Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro


Penamorf.xyz -  Disiplin ilmu ekonomi terbagi menjadi dua golong yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Lantas apa saja perbedaannya? Mari simak :

Ekonomi Makro adalah cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari cara bekerja atau mekanisme perekonomian sebagai suatu keseluruhan (aggregate) yang berkaitan dengan efisiensi penggunaan faktor produksi yang tersedia agar tercipta kemakmuran yang maksimal.

 Ini dia perbedaan Ekonomi Makro dengan Ekonomi Mikro :

1.Dari segi pengertiannya : 

Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang menyeluruh dan agregat nasional. Sementara ekonomi mikro merupakan cabang  ekonomi yang lingkupnya lebih kecil seperti perbankan, perminataan dan penawaran, elastisitas barang, dll.


2.Dari segi ruang lingkupnya : 

Ekonomi Mikro memilki ruang lingkup yang lebih kecil dari ekonom makro yaitu  permintaan dan penawaran,  teori produksi, elastisitas, teori perilaku konsumen, pasar, dan mekanisme harga.
Sementara ekonomi makro memiliki ruang lingkup yang lebih luas lagi yaitu, inflasi, pertumbuhan output, pengangguran, sistem moneter, pertumbuhan uang, dasar ekonomi terbuka, dan teori pertumbuhan terbuka.


3. Dari segi teori-teori yang dibahas didalamnya :

Ekonomi Mikro membahas beberapa teori diantaranya teori harga, teori produksi, teori distribusi. Teori-teori ekonomi mikro tidak jauh dari aktivitas pasar. Ekonomi Makro memiliki teori-teori yang lebih luas lagi yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiscal, dan kebijakan dari segi penawaran.

4. Dari segi komoditas barang :

Maksud dari komoditas barang sendiri adalah suatu produk atau jasa yang diperjualbelikan secara nyata dalam jangka waktu yang panjang. Dalam ekonomi makro sesuatu yang diperjualbelikan mempunyai indeks yang lebih besar karena mencakup negara. Sedangkan ekonomi mikro berbanding terbalik karena yang biasa dijual meliputi kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan sandang dan pangan.


5. Dari segi tujuan analisisnya : 

Ekonomi mikro memiliki tujuan analisis sebagai cara untuk mengalokasikan sumber daya untuk mendapat keuntungan seperti yang diharapkan. Berbeda dengan ekonomi makro yang  yang lebih menitikberatkan terhadap pengaruh dari kegiatan ekonomi itu sendiri dalam skala nasional maupun internasional.

6. Fungsi dan Kebermanfaatan

Meski sama-sama dari ilmu ekonomi, ternyata ekonomi mikro dan makro memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Perbedaan ekonomi mikro dan dan makro dibedakan dari fungsinya juga, jika ekonomi mikro bermanfaat untuk menentukan harga sebuah produk. Berbeda dengan ekonomi makro yang lebih menitikberatkan kepada stabilitas untuk menyelesaikan masalah ekonomi

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro"