Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 negara Eropa terbaik untuk melanjutkan kuliah S2


Penamorf.xyz - Merasa belum cukup ilmu hanya dengan gelar S1, pertimbangkan untuk melanjutkan S2.  S2 sendiri memiliki masa studi sekitar 3 tahun. Kalau benar-benar memiliki niatan untuk melanjutkan pendidikan S2, jangan tanggung-tanggung untuk  memilih universitas di luar negeri sekalian. Kalau bisa di negara-negara Eropa.

Kenapa harus di luar negeri? Kenapa Eropa begitu direkomendasikan?

Kuliah di  luar negeri memiliki banyak manfaat. Diantaranya menambah relasi internasional, memiliki prestis yang lebih tinggi,  melatih kemampuan bahasa asing, bisa mendapat pekerjaan di luar negeri sekalian, dan bisa traveling tentunya.

Lantas negara Eropa mana saja yang direkomendasikan untuk menempuh S2? Mana saja yang terbaik?

Data dibawah ini diambil dari situs educations.com.  Ini dia list yang ada :

1. Spanyol


Negeri Matador berada di peringkat pertama . Alasan utamanya adalah Spanyol memiliki biaya pendidikan dan biaya  hidup yang murah dibanding dengan negara Eropa lainnya. Diperlukan dana sekitar RP. 15 Juta setiap tahunnya untuk berkuliah disana.

Bagi para pencari beasiswa, ada beberapa beasiswa yang menyediakan dana untuk pendidikan S2 di Spanyol. Diantaranya Erasmus Mundus, LPDP, Beasiswa InnoEnergy, Beasiswa Allianza 4 Universidade, Beasiswa dari Universitas yang ada di Spanyol yaitu  Beasiswa  Atraccion de Talento.
Spanyol merupakan negara yang beriklim hangat. Budaya yang unik, dan memiliki objek wisata yang sangat melimpah. Selain itu Spanyol juga sangat cocok untuk para mahasiswa pecinta liga Spanyol.

2. Belanda


Negeri Kincir Angin ini sudah sejak lama menjadi incaran para mahasiswa Indonesia. Semenjak kemerdekaan Republik Indonesia, Belanda membuka peluang masuk pelajar Indonesia untuk masuk di beberapa universitas yang ada di Belanda.

Untuk mahasiswa yang menempuh S2 biaya yang dibutuhkan sekitar 7000-20000 Euro. Atau sekitar 19 Juta sampai 35 Juta. Terlalu mahal? Tenang ada beberapa beasiswa yang bisa mengcover biaya perkuliahan. Diantaranya STUNED, Orange Knowledge Programme, Orange Tulip Scholarship, Holland Scholrship, seta LPDP

3. Swiss


Terletak di Eropa Tengah, negara Swiss memberikan sajian alam pedesaan Eropa yang Indah. Kualitas hidup yang tinggi dan kondisi lingkungan yang baik membuat Swiss cocok untuk menempuh studi S2.

Biaya kuliah di Swiss kalau ditanggung sendiri sangatlah mahal. Apalagi biayaa hidup disana juga tidak dibilang murah. Untuk mengcover biaya kuliah S2 disana lebih baik mendaftar beasiswa. Sebut saja beasiswa the Excellence Scholarship dan The ETH-D Scholarship. Kedua beasiswa tadi memberikan biaya lebih dari RP. 100 Juta.

4. Perancis


Negara yang paling banyak dikunjungi oleh turis. Setiap tahunnya ada lebih dari 20 juta turis yang berkunjung. Perancid memiliki universitas-universitas terkemuka. Ada universitas umum, sekolah seni, sekolah fashion, dan sekolah teknik.

Pendidikan di Perancis menyediakan banyak beasiswa. Misalnya beasiswa Eiffel, beasiswa Erasmus Mundus, beasiswa pemerintah Perancis, beasiswa EURIAS, beasiswa Excellence, beasiswa ENS, beasiswa Emile Boutmy,  ISEAD, dan Ecole Polytechnique


5. Swedia


Swedia merupakan salah satu negara bagian dari Skandinavia. Negara-negara Skandinavia identic dengan negara paling bahagia didunia.  Bukan hanya itu saja, lingkungan yang hijau dan polusi yang rendah membuat Swedia bukanlah tempat yang meragukan untuk menempuh studi S2.

Beberapa penemuan hebat dan besar juga berasal dari Swedia.  Maka dari itu negara ini terkenal dengan kreativitas yang tinggi dan inovasi terbaik. Biaya kuliah S2 disana berkisar 12.000 Euro. Tapi tenang saja ada Beasiswa. Beasiswa yang popular adalah Erasmus mundus dan SISS. Mahasiswa Internasional juga diberi kesempatan untuk kerja parttime

6. Jerman


Jerman terkenal dengan sekolah teknik terbaik didunia. BJ Habibie selaku presiden Indonesi yang ke-3 juga menempuh pendidikan disana.  Jerman sangat terkenal dengan biaya studi paling murah di Eropa dan memiliki kualitas yang terbaik. Jenjang karir yang didapat dari kuliah S2 di Jerman juga lumayan bagus

Beasiswa yang ada di Jerman tersedia banyak. Ada DAAD Scholarship, Erasmus +, Heinrich Boll Scholarships, Deutchland Stipendiu, Kurt Hansen Science Scholarships,  RWTH Aachen University Scholarships, FRIAS Cofund Fellowship Programme.

7. Inggris


Negeri Ratu Elizabeth II ini merupakan gerbang Eropa. Peradaban manusia modern di Inggris sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Negeri berbentuk kerajaan ini menampung sekitar 420 ribu mahasiswa Internasional.

Biaya pendidikan di Inggris sendiri bisa dibilang cukup mahal dan itu belum ditambah dengan biaya hidupnya.  Ada beberapa beasiswa S2 di Inggris yang bisa dicoba. Yang paling terkenal adalah beasiswa Chavening.  LPDP  juga bisa dicoba.

Kuliah di benua biru pasti akan banyak manfaatnya. Selain bisa menambah kemampuan bahasa dan menambah network. Tapi disisi lain memiliki resiko yang cukup besar. Yaitu biaya hidup yang cukup mahal. Meski di beberapa negara beberapa biaya hidup dibilang murah  tapi ada juga yang memberikan syarat seperti menyiapkan dana darurat, dll. Kuliah di 8 kampus negeri terbaik di Indonesia juga tidak masalah, dimanapun jadilah mahasiswa yang mempunyai progress.

Posting Komentar untuk " 10 negara Eropa terbaik untuk melanjutkan kuliah S2"