX yag menarik.

Peletakan kamera belakang Xiaomi Mi Mix 3 mengingatkan pada Iphone XS. Oh ya,body Xiaomi Mi Mix 3 bagian belakang terbuat dari keramik. Dengan bahan keramik tersebut membuat Xiaomi Mi Mix 3 menjadi tampak lebih kokoh. Satu hal lagi, Xiaomi Mi Mix 3 memiliki anti gores yang membuat tampilan tetap stunning.

Bagian depan Xiaomi Mi Mix 3  tampak lebih futuristik. Tidak ada area untuk kamera depan, speaker, ataupun notifikasi LED. Layar Bezel-Les membuat pengguna merasa leluasa dalam menggunakan Xiaomi Mi Mix 3. Frame (bingkai) Mi Mix 3  terbuat dari material aluminium. Warna Frame tidak jauh beda dengan body  bagian belakang.

Tombol volume dan  power berada disebelah kanan. Disisi kiri Xiaomi menempatkan tombol untuk assistant  (pembantu). Di China tombol yang terletak disebelah kiri merupakan tombol Artificial Intelegent yang juga memiliki fungsi sama sebagai asisten pribadi.
Untuk Xiaomi Mi Mix 3 diluar China, tomboll sebelah kiri yang menjadi assisten pribadi menggunakan Google Assistant. Xiaomi tahu betul bagaimana memodifikasi tombol-tombol tersebut untuk memanfaatkan ruang yang ada.

Sebelah kiri Xiaomi Mi Mix 3 juga tempat slot dual SIM. Ada satu kekurangan Xiaomi Mi Mix 3 yaitu tidak adanya slot untuk memori eksternal. Bukan itu saja kekurangan Xiaomi Mi Mix 3 . Xiaomi menghilangkan  lubang Headphone yang berukuran 3.5mm.Dibagian bawah Xiaomi Mi Mix 3 ada lubang USB tipe C yang diapit oleh 2 speaker, sama sepeeti One plus,

Display Xiaomi Mi Mix 3 Display 


Xiaomi Mi Mix 3 memiliki panjang 6.39 Inch.  Resolusi Display Xiaomi Mi Mix 3 sudah support HDR. Teknologi Super AMOLED diadopsi Xiaomi dari Samsung. Mi Mix 3 memiliki rasio layar 93% dari body.

Dibanding One plus 6, resolusi 1080p Mi Mix 3 lebih bagus.Terdapat 3 mode untuk display Xiaomi Mi Mix 3 yaitu kontras otomatis, kontras dengan cahaya tajam dan kontras otomatis. Bagian layar atas, notch (poni kamera depan)  pada Xiaomi Mi Mix 3  ditiadakan.

Dengan kondisi fisik display tanpa notch, Xiaomi memberikan layar seluruhnya secara utuh. Menonton video tanpa gangguan notch membuat mata terasa lebih menikmati tayangan yang ada.
Satu hal yang harus diketahui bahwa Xiaomi Mi Mix 3 memiliki bezel yang sangat kecil. 

Desain Mi Mix 3 sudah termasuk kategori level atas yang membuat pengguna terkagum-kagum. Bermain game mengguanakan Mi Mix 3 juga menjadi pengalaman yang menyenangkan.
Sensasi bersosial media seperti membaca thread Twitter, menonton unggahan baru para Influencer di Instagram, atau berdagang di Facebook juga berbeda.

MIUI 10  pada Xiaomi Mi Mix 3


Xiaomi Mi Mix sudah langsung menggunakan MIUI 10 sebagai Usser Interface.  Tidak seperti di China, MIUI 10 untuk ROM global hanya support bahasa Inggris saja. Dan untuk bahasa lainnya bisa diunduh melalui Google Play Apps.

Kualitas kamera Mi Mix 3.


Xiaomi Mi Mix 3 memiliki skor 103 dari DxOMark, yang mana juga sama dengan Google pixel 3 XL meskipun beda hasil. Skor tersebut diambil dari kualitas kamera utama yang terletak di belakang kamera. Untuk kamera depan berarti tidak masuk ke penilaian.

Hasil kamera belakang cukup bagus dan tidak mengecewakan. Dibandingkan dengan Huawei 20 Pro dan Google Pixel 3 XL, hasilnya yang paling buruk adalah Google Pixel 3 XL. Untuk kamera depan hasil ketiga ponsel tersebut tidak jauh beda.

Fitur yang sangat diunggulkan dari Xiaomi Mi Mix 3 adalah night scene feature yang juga sama-sama disematkan pada Mi 8 Series dan Poco F1. Hasil jepretan dengan fitur tersebut sangat gelap.

Performa Xiaomi Mi Mix

 Xiaomi Mi Mix 3 memiliki spesifikasi yang tidak jauh beda dengan smartphone flagship kebanyakan. Ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan RAM sebesar 6/8/10 GB. Dan kapasitas memori internal sebesar 128 GB / 256 GB.

Meskipun memilih RAM dengan besar 10GB, kapasitas baterai sebesar 3200mAh dinilai cukup kecil. Apalagi bila dibandingkan dengan Honor View 20 atau Samsung Note 9. Xiaomi Mi Mix 3 diperkirakan memiliki kinerja yang sama dengan One plus 6T, yang mana merupakan smartphone dengan kecepatan tercepat saat ini.

Posting Komentar untuk "Xiaomi Mi Mix 3, Bukti Xiaomi Bisa Hadirkan Smartphone Kelas Atas"