Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi jual beli emas terbaiik

Aplikasi jual beli emas

Di era digital saat ini pasti kerap kali melihat berita Indonesia mengalami inflasi. Salah satu cara untuk melawan inflasi adalah dengan berinvestasi. Investasi itu ada banyak caranya loh, mulai dari reksadana, emas, saham, properti, tanah, dan lain-lain. 

Salah satu investasi yang cukup menjanjikan adalah invesatsi emas.  Grafik menunjukan harga emas dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan pertumbuhannya mengalahkan inflasi Indonesia itu sendiri. 

Untuk membeli emas kita bisa melakukannya dengan offline dan online. Kedua-duanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan.  Kelebihan dari membeli emas online adalah kita bisa membeli emas dimana saja dan kapan saja dengan aman. Tetapi kekurangannya adalah kita tidak bisa memegang emas secara langsung. 

Kalau membeli emas offline ada untungnya. Yaitu kita bisa memegang emas secara langsung dan bisa menyimpannya. Tetapi ada resiko yang lebih besar bila kita membeli emas secara offline. Salah satunya adalah resiko penipuan yang bakal merugikan dompet. Selanjutnya resiko kehilangan emas yang baru dibeli, karena harus menyimpannya ditempat yang aman. 

Bagi kita yang ingin transaksi aman dan cepat. Pasti bakal memilih beli emas online. Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membeli emas onlie. Berikut adalah 5 aplikasi jual beli emas online  terbaik : 

1. Tokopedia Emas

Salah satu marketpalce terbesar di Indonesia ini juga menyediakan investasi loh. Ada investasi reksadana dan emas.  Untuk membeli emas di Tokopedia sendiri sangat mudah kok. Tinggal klik menu keuangan, lalu pilih menu emas. 

Harga emas yang ditawarkan cukup update per 30 menit. Jadi harga bisa berubah-ubah dan fluktuatif.  Tokopedia Emas sendiri bekerja sama dengan PT. Pegadaian. Dan tentunya sudah diawasi OJK. Pembayaran juga variatif, mulai dari OVO, transfer bank, hingga minimarket. 

2. Tanamduit  

Tanamduit

Tanamduit merupakan aplikasi selanjutnya. Aplikasi Tanamduit sebenarnya menajdi platfrom untuk membeli reksadana. Namun seiring berjalannya waktu , Tanamduit melirik pasar jualbeli emas.  Mungkin karena masyarakat mulai berinvestasi emas secara digital, jadi wajar saja menambah fitur baru. 

Dengan Tanamduit, kita bisa jual dan beli emas. Kelebihannya ada fitur tambahan seperti sertifikat kepemilikan emas dengan desain yang lucu. Dan kita bisa mencetak emas semau kita kapan waktunya. Ditambah lagi kita juga bisa mengirim kado dalam bentuk emas. Keren kan? 

3.  Pegadaian  Digital Service

Selanjutnya ada perusahaan milik negara yang ikut merayakan pasar jual beli emas. Seperti yang kita tahu, PT. Pegadaian memiliki nama tersendiri sebagai tempat jual beli emas. Pegadaian Digital Service sendiri diluncurkan tahun 2018.  Dan untuk mendaftar diperlukan identitas diri seperti KTP, SIM, dan Passport

Aplikasi Pegadaian Digital Service sudah tersedia di Playstore dan Appstore. Aplikasi ini sudah dijamin oleh pemerintah. Dan pengguna bisa mencairkannya kapan saja. Untuk pembelian miimal, Pegadaian Digital Service mematok  0,01 gram emas. 

4. Tamasia

Tamasia merupakan aplikasi yang sedikit berbeda dari jual beli emas yang umum. Bedanya Tamasia menjadi aplikasi pertama yang menggunakan metode syariah.  Dengan aplikasi Tamasia, pengguna bisa membeli emas batangan dari PT. Antam. 

Aplikasi ini sudah hadir sejak tahun 2017. Kelebihan aplikasi ini adalah menyediakan cicilan emas dari 1 gram sampai 100 gram. Selain itu pengguna bisa bergabung menjad reseller di Tamasia.  Pembelian emas minimal hanya 10 Ribu rupiah saja. 

5. KoinWorks

Koinworks

Di posisi ke 5 adap KoinWorks. Aplikasi ini sebenarnya bergerak dibidang P2P Lending. Namun pada akhirnya mengikuti masyarakat yang semakin kesini lebih nyaman berinvestasi emas.  Pengguna bisa membeli emas melalui KoinGold. 

KoinWorks sendiri bekerjasama dengan perusahaan IndoGold.  Kelebihan dari Koinworks sendiri ada fitur autobuy. Jadi keuntungan investasi P2P Lending bisa otomatis langsung membeli emas tanpa manual. Dan pengguna bisa mencairkan dalam bentuk emas fisik. 

Nah itu dia 5 aplikasi yang saat ini cukup terpercaya untuk membeli emas. Dengan kemudahan teknologi, aplikasi jual beli emas tentunya membantu kehidupan dalam berinvestasi.  Bagaimana sudah memilih platfrom emas ?