Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan kenapa smartphone asal China murah


Saat ini pasar smartphone merupakan salah satu yang paling menarik. Jumlah pesaingnya selalu berkembang pesat. Hampir setiap bulannya ada saja perilisan seri smartphone terbaru. Tentunya perilisan tersebut selalu membawa kejutan sendiri. 

Biasanya yang paling sering dilihat adalah perbandingan antara spesifikasi dan juga harga jualnya. Penjualan smartphone di seluruh dunia didominasi oleh Samsung saat ini. Dan disusul oleh Apple. Lalu ada juga Huawai. 

Setelah Huawai, ada deretan brand asal China. Sebut saja nama Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Mereka berhasil masuk Top 10 brand dengan pengguna terbanyak didunia. Peringkat satu, dua, boleh saja bukan dari China. Tetapi dibawahnya didominasi oleh China.

Ternyata ada beberapa alasan smartphone China begitu diterima saat ini : 

1.  Biaya tenaga kerja yang murah


China memiliki jumlah penduduk yang banyak.  Setidaknya ada 1, 3 miliar penduduk yang menghuni kawasan  9 juta kilometer persegi. Dengan angka segitu besar, tak heran angkatan kerja di China jumlahnya banyak. 

Maka dari itu disana banyak perusahaan yang berdiri.  Karena tenaga manusia yang murah dan jumlahnya banyak. Perusahaan dunia seperti Apple, Microsoft juga memiliki pabrik disana. Tak heran kalau produksi smartphone disana murah, karena pekerjanya dibayar murah. 

2. Tidak hobi iklan


Kebanyakan smartphone Tiongkok itu tidak hobi iklan di tv. Mereka lebih memilih sosial media yang lebih murah.  Sebut saja brand Xiaomi, sampai saat ini belum pernah melihat iklannya di layar kaca. 
 
Strategi Xiaomi dalam memasasarkan produknya adalah dengan flash sale di marketplace. Karena produknya murah dan memiliki spesifikasi yang bagus, makanya sudah pasti menjadi incaran konsumen. 

3. Bahan Baku yang berlimpah

China merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam yang dimaksud adalah bahan baku smartphone. Ternyata bahan baku smarpthone yang ada diseluruh dunia, 90% berasal dari China.  Makannya jadi murah

4. Mengambil untung sedikit


Xiaomi merupakan smartphone yang berjanji hanya akan mengambil untung yang sedikit. Bahkan CEO dari Xiaomi, Lei Jun mengatakan kalau laba yang diambil hanya 5% saja per unit smarpthone. 

Beda dengan Apple atau Samsung. Keuntungan mereka bisa lebih dari 7% per unit smarphone yang dirilis. Pada tahun 2020, penjualan Xiaomi berhasil mengalahkan penjualan Apple. 

5.  Disambut baik masyarakat

Karena kehadiran smarpthone China sudah disambut baik. Tak heran mereka tidak kapok menghadirkan smartphone murah lagi. Kebanyakan produk menghadirkan smartphone yang mahal setelah mendapat perhatian masyarakat. 

Kedepannya masa depan smartphone China sepertinya akan cerah. Bisa jadi nanti akan mengalahkan raksasa Apple dan juga Samsung. Mengambil untung sedikit, yang penting laku banyak. Perlahan namun pasti, smartphone China bakal menguasai dunia.