Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alternatif search engine selain google

Search engine atau dikenal sebagai mesin pencari merupakan hal yang erat kaitannya dengan kehidupan kita. Saat kita membuka google dan mencari sesuatu, secara tidak langsung kita sedang menggunakan yang namanya search engine atau mesin pencari. Lalu apa itu mesin pencari? 

Pengertian Search Engine menurut Wikipedia

Mesin pencari atau mesin telusur web adalah program computer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi, milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah computer peladen dalaam suatu jaringan. 

Search engine terbesar didunia adalah Google. Google diciptakan sekitar tahun 1998 oleh Larry Page dan seorang kawannya. Hampir semua negara didunia ini menggunakan Google sebagai search engine. Namun ada beberapa negara yang melakukan pengetatan terhadap Google. Diantaranya Tiongkok, Kuba, Korea Utara, Iran, Crimea, dan Sudan.

Search engine selain google : 

1. Baidu 

Di Tiongkok, Google benar-benar tidak bisa berfungsi sama sekali. Hampir semua produk teknologi buatan Amerika diblokir. Selain Google ada juga perusahaan teknologi yang diblokir. Sebut saja Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain juga diblokir. 

Di Tiongkok daratan sana hanya menggunakan mesin pencari dalam negeri yang bernama Baidu. Alasan Tiongkok menggunakan search engine buatan sendiri adalah bisa dikontrol oleh pemerintah. Tidak heran kalau mereka benar-benar ketat dalam mengatur informasi public di Tiongkok

2. Yandex

Yandex berada diurutan kedua sebagai salah satu search engine yang banyak penggunanya. Yandex berasal dari Rusia. Namun di Rusia tidak memblokir Google. Yandex beroperasi di beberapa negara seperti Turki, Belarusia, Uzbekistan, Kazhakstan,  dan Ukraina. 

3. Naver

Buat orang awam pasti tidak tahu apa itu Naver.  Sebenarnya Naver merupakan sosial media sekaligus mesin pencari yang berasal dari Korea Selatan. Mesin pencari Naver lebih dikenal disana ketimbang Google. Dan hebatnya hanya beroperasi di Korea Selatan saja. 

4. Duck Duck Go

Bisa dibilang Duck Duck Go merupakan mesin pencari paling aman dan simple untuk digunakan. Tagline yang digunakan adalah “Privacy, Simplified”. Yang artinya DuckDuckGo menjamin privasi data yang diberikan saat pencarian jejak. Dan tentu saja tidak terdeteksi oleh para pengiklan

5. Bing 

Bing merupakan layanan saingan Google. Bedanya Bing merupakan mesin pencari yang diciptakan oleh Microsoft. Pasti Sebagian besar kita mengetahui kalau semua computer atau laptop dengan OS Windows memiliki internet explorer. Yang mana internet explorer menggunakan mesin pencari yaitu Bing. 

6. Ask 

Ask.com merupakan mesin pencar yang dahulu pernah populer. Namun saat ini sedikit meredup setelah banyak negara membuat mesin pencari  sendiri. Ask.com juga mengakusisi perusahaan media sosal yang bernama Ask.fm

Yap itu dia mesin pencari selain Google yang cukup terkenal. Sebenarnya masih ada Yahoo, namun sengaja tidak dimasukan dalam list. Alasannya Yahoo memiliki kenangan sendiri sebelum Google menguasai. Sekian dan Terimakasih


Posting Komentar untuk "6 Alternatif search engine selain google"