Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 hal yang harus disiapkan saat UTBK dilaksanakan


Penamorf.xyz -  UTBK tahun 2020 menjadi UTBK yang berbeda dari tahun 2019. Hal ini dikarenakan adanya pandemi virus yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Gara – gara virus ini setidaknya ada 1.720.000 kasus yang ada diseluruh dunia.

Yang mana saat ini pusat terparah berada di Amerika. Ada lebih dari 800 juta pelajar diseluruh dunia belajar dirumah. Ada jutaan orang yang terancam PHK dan beberapa negara yang terancam krisis ekonomi. Dunia saat ini sedang begitu kacau. Tak khayal jika virus pandemi ini berdampak pada penerimaan mahasiswa baru di Indonesia tahun 2020.

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer saat ini hanya menggunakan TPS saja. TPS atau Test Psikolastik merupakan salah satu tes yang diujikan dalam UTBK. TPS itu sendiri berisi :

Penalaran Umum yang berisi pemahaman informasi operasi, memahami grafik dan tabel, bilangan bulat, persamaan linear, dll.

Pemahaman bacaan dan menulis berisikan pengertian isi, kesimpulan, pesan yang ada dalam suatu teks, penggunaan EYD yang tepat dan sesuai dengan kaidah EYD.


Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Dalam sub tes ini berisi tentang bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Soal yang biasanya terdiri dari idiom, sinonim, antonim, dan lain-lain


Pengetahuan kuantitatif berisikan pelajaran dasar mulai dari statistika, aljabar, persamaan dan pertidaksamaan, geometri, aritmatika, baris dan deret, integral, fungsi linear, dll.


Ujian Dahulu saat UTBK tahun 2019 terdiri dari TPS dan TPA. TPA atau Tes Potensi Akademi terdiri dari materi Sains dan Sosial Humaniora. TPA Sains diperuntukan bagi jurusan Sains dan TPA Soshum diperuntukan bagi jurusan sosial. Tapi UTBK 2020 TPA dihapus.

UTBK tahun ini bakal menjadi UTBK yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Ada banyak hal mulai dari TPA yang dihapus, satu hari diadakan ujian 4 sesi, dan jadwal yang mundur.
Ada beberapa hal yang harus disiapkan saat mengerjakan UTBK. Menurut penamorf, beberapa poin di bawah ini penting kedepannya agar lancar jaya saat mengerjakan soal. Yuk simak!

1. Prosedur Pahami sebelum UTBK

Karena ini tes satu kali maka jangan sia-siakan kesempatan masuk PTN yang dituju. Ingat waktu yang dikeluarkan untuk belajar dan berbagai pengorbanan lainnya jangan sampai tidak mengikuti ujian. Entah karena telat masuk atau mencotek, jangan sampai tidak bisa ikut UTBK gara-gara hal sepele dan sepele.

Pahami prosedur pengerjaan dan tata tertib yang dibacakan. Mulai dari pengisian identitas, absensi, hingga prosedur saat terjadi kesalahan teknis. Jangan sampai membuat pengawas jengkel karena para peserta UTBK dinilai menyulitkan.

2. Sarapan sebelum ujian

sarapan mungkin hal yang kecil. Jangan sepelekan, tanpa sarapan konsentrasi bisa buyar dan hilang begitu saja. Lebih baik isi perut sebelum menghadapi UTBK.

3. Memohon Doa dan minta maaf

Doa adalah syarat penting dalam berbagai aktifitas. Dalam mengerjakan sesuatu yang kita harus dan memohon kepada Tuhan agar diingatkan dalam mengerjakan soal demi soal. Jangan lupa minta maaf atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Ingat dengan minta maaf setidaknya berkurang 1 beban pikiran.


4. Jangan terlalu panik 

kesalahan teknis itu wajar. Misalkan tiba-tiba monitor layarnya mati atau aplikasi pengerjaan UTBK tiba-tiba error. Hadapi kesalahan teknis dengan prosedur yang sudah disampaikan misalnya angkat tangan dan panggil petugas pengawas dengan jelas dan sopan.

5. Perlengkapan jangan sampai ketinggalan

kesalahan sepele seperti kartu ujian yang lupa dibawa, alat tulis, fotocopy ijazah yang dilegalisir, kesalahan yang sepele tapi fatal. Biasanya kesalahan yang tidak bisa ditoleransi adalah kesalahan yang berkaitan dengan identitas diri.

6. Hal lain yang wajib diperhatikan

Pastikan cukup minum sebelum UTBK dilaksanakan. Karena saat UTBK dilarang untuk mengkonsumsi sesuatu. Jangan lupa juga untuk buang air, biasanya tidak diizinkan keluar ke toilet saat UTBK berlangsung.


Demikian hal-hal yang harus disipakan untuk menghadapi UTBK. Semangat bagi peserta UTBK 2020 semoga tercapai menuju kampus yang dituju. Ingat kuliah itu tidak harus di  8 Kampus terbaik di Indonesia . Karena sukses itu diri sendiri bukan nama kampus.