Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah di Universitas Sebelas Maret sangat direkomendasikan, ini alasannya!


Penamorf.xyz –  Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu universitas negeri di Jawa Tengah selain Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). UNS saat ini menjadi universitas klaster 1, setara dengan ITB, UGM, IPB, ITS, UI, Undip, Unair, Unhas, Unbraw, Unpad, Unand, dan USU.

Terletak di kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Lokasi kampus UNS berada di tepi  Sungai Bengawan Solo, tepat berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Namun untuk beberapa fakultas memang ada yang memiliki gedung diluar kampus utama. Misalnya kampus UNS di Kebumen, Pabelan, Mesen, dan nantinya ada juga di Madiun.

UNS sendiri memiliki singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, namun sesuai peraturan yang dibuat sejak 1970-an UNS  memiliki kepanjangan Universitas Sebelas Maret. Jadi untuk masalah nama sudah jelas bahwa UNS memiliki kepanjangan Universitas Sebelas Maret. Saat ini UNS sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Selama lebih dari 40 tahun ini UNS sudah berkembang begitu pesat. Dahulu UNS hanya memiliki 9 fakultas saja dan sekarang sudah menjadi 11 fakultas. 11 Fakultas itu adalah :

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain
2. Fakultas Ilmu Budaya
3. Fakultas Kedokteran
4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
8. Fakultas Pertanian
9. Fakultas Teknik
10. Fakultas Hukum
11. Fakultas Keolahragaan

UNS memiliki sekolah vokasi dan studi pascasarjana. Dengan banyaknya fakultas yang menjadi wadah untuk menempuh Pendidikan tinggi, UNS saat ini memiliki visi  World Class University. UNS memiliki banyak sekali keunggulan yang bisa menarik 21.900 peminat melalui jalur SBMPTN tahun 2019.

Dibawah ini adalah alasan kenapa kamu harus berkuliah di Universitas Sebelas Maret.


1. Merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia 


 Betul kamu tidak salah baca. UNS merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Sebut saja lembaga pemeringkatan universitas ternama seperti Webometric. UNS berada diposisi 5 dibawah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. UNS sendiri sudah terakreditasi A, dan hampir semua program S1 memiliki akreditasi A.

2. Fasilitas UNS Lengkap


Fasilitas untuk berbagai kegiatan di UNS sendiri sangat lengkap. Mulai dari kegiatan Ibadah, UNS menyediakan Masjid, Gereja Katolik, Gereja Kristen, Pura bagi umat Hindu, Vihara, dan Klenteng. Untuk fasilitas koneksi internet UNS sudah menyiapkan segalanya, mulai dari hotspot area sampai wifi UNS di setiap fakultas.

Fasilitas kegiatan olah raga seperti stadion, jogging track, hingga aula untuk olahraga indoor. Untuk perpustakaan UNS sudah menyediakan 8 lantai yang 1 lantai untuk museum, 1 lantai pelayanan dan koleksi TA atau skripsi, 6 lantai berisi  buku-buku untuk berbagai disiplin ilmu.

3. Biaya hidup begitu murah 


Biaya hidup di UNS begitu terjangkau. Biaya makan dan minum, sehari untuk makan 2 kali tidak bakal habis sampai 20 ribu. Untuk biaya kos paling murah sekitar 2.5 juta  per tahun dan kalau mau upgrade ke kelas eksklusif ada yang seharga 10 juta per tahun.

Biaya untuk ngeprint dan fotocopy tugas, tenang jasa fotocopy dan print disekitar UNS sangatlah murah. Dan hebtanya lagi hidupmu bisa gratis kalau berhasil mendapatkan beasiswa. Beasiswa bisa didapat dari mana saja asal rajin cari informasi.

4. Fasilitas kota Solo lengkap


Kota Solo dinobatkan sebagai kota ternyaman di Indonesia oleh IAP (Ikatan Ahli Perencanaan) pada tahun 2019. Penobatan tersebut didasarkan pada survey yang memfokuskan tempat ibadah, air bersih, pendidikan, kesehatan, penataan PKL, dan transportasi.

Untuk pangan sendiri kota solo bisa dibilang lengkap dan murah. Akses transportasi kota Solo dilengkapi dengan 2 stasiun kereta api, satu terminal bus, sebuah armada bus trans solo, dan ojek online.

Toleransi di kota Solo sendiri sangatlah tinggi. Hal ini dicontohkan dengan perayaan hari raya Imlek, yang dipusatkan di Pasar Gede. Penataan PKL juga sangat rapi, bisa dilihat PKL-PKL dikumpulkan menjadi satu dan dipusatkan di Galabo (pusat makanan).

5. Banyak sekali objek wisata di Solo



Kalau membicarakan wisata alam, kota Solo bukan jawabannya. Tapi kalau wisata budaya kota Solo bisa berbicara banyak. Solo merupakan pusat budaya Jawa selain Yogyakarta. Wisata budaya di Solo  cukup banyak  mulai dari Keraton Surakarta Hadiningrat,  Pura Mangkunegaran, Taman Sriwedari, Museum Batik, Museum Keris, dll.

Sebenarnya masih ada alasan lain yang bisa membuatmu merasa bahwa UNS adalah pilihan yang tepat. Banyak alumni besar yang menjadi alumni UNS, sebut saja Tung Desem Waringin (Motivator), Dodit Mulyanto (komika),  Mooryati Soedibyo (Direktur Mustika Ratu). Apakah kamu siap jadi alumni UNS yang berprestasi seperti mereka?

Posting Komentar untuk "Kuliah di Universitas Sebelas Maret sangat direkomendasikan, ini alasannya!"