Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 keunggulan Telegram daripada Whatsapp yang harus diketahui banyak orang

Keunggulan Telegram daripada Whatsapp

Sebelumnya Penamorf.com membuat artikel tentang Whatsapp Modifikasi.  Dan beberapa waktu yang lalu mengulas kisah sukses Jan Koum, seorang pendiri Whats App. Kali ini kita akan membahas Telegram. Telegram di Indonesia sendiri belum cukup populer. Aplikasi chat yang merajai di Indonesia saat ini adalah Whatsapp dan Line. 

Seiring berjalannya waktu, Telegram mulai dikenal oleh banyak orang yang ada di Indonesia.  Hal ini dikarenakan banyak keunggulan Telegram yang tidak bisa didapat oleh aplikasi chat lainnya. Meskipun desainnya sederhana dan terkesan monoton. 

Sejarah Telegram

Keunggulan Telegram

Telegram merupakan aplikasi chat yang bersifat gratis. Dan telegram bisa diakses oleh smartphone dengan OS Androis, iOS, Windows Phone, Ubuntu.  Telegram juga bisa diakses melalui browser, yaitu Telegram web. 

Telegram dikembangkan oleh wirausahawan Rusia. Pavel Durov merupakan orang dibalik tombak berdirinya Telegram. Pada tahun 2016, pengguna Telegram memiliki jumh pengguna lebih dari 100 juta orang. 

Telegram tersedia dalam Bahasa Indonesia dan 14 bahasa lainnya. Pada tahun 2017, pemerintah Indonesia pernah memblokir Telegram. Hal ini dikarenakan banyak yang menyalahgunakan Telegram untuk menyebarkan pemahaman tertentu dan bertentangan dengan pemerintah 

Keunggulan Telegram dibanding dengan Whatsapp : 

1. Kapasitas jumlah Anggota Grup

Keunggulan telak Telegram adalah jumlah anggota Grup. Saat ini Grup yang dibuat di Telegram bisa memuat sampai 200 ribu anggota. Bandingkn dengan Whatsapp yang hanya bisa memuat 300 anggota saja.  200 ribu anggota mungkin bisa menampung mahasiswa di PTN -PTN yang ada diseluruh Indonesia. 

2. Tidak ada story ala Whatsapp

Story atau berbagi cerita bisa ditemukan di platfrom seperti Instagram dan aplikasi Whats App. Kelebihan Telegram adalah tidak memiliki fitur snap WA atau story WA. Dengan tidak adanya fitur tersebut maka bisa dikatakan tidak ada yang namanya insecurity 

3. Kirim file besar

Whatsapp memiliki kekurangan yaitu pelit ukuran file. Ukuran file diatas 100MB tidak bisa dikirim secara langsung. Dulu sebelum kenal Telegram, mau tidak mau harus upload Google Drive. Keunggulan dari Telegram adalah bisa mengirim file dengan ukuran yang besar. File dengan ukuran 2 GB bisa dikirim dengan lancer asalkan wifi lancer. 

4. Bisa diakses dimanapun tanpa smartphone

Untuk mengakses Whatsapp, aplikasi Whatsapp yang ada di hp harus aktif juga. Ini hal yang menyusahkan, karena akan menyedot kuota  internet. Lain ceritanya dengan Telegram. Telegram bisa di akses melalui Laptop tanpa harus menyalakan akun Telegram di hp. 

5. Server Telegram tidak terbatas

Telegram memiliki keunggulan yang jauh lebih hebat dari Whatsapp.  Telegram memiliki server yang bisa menampung file hingga tidak terbatas. Semua pesan baik teks, gambar, hingga dokumen, atau film bisa muat di penyimpanan awan mereka. 

6. Kompresi Media otomatis

Fitur ini juga sepertinya tidak ada di aplikasi WhatsApp. Keunggulan Telegram adalah bisa mengkompres file media otomatis. Artinya bila file foto yang kita punya memiliki ukuran 3MB, saat di kirim dengan Telegram file foto akan memiliki ukuran yag lebih kecil. 

7. Bisa desain stiker sendiri

Stiker merupakan salah satu fitur yang hampir dimiliki oleh semua platfrom. Tetapi khusus Telegram, pengguna bebas menggunakan stiker sesuai dengan desainnya. Hasilnya pilihan stiker bisa lebih banyak. Dan tentu saja tidak perlu menggunakan stiker dengan aplikasi lain. 

8. Adanya fitur stiker animasi

Sticker Telegram

Stiker animasi menjadi fitur menarik berikutnya. Pengguna bisa mengunduh animasi stiker yang kualitasnya bagus. Fungsi dari stiker animasi yang ada di Telegram ini adalah untk mengekspresikan ungkapan pengguna. Dan pilihanya juga sangat beragam. 

9. Pesan terkirim bisa diedit

Mengedit pesan terkirim di Whatsapp sepertinya tidak mungkin. Dan kalau pake WhatsApp pastu garus dihapus dulu. Beda cerita dengan Telegram, dengan Telegram bisa mengedit pesan yang terkirim. Kalau ada kesalahan seperti typo dan lainnya masih bisa kok diperbaiki

10. Adanya fitur Username

Kalau WhatsApp menggunakan nomor telepon. Telegram memiliki opsi selain menggunakan nomor telepon untuk profil. Yaitu username, yang mana bisa digunakan karena kamu keberatan berbagi nomor telepon dengan yang lain. 

11. Ada channel

Fitur ini mirip youtube. Yang mana chanel dalam Telegram bisa digunakan untuk berbagi informasi teks, foto, maupun video. Untuk mengikuti suatu channel harus melakukan subscribe terlebih dahulu. Namun tidak ada tombol like maupun share. 

12. Bot Chat yang keren

Bot chat sepertinya fitur yang sangat berbeda dari aplikasi chat lainnya. Dengan adanya fitur Bot Chat, pengguna bisa mengetahui beberapa informasi. Bot chat memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Ada bot chat khusus ayat suci Al-Qur’an, ada juga yang khusus cuaca, dan lainnya. 

13. Bebas iklan

Bebas dari iklan menjadi kelebihan berikutnya. Seperti yang kita tahu, iklan menjadi sumber pendapatan bagi pembangun atau pembuat aplikasi. Telegram tidak ada iklan sama sekali dan ini membuat nyaman para penggunanya. 

14. Gratis dan Tidak ada fee

Saya sendiri heran, aplikasi sekelas Telegram bisa menggratiskan layanannya. Lalu keuntungannya dari mana?  Mungkin dari data penggunanya. Telegram sampai saat ini menggratiskan berbagai fitur dan kelebihan kepada pengguna. 

15. Keamanan yang terjamin 

Menurut beberapa sumber, aplikasi Whatsapp memiliki kerentanan untuk diretas yang cukup tinggi. Beberapa kasus bahkan banyak sekali membocorkan data pribadi pengguna. Telegram menjamin data penggunanya aman dan tidak bocor. 

16. Aplikasinya Ringan

Whatsapp merupakan aplikasi yang menurut saya cukup berat di smartphone. Telegram justru jauh lebih ringan dan tidak menghabiskan memori internal smartphone. Saat ini Telegram tidak terlalu sering update aplikasi. 

17. Tidak menghabiskan memori

Selain ukuran aplikasinya yang kecil, file-file nya tidak disimpan langsung ke kartu memori. Dengan adanya kelebihan itu, memori smartphone akan lebih lega dan juga longgar. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang suka menggunakan Telegram.

Yap itu dia kelebihan Telegram. Saat ini Telegram memiliki pengguna yang semakin hari semakin banyak jumlahnya. Penggunanya mungkin suatu saat nanti akan lebih banyak dari pada WhatsApp. mengingat Whatsapp pelit fitur yang tidak sama seperti Telegram. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk " 17 keunggulan Telegram daripada Whatsapp yang harus diketahui banyak orang"