Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa kunci sukses ngeblog ? Ternyata ini dia!

Kunci Sukses Ngeblog

Blogging atau ngeblog memang kegiatan yang menyenangkan. Blog bisa menjadi media untuk menyalurkan hobi, menambah relasi, membangun portofolio, dan tentunya mendapatkan penghasilan. Kunci sukses dari seorang blogger tentunya tidak semua orang tahu. 

Ada blogger yang mengikuti kelas blog, kelas SEO, hingga kelas menulis, tapi belum berhasil.  Ya itu admin Penamorf sendiri. Kadang heran aja udah berusaha menulis dan optimasi SEO, tapi blog juga belum kunjung ramai dan menghasilkan. 

Mungkin admin disini terlalu berorientasi dengan hasil. Sehingga lupa akan proses blogging yang panjang dan butuh jam terbang. Kadang merasa iri dengan kawan blogger yang lain. Kok bisa ya mereka cepet banget berhasil, sementara admin Penamorf masih belum. 

Berikut ini kunci sukses ngeblog

Disini admin hanya share pengalaman blogger profesional ya. Memang Penamorf belum sebesar dan seramai blog diluar sana, tapi admin yakin suatu saat nanti pasti bisa.  Masih panjang proses yang harus dijalankan. Ternyata kunci sukse ngeblog beberapa blogger profesional punya kesamaan, ini dia : 

1. Artikel adalah kunci sukses ngeblog

Artikel, ya konten dalam blog itu sendiri. Artikel dalam blog harus memiliki manfaat bagi si pembaca. Makannya tak heran biasanya banyak blogger dengan trafik yang tinggi isinya blog tutorial, blog tentang mata pelajaran, dan lainnya. 

Kalau blog yang isinya tentang informasi biasanya kalah dengan website media besar. Tau kan media besar yang dimaksud. Situs Trib*n News, hampir semua keyword dibabat habis oleh situs tersebut. Dan banyak blogger yang mengeluh karena situs tersebut. 

Artikel yang dibuat harus natural, isinya menarik, dan tidak bertele-tele. Admin rasa hal tersebut masih menjadi hal yang sulit. Soalnya tulisan admin masih bertele-tele. Seiring berjalannya waktu semoga nggak gitu. 

2. Optimasi SEO

Search Engine (Google dan lainnya) merupakan tempat dimana artikel blog terindeks. Jadi supaya blog bisa dilirik Google tentunya harus terindeks dan memiliki pengunjung yang lumayan banyak. Agar blog ramai bisa dilakukan dengan Optimasi SEO. 

Optimasi SEO cukup ribet. Mulai dari onpage seperti keyword, gambar, internal link, dan lain-lain. Selain onpage ada juga optimasi offpage seperti backlink, DA/PA, dan lainnya. Intinya saat ini salah satu teknik yang ampuh adalah SEO yang bagus.

3. Konsistensi

Konsistensi menjadi salah satu kunci. sukses ngeblog. Sebenarnya bukan sukses ngeblog saja, tetapi dalam semua lini kehidupan juga dibutuhkan. Orang sukses pasti butuh perjuangan yang konsisten dan tidak kenal lelah apapun itu.

Dalam dunia blog juga harus konsisten. Konsisten dalam update artikel sudah pasti. Selain itu juga konsisten untuk optimasi SEO blog. Dan admin sendiri saat ini masih belum konsisten dalam menulis. Semoga kedepannya bisa lebih konsisten, amin

4. Optimasi AdSense

Ternyata penempatan iklan itu berpengaruh terhadap penghasilan blogger.  Dan saat ini admin masih belajar dengan optimasi iklan. Masih bingung bagaimana supaya pengunjung tertarik dengan klik iklan. Kedepannya semoga jumlah klik iklan semakin rame.

5. Tidak copy-paste

Salah satu kunci sukses ngeblog tentunya tidak copy-paste artikel milik orang lain. Mungkin banyak diantara kita mengcopy tulisan orang lain.  Tetapi itu tidak baik loh. Selain merugikan blog lain, itu sama saja dengan merugikan diri sendiri. Karena terbiasa dengan hasil yang instan dan tidak menghargai proses. 

Itu dia kunci sukses ngeblog. Kalau menurut admin , kelima hal diatas harus bisa dikombinasikan dan dilakukan secara rutin. Karena tidak mungkin berhasil dalam satu hari saja, tetapi perlu waktu yang lumayan lama. Kecuali kamu praktisi SEO yang populer dan sudah berpengalaman tinggi. Sekian dan terimakasih.