Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan goyah karena omongan orang, Alasan ini memperkuat kamu kenapa harus kuliah !

Kuliah

Penamorf.xyz -  Menempuh pendidikan tinggi merupakan hak semua orang. Tapi tidak semua orang bisa menempuh pendidikan tinggi. Entah dibatasi oleh biaya atau memang bukan prioritas setelah lulus SMA. Memang jadi banyak opsi setelah lulus selain kuliah. Namun jika ada niatan untuk kuliah, teks di bawah ini akan memperkuat mengapa harus kuliah.

Dunia perkuliahan cukup menyenangkan kok. Dan tentu saja berbeda dengan semasa SMA yang semuanya serba dituntun. Saat berada di bangku kuliah tergantung kemandirian masing-masing. Jadi yang malas tertinggal.

Janagan kuliah hanya sekedar kuliah untuk menurut kemauan orang tua. Atau sekedar ingin menambahkan rentetan gelar. Jadikan kuliah sebagai investasi masa depan yang lebih baik. Kuliah juga tidak harus di8 kampus terbaik di Indonesia . produk itu ada ditangan diri sendiri bukan nama kampus favorit.


1. Kuliah itu untuk mengasah berpikir kritis

Dalam dunia perkuliahan mahasiswa diajak untuk mengeluarkan pendapatnya. Harus tahu bagaimana melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. Disisi lain dalam mempelajari suatu materi baru, banyak referensi yang harus dibaca.

Berfikir juga kritis terhadap keaktifan atau partisipasi kelas. Saat berargumen dalam diskusi kelas, mahasiswa mengeluarkan pendapatnya sesuai dengan materi yang dibahas. Yang mana pendapat tersebut diolah dari penyerapan informasi-informasi yang ada

2. Memiliki keahlian khusus

Di bangku kuliah, mahasiswa akan mempelajari ilmu yang lebih spesifik. Misalnya saat SMA hanya mengetahui mata pelajaran ekonomi. Saat kuliah dipecah lagi menjadi akuntansi yang memiliki skill menjadi seorang akuntan. Atau Manajemen yang memiliki skill menjadi seorang manajemen.

Untuk ilmu eksakta atau ilmu pasti sudah jelas arahnya. Anggaplah seperti teknik arsitektur maka keterampilan yang dimiliki adalah keterampilan seorang arsitek yaitu mendesain bangunan. Skill khusus yang spesifik tersebut bisa menjadi modal untuk bekerja nantinya.

3. Menambah Relasi

Relasi adalah hal yang sangat penting. Jangan salah, kesuksesan seseorang justru sangat didominasi oleh faktor relasional. Saat mengikuti kuliah, relasi bisa didapatkan dengan mudah. Entah dengan rajin mengikuti organisasi atau mengikuti kepanitiaan.

4. Memiliki kesempatan pergi keluar negeri gratis

Ini bukan hal yang mungkin. Tinggal beli tiket pesawat dan buat paspor, maka bisa terbang keluar negeri. Tapi dengan kuliah peluang pergi ke luar negeri gratis bisa mudah didapat. Misalkan mengikuti summer school di Eropa, mengikuti lomba paduan suara di event internasional, atau acara lain.

5. Banyak sekali beasiswa 

Beasiswa merupakan dana yang disediakan oleh pemerintah atau institusi yang diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat tertentu. Dana tersebut disediakan untuk menunjang kuliah mahasiswa.

Beasiswa dari pemerintah misalnya LPDP, Bidikmisi, dan lain-lain. Beasiswa swasta cukup banyak, misalnya beasiswa BCA, Beasiswa Djarum, Beasiswa DataPrint, Beasiswa Yayasan Van Deventer, dan banyak lagi. Tentu saja masing-masing beasiswa memiliki syarat-syarat tertentu.

6. Menikmati fasilitas kampus

Fasilitas kampus sangat banyak untuk dimanfaatkan. Mulai dari wifi corner, perpustakaan, laboratorium, kantin, graha UKM, tempat ibadah, taman, bahkan jogging track-pun jangan disia-siakan.

7. Banyak sekali organisasi yang bisa di ikuti

Organisasi di kampus itu jumlahnya bisa ratusan. Mulai dari organisasi formal seperti BEM atau Dema, organisasi semi formal organisasi keagamaan atau organisasi nonformal seperti paduan suara.

Semuanya bisa menjadikan seorang mahasiswa bakatnya tersalurkan. Atau bahkan menjadi mahasiswa yang terkenal karena memiliki prestasi yang luar biasa. organisasi bukan ajang untuk menjaring banyak teman tapi untuk menambah prestasi atau mengasah jiwa kepemimpinan

8. Menjadi pribadi yang mandiri

Kalau kuliah paksa harus merantau. Kedepannya semua bakal diurus oleh diri sendiri. Mulai dari mengurus urusan, cucian, mengatur waktu,dll. Tantangannya adalah saat jatuh sakit, hanya sahabat yang benar-benar dekat saja yang selalu menemani. Dengan merantau maka akan terasah lebih mandiri kedepannya.

9. Memiliki gelar di belakang nama

Dengan adanya gelar yang tertera di belakang nama. Itu menandakan bahwa dalam pendidikan memiliki starta yang lebih tinggi. Namun gelar tersebut tidak menandakan atau menjamin kesuksesan.

Faktanya banyak kok orang yang tidak bergelar atau berijasah S1 tapi sukses. Sebut saja Bob Sadino, Mark Zuckerberg, dll. Dengan adanya gelar tersebut ada peluang bekerja di suatu posisi yang lebih spesifik. Dan memiliki potensi naik jabatan yang lebih cepat. Untuk naik jabatan, biasanya perusahaan akan memilih orang dengan keterampilan yang lebih baik.

Itu dia 9 alasan kenapa harus kuliah. Sukses atau tidaknya itu tergantung diri sendiri. Bukan karena nama kampus atau karena gelar. Tapi melalui kuliah juga bukan berarti tidak sukses, justru salah satu jalur untuk meraih kesuksesan.