Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisa kaya dari ngeblog ! Ternyata ini sumber penghasilan Blogger

Sumber Penghasilan Blogger

Blogger merupakan profesi yang sering dianggap remeh. Karena pekerjaannya hanya membuat tulisan saja. Namun dibalik stigma itu, sebenarnya blogger juga bisa sukses dan memiliki penghasilan yang cukup besar. Bahkan beberapa blogger membuat situs luar negeri yang memiliki penghasilan dollar. 

Kebanyakan blogger yang sudah profesional lebih memilih bekerja secara diam-diam. Dan tidak mau koar-koar kalau dirinya blogger yang sukses. Ada beberapa alasan kenapa mereka begitu. Biasanya tidak mau situsnya diketahui banyak orang. 

Atau memilih fokus membangun situsnya. Menjadi blogger juga memiliki resiko. Mulai dari resiko artikelnya diduplikasi, blognya diserang, hingga dihapus langsung oleh penyedia layanan. Sebagian besar saat ini, orang ngeblog justru karena uang. 

Motivasi karena uang tidak masalah. Tetapi akan lebih baik lagi bila termotivasi ngeblog karena ingin berbagi ilmu. Biasanya orang ngeblog yang termotivasi uang pasti akan mudah nyerah. Apalagi motivasinya lebih ke hasil. Jadi kalau berusaha dan menulis mati-matian, terus belum menghasilkan uang. Pada akhirnya menyerah. Bagi pemula (termasuk saya) usahakan konsisten deh 👍

Blogger sendiri tidak mengandalkan satu penghasilan saja. Berikut adalah daftar penghasilan blogger : 

1. Dari Google AdSense

Google AdSene merupakan iklan yang legit  dan diincar oleh blogger pemula (seperti saya). Untuk diterima Google AdSense butuh waktu yang instan.  Ada persyaratan khusus seperti jumlah artikel,  pengunjung, umur domain, navigasi dan lain-lain. 

Bagi pemula boleh kok mencoba untuk mendaftar Google Adsense. Yang penting  persyaratannya terpenuhi. Setelah diterima Google Adsense, masih banyak hal yang harus dilakukan. Saya sudah membuat artikelnya "Apa yang harus dilakukan setelah diterima Google AdSense"

Perlu diketahui bahwasanya Google Adsense merupakan jaringan periklanan yang disedikana oleh Google. Penghasilan blogger ditentukan oleh jumlah klik iklan yang didapat. Setiap klik diakumulasi hingga batas pencairan. Biasanya batas pencarian Google AdSense itu mencapai 100 USD. 

2. Dari jualan produk atau jasa

Sebagian besar pasti mengira kalau jualan produk atau jasa harus melalui media sosial atau iklan. Padahal ada juga loh yang menggunakan blog sebagai media jualan produk / jasa. Memang bila dibandingkan dengan sosial media, blog kurang unggul. Tetapi setidaknya membantu munculkan produk di Google.

Biasanya kebanyakan blogger menjual jasa berupa pembuatan artikel. Ada juga blogger yang menjual produknya sendiri. Intinya penghasilan blogger juga bisa didapat dari penjulan jasa atau layanan. 

3.  Mereview Produk atau Endorse

Jangan salah, blogger juga bisa mereview produk alias endorse. Biasanya yang terbesit kata endorse ya orang  yang berprofesi sebagai selebgram.  Blogger mereview produk / jasa dengan menulis secara rinci produk/jasa tersebut.

Biasanya blogger dituntut untuk mereview produk secara natural. Artnya menggunakan sudut pandang konsumen. Artinya promosi tersebut terlihat secara soft selling dan tidak terlihat seperti sedang di endorse. 

4. Program Afliasi

Program Afliasi, salah satu sumber penghasilan blogger

Program afliasi ini sudah ada sejak lama.  Afliasi memiliki pengertian hubungan antara dua pihak.  Dengan program afliasi ada dua pihak yang diuntungkan yaitu pihak yang mengadakan afliasi dan pihak yang terikat afliasi. 

Pihak yang mengadakan afliasi akan semakin dikenal. Sedangkan puhak yang terikat afliasi akan mendapat bayaran dari pihak yang mengadakan afliasi. Biasanya blogger profesional terikat program afliasi dari marketplace dan penyedia domain/hosting. Bila kita tahu produk dari mereka, lalu kita masukan kode promo dari blogger yang promosi. Kita dapat potongan harga dan mereka juga medapatkan komisi. 

5. Conten Placement

Content Placement menjadi salah satu penghasilan blogger yang cukup lumayan. Biasanya blog yang memiliki pengunjung banyak membuka content placement untuk blog lain.  Penempatan konten (content placement) memiliki harga yang variatif. 

Tergantung dari DA/PA dan jumlah visitor blog. Semakin banyak pengunjung dan semakin tinggi DA/PA nya, maka semakin mahal. Tulisan artikel berasal dari orang yang akan memasang konten di blog. Jadi kita tinggal menerima uang dan memberi backlink saja.

6.  Dari lomba Blog

Kompetisi Blog, salah satu sumber penghasilan blogger

Kompetisi Blog memang sering diadakan oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mengadakan promosi / branding. Dan biasanya lomba blog sendiri memiliki hadiah yang cukup besar. Ketentuan dan syarat biasanya berbeda-beda dan ditentukan oleh pihak panitia. 

Keuntungan mengikuti lomba blog adalah bisa mendapat relasi dan juga sekaligus promosi blog. Kalau juara pastinya akan mendapat tambahan uang yang lumayan besar.  Dan bisa saja mendapat backlink dari perusahaan hehe. 

Yap itu dia 6 sumber penghasilan blogger. Saya sendiri belum pernah mengalami keenam tersebut. Insya-Allah, kalau dikehendaki pasti keenam tersebut bisa dicapai dengan usaha dan doa tentunya. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat 😊

Posting Komentar untuk "Bisa kaya dari ngeblog ! Ternyata ini sumber penghasilan Blogger"