Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun 2020, ini dia 8 kampus negeri terbaik di Indonesia



Penamorf.xyz – Halo semuanya, terkhusus adik-adik SMA yang mau lulus apakah sudah  ada gambaran masuk kampus mana? Masuk perguruan tinggi swasta atau negeri? Atau bahkan mau pilih kedinasan ? Baik swasta maupun negeri kedepannya itu yang menentukan sukses atau tidaknya adalah dirimu sendiri.

Mendengar kampus negeri pasti sudah tahu gambarannya. Persaingan di kampus negeri bisa dinilai cukup ketat (tergantung prodi dan akreditasi kampus juga). Beberapa prodi memang begitu favorit di kalangan anak SMA, misalnya untuk rumpun saintek ada jurusan kedokteran, teknik, pertanian. Untuk rumpun Soshum, prodi paling favorit biasanya manajemen, akuntansi, hokum, dan hubungan internasional.

Jurusan-jurusan diatas memiliki peminat yang cukup banyak. Tak jarang kalau berteman dengan anak-anak jurusan itu maka stigma yang ada adalah anak ambis dan cerdas. Mengingat mata kuliah yang diajarkan begitu susah.

Keunggulan kuliah di universitas negeri

Kuliah dimana saja juga memiliki keunggulan tersendiri. Tapu kuliah di universitas negeri memiliki keunggulan yang sangat dipertimbangkan oleh orang tua siswa. Misalnya : biaya kuliah yang terjangkau, data mahasiswa yang terdaftar dikti, kampus negeri rata-rata terakreditasi, prospek kerja cukup menjanjikan. Dan banyak lagu keunggulan lainnya,


Tahun 2020, ini 8 universitas negeri terbaik di Indonesia


Banyak sekali lembaga-lembaga professional yang melakukan riset untuk membuat pemeringkatan internasional. Sebut saja seperti Webometric, QS World University Rankings, 4ICU, macleans, dan lainnya. Seteiap lembaga tersebut memiliki penilaian yang kompleks untuk menghasilkan pemeringkatan yang teruji. Berikut daftar universitas negeri terbaik di Indonesia menurut QS World University Ranking

1.       Universitas Indonesia



UI merupakan universitas tertua di Indonesia. Didirikan dari jaman Belanda tepatnya tahun 1849, saat itu bernama STOVIA. UI sendiri memiliki kampus pusat yang terletak di Depok dengan ciri utama yaitu jaket almamater kuning.

Terdiri dari beberapa fakultas yang dikelompokan menjadi beberapa rumpun. Rumpun ilmu kesehatan terdiri dari : Fakultas Kedokteran, Kedokteran gigi, farmasi, kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan. Rumpun saintek  terdiri dari : Fakultas MIPA, teknik, ilmu computer. Rumpun sosial humaniora terdiri dari : fakultas hokum, ekonomi dan bisnis, ilmu budaya, psikologi, ilmu social dan ilmu politik, ilmu administrasi.

Ada juga sekolah pascasarjana dan sekolah vokasi UI. Jurusan paling ketat di UI untuk rumpun Saintek : kedokteran, ilmu computer, aktuaria, arsitektur interior, teknik industry. Sementara untuk rumpun soshum : ilmu ekonomi, hubungan internasional, akuntansi, psikologi, ilmu ekonomi.

Alumni terkenal dari UI : Sri Mulyani (Menkeu) , Najwa Shihab (presenter), Ade Rai, Anissa Pohan, dan banyak lagi

2.       Institut Teknologi Bandung



Didirikan tahun 1920, ITB menjad kampus nomor dua di Indonesia. Beberapa prodi memeiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Sudah sejak dahulu peminat ITB tidak ada surutnya. Banyak alumni-alumni keren dan terkenal yang menempuh penddikan tinggi disini.

ITB terdiri dari beberaka fakultas, diantaranya : FMIPA, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakulras Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD),  Sekolaj Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur (SAPPK), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD),  Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Beberapa fakultas dengan peminat terbanyak diantaranya STEI, FTMD, FTTM, FTSL, SAPPK. Alumni ITB yang cukup terkenal diantaranya : Ir. Soekarno (Presiden RI ke-1), Prabu Revolusi (Presenter), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), dan masih banyak lagi

3.       Universitas Gadjah Mada (UGM)



Universitas Gadjah Mada didirikan tahun 1949 dan berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM merupakan universitas yang cukup merakyat bagi seluruh pelajar Indonesia. Berbeda dengan UI yang terkenal elit dan ITB yang begitu prestisius, UGM justru menjadi kampus yang bisa dibilang “ramah”. Dari segi ekonomi biaya kuliah dan biaya hidup di UGM cukup terjangkau.

Prodi favorit  dari rumpun saintek yaitu kedokteran, statistika, ilmu aktuaria, teknologi informasi, teknik kimia, dan kedokteran gigi. Prodi favorit dari rumpun soshum yaitu hukum, psikologi, manajemen, akuntansi, dan ilmu hubungan internasional.

Alumni UGM yang terkenal yaitu Joko Widodo, Anies Baswedan, Retno Marsudi, Boediono, WS.Rendra, dan masih banyak lagi

4.       Institut Pertanian Bogor (IPB)



Institut Pertanian Bogor didirikan tahun 1963. Sepertinya IPB menjadi institute pertanian pertama di Indonesia. IPB sendiri merupakan satu-satunya kampus yang tidak memiliki prodi soshum. Semua prodi di IPB merupakan prodi Saintek.

Terletak di kota Bogor yang terkenal dengan sebutan kota Hujan dan tidak jauh dari kebun raya bogor membuat IPB benar-benar menjadi kampus pertanian yang ideal. Jurusan favorit di IPB yairu Teknik Mesin dan Biosistem, Ilmu Gizi, Teknologi Pangan, Kimia,  Statiska, dan Ilmu computer.

Alumni IPB diantaranya Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI), Siti Nurbaya (Menteri Kehutanan), Felix Siauw (Penyiar Agama), Zumi Zola (Gubernur), dan lain-lain.

5.       Universitas Airlangga (Unair)



Universitas Airlangga menjadi universitas nomor lima di Indonesia. Didirikan tahun 1954, Universitas Airlangga terletak di kota Surabaya, Jawa Timur.  Total jumlah mahasiswa aktif di Universitas Airlangga lebih dari 38.047.

Unair memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam perkembangannya kampus ini  terakhir memiliki beberapa fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas  Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Vokasi.

Jurusan favorti untuk rumpun soshum yaitu  manajemen,  ilmu administrasi negara,  psikologi, hubungan internasional dan ilmu komunikasi. Untuk rumpun saintek jurusan favorit yaitu  teknik lingkungan, kedokteran, system informasi, teknologi biomedis, dan gizi.

Alumni UNAIR yang terkenal Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim),  Ari Lasso (Musisi), Muhadjir Effendi (Menteri Pendidikan), Anas Urbaningrum.

6.       Institut Teknologi Sepuluh Nopember



Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan  institute yang berada di kota Surabaya juga. Didirikan tepat tanggal 10 November 1957, ITS saat ini memiliki lebih dari 22.000 mahasiswa yang menempuh Pendidikan disana.

 ITS terdiri dari Fakultas Sains, Fakultas Matematika Komputasi dan Sains Data, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Kelautan,  Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknologi Elektor, Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, dan Fakultas Vokasi

Jurusan paling diminati di ITS adalah Teknik Sipil, Informatika, Teknik Industri, Teknik Mesin, Sistem Informasi, Manajemen Bisnis, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Material. Alumni  ITS yang terkenal SBY, Tri Rismaharini, Cak Lontong, Dwi Soetjipto, dan masih banyak lagi.

7.       Universitas Padjajaran



Universitas Padjajaran merupakan universitas yang terletak di Bandung dan Jatinagor. Didirikan tanggal 11 September 1957, memiliki mahasiswa aktif lebih dari 32.000 mahasiswa.  Alumni Unpad yang terkenal Ernest Prakarsa, Megawati Soekarno Putri, Anissa Pohan, Omesh, dan banyak lagi

Terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik, Fakultas Psikologi, Fakultas  Peternakan, Fakultas Ilmu komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi.

Jurusan saintek yang paling diminati adalah Pendidikan Dokter, Kedokteran Hewan, Teknik Elektro, Psikologi, Aktuaria. Jurusan Soshum paling diminati adalah Akuntansi, Bsnis Digital. Ilmu hubungan internasional, manajemen, dan manajemen komunikasi

8.      Universitas Diponegoro



Universitas Diponegoro merupakan universitas yang terletak di kota Semarang dan didirikan tahun 1957. Berada di peringkat 8 sebagai universitas terbiak di Indonesia versi QS World University Ranking. Di Jawa Tengah kampus Universitas Diponegoro berada di posisi pertama disusul UNS, UNNES, dan Unsoed.

Undip terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik,  Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi.

Jurusan saintek Undip dengan peminat paling banyak yaitu ilmu gizi, kedokteran, teknik sipil, arsitektu, dan perencanaan wilayah dan kota. Jurusan soshum Undipyang paling banyak peminatnya adalah administrasi bisnis, ilmu komunikasi, hubungan internasional, ilmu perpustakaan, dan ilmu pemerintahan.


Itu dia 8 Universitas terbaik se-Indonesia. Sudah tentukan mana pilihanmu?

Posting Komentar untuk "Tahun 2020, ini dia 8 kampus negeri terbaik di Indonesia"