Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Li Ziqi, Youtuber paling terkenal dari Tiongkok

Li Ziqi adalah Youtuber yang sangat fenomenal. Berasal dari Tiongkok, dan memiliki video yang benar-benar berbeda. 

Profi Li Ziqi, Youtuber viral asal Tiongkok

Youtuber merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan saat ini. Dan kemungkinan besar juga menjadi profesi yang bakal memiliki prospek bagus kedepannya. Sebelum tahun 2010, profesi menjadi Youtuber sepertinya dipandang sebelah mata. Dan pada waktu itu pengguna internet juga belum banyak sampai sekarang. 

Saat ini bila kita bertanya-tanya ke anak kecil tentang cita-cita mereka, jawabannya pasti mengejutkan. Bagi kelahiran 2008 kebawah, pasti jawabannya tidak lain seperti dokter, pilot, presiden, dan lain-lain. Sementara kelahiran 2008 keatas jawabannya sudah berbeda. Mereka lebih memilih menjadi Youtuber, Selebgram, dan profesi yang lebih keren. 

Di Indonesia, Youtuber ternama bisa memiliki penghasilan ratusan juta perbulan hingga miliaran. Sebut saja nama seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Jess No Limit. Mereka adalah contoh Youtuber dengan bayaran tertinggi di Indonesia. 

Kali ini Penamorf akan membicarakan seorang Youtuber yang berasal dari Tiongkok.  Siapakah dia ? Yuk kita simak :

Profil singkat Li Ziqi

Profil Li Ziqi
  • Nama Asli      : Li Ziqi
  • Lahir               : 6 Juli 1990
  • Pekerjaan        : Youtuber
Li Ziqi merupakan Youtuber yang mengangkat tema kehidupan desa.  Li Ziqi saat ini hidup di daerah Mianyang, provinsi Sichuan, Tiongkok.  Saat ini akun Youtubenya memiliki subscriber lebih dari 10 Juta. Ingat di Tiongkok, Youtube itu di block. Jadi subscribernya sendiri sudah pasti orang diluar Tiongkok, yang tidak tahu bahasa Mandarin. 

Jadi sudah pasti untuk upload video di Youtube, Li Ziqi harus upload dengan VPN. Di Tiongkok sendiri Li Ziqi memiliki akun Douyin (TikTok versi Tiongkok). Follower Douyin milik Li Ziqi mencapai 33 juta follower. Jumlah like video tidak tanggung-tanggung, mencapai 100 juta lebih.

Motivasi Li Ziqi membuat video

Video buatan Li Ziqi sendiri membuat mata orang terkagum-kagum.  Videonya mengangkat kehidupan di desa. Dengan durasi singkat,  Li Ziqi memamerkan kelihaian bagaimana berkebun, memasak, membuat baju, dan makan bersama keluarga kecilna

Dilansir dari kanal Youtube Goldthread yang mewawancarai Li Ziqi.  Motivasi dirinya membuat video adalah masyarakat yang sering stress dengan kehidupan perkotaan.  Harapannya dengan video Li Ziqi, masyarakat bisa rileks dan santai.  Selain itu Li Ziqi juga berharap masyarakat tahu dari mana makanan itu berasal. 

Masa kecil Li Ziqi

Kehidupan indah Li Ziqi tidak sepenuhnya sempurna seperti video yang ada di Youtube. Ternyata masa kecil Li Ziqi menyedihkan. Semasa kecil orang tuanya bercerai, dan Li Ziqi ikut hidup bersama ayahnya. 

Li Ziqi juga disiksa oleh ibu tirinya dan ayahnya meninggal. Sejak ayahnya meninggal, Li Ziqi dititipkan ke  neneknya. Rumah nenek yang membesarkannya berada di Pegunungan Sichuan yang terpencil. Disanalah dia dibesarkan hingga menjadi gadis yang cukup dewasa.

Pekerjaan Li Ziqi sebelum menjadi Youtuber

Li Ziqi memiliki karir yang cukup banyak lika-liku.  Li Ziqi mencoba peruntungan ke kota menjadi seorang DJ di sebuah bar. Namun neneknya jatuh sakit dan pada akhirnya pindah ke kampung jalaman lagi, Tentunya agar tidak jauh dari nenek dan bisa menemaninya dikala sakit. 

Dikala pulang kampung dan menemani neneknya yang sakit. Li Ziqi membuat sebuah toko online di marketplace Taobao.  Namun dalam promosinya, Li Ziqi menggunakan video tentang kehidupan di desanya. Lucunya justru banyak yang tertarik dengan video bukan produk yang Li Ziqi jual. 

Seiring berjalannya waktu, Li Ziqi akhirnya mencari asisten dan seorang fotografer. Tentu Li Ziqi ingin pekerjaan membuat konten dibantu oleh orang lain.  Konten Li Ziqi ini sangat menarik dan berbeda. 

Isi Konten Youtube Li Ziqi

Masakan Tradisional

Masakan ala Li Ziqi

Li Ziqi ini membuat konten masak yang berbeda dari biasanya.  Kebanyakan orang pasti membuat video tentang membuat makanannya saja seperti bahan, pembuatan, dan memakannya. Li Ziqi justru membuat video dari cara menanam bahan makanannya. Misalnya menanam ubi, kentang, memanen padi, dan lain-lain. 

Pengolahan makanannya juga dengan cara tradisional. Hidangannya juga sangat cantik dan menggugah selera. Sarapan seperti kue kentang, masakan musim panas, hingga masakan musim dingin  terlihat menarik ditangan Li Ziqi. 

Kerajinan Tangan

Selain membuat masakan, Li Ziqi juga membuat video tentang kerajinan. Ada video yang membuat selimut sutra, jubah wol, hingga oven tanah yang sering digunakan untuk memasak.  Li Ziqi membuat sutra benar-benar dari proses ulat sutera. Beberapa video juga menunjukan Li Ziqi menebang dahan pohon. Li Ziqi benar-benar multi talenta. 

Apa yang membuat Li Ziqi terkenal

Gaya Hidup 

Kata Li Ziqi sendiri, dirinya ingin merekam setiap hidupnya. Dengan video yang Li Ziqi buat, membuat masyarakat kota sadar bahwa hidupnya tidak sempurna. Meskipun kehidupan kota begitu lengkap dan serba ada. 

Li Ziqi bisa menjadi siapa saja. Mulai dari koki, petani, desainer, tukang kebun, tukang kayu, hingga pengerajin kerajinan.  Menonton gaya hidup membuat banyak orang heran dnegan kemampuan Li Ziqi. 

Budaya

Tiongkok merupakan negara yang cukup tertutup. Sedikit orang yang mengetahui tentangnya. Apalagi sekarang Youtube, Google, dan sosial media buatan Amerika diblokir. Sehingga masyarakat dunia tidak tahu apa yang ada di Tiongkok. 

Dalam video buatan Li Ziqi, hampir memiliki nilai-nilai yang mengangkat budaya Tiongkok. Mulai dari makanannya, kuas lukis, hingga cara membuat sutra.  Bahkan cara makanannya juga mengikuti adat daerahnya. 

Keindahan 

Alam provinsi Sichuan

Unsur keindahan atau aestethic sering ditampakan dalam video Li Ziqi. Li Ziqi memang cantik, apalagi didukung dengan lingkungannya yang begitu indah. Latar kehidupannya adalah desa kecil di Sichuan. 

Pegunungannya terbentang lebar, cuacanya lembap.  Setiap musim membawa warna tersendiri. Daerah Sichuan memang memiliki  pemandangan yang indah. Disana memang benar benar alami. Dan menjadi sentra pertanian dan peternakan. 

Yap itu dia Li Ziqi. Videonya memang berbeda. Dan membuat banyak orang kagum dari belahan dunia lain.  Keanggunannya  ditambah dengan kemampuannya beradaptasi dengan alam, membuat orang kota iri dengan kehidupan desa. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat