Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari kesuksesan Mark Zuckerberg pendiri Facebook

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, mendengar nama tersebut pasti sudah terbesit sebuah karya luar biasa. Karya tersebut adalah sosial media bernama Facebook. Facebook merupakan sosial media yang tidak akan hilang karena waktu. 

Meskipun saat ini banyak sekali sosial media yang menyainginya. Sebut saja TikTok, Instagram, Snapchat, dan lainnya. Eksistensi Facebook saat ini masih terjaga dan berkembang  dengan banyak sekali fitur. 

Mulai dari Mesenger untuk chating hingga menjadikan Facebook sebagai marketplace. Tak heran sekarang digital marketer juga melirik Facebook. Pasalnya ada Facebook Ads yang bisa mengiklankan produk UMKM ke target konsumen. 

Dibalik kesuksesan Facebook. Kisah sukses Mark  Zuckerberg juga tidak dilupakan. Berikut adalah kisahnya : 

1. Mark Zuckerberg : Profil Singkat

Terlahir dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg yang sering disapa Mark. Mark lahir dikota New York pada tahun 14 Mei 1984. Orang tuanya bernama Edward Zuckerberg dan Karen Kempner. 

Ayahnya yang bernama Edward merupakan seorang dokter gigi. Sementara ibunya yang bernama Karen merupakan seorang psikiater. 

2. Hobi Program komputer sejak kecil

Biasanya anak kecil saat ini hobinya bermain. Entah bermain game atau menghabiskan waktu bersenang-senang. Mark Zuckerberg saat kecil juga sama dengan anak lainnya, cuma ada yang membuatnya berbeda sedikit. 

Di usianya yang ke-12 tahun sudah menjadi programer. Dan memiliki ketertarikan besar dengan perangkat komputer. Orang tuanya melihat bakat komputer Mark dan menyewa guru privat komputer untuk anaknya

3.  Kuliah di Havard tapi tidak selesai

Mark menyelesaikan SMA nya pada tahun 2002.  Karena latar belakang keluarganya yang berpendidikan tinggi. Mark dikirim ke universitas ternama, yaitu  Havard University. Seperti yang kita tahu, Havard bukanlah universitas abal-abal. 

Namun dikarenakan tidak cocok berkuliah. Dan merasa belajar di perguruan tinggi terlalu kaku, akhirnya Mark memutuskan drop out. Dan fokus mengembangkan platfrom bernama Facebook. 

4. Perkembangan Facebook

Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash yang dibuat Mark pada saat di Havard. Perkembangan  Facebook sangatlah cepat. Ada 30 kampis terdaftar dan tahun 2005 banyak SMA yang ikut gabung dengan Facebook.

Investor mulai berdatangan dan membelikan dana kepada Facebook. Mulai dari pendiri Tesla, Elon Musk. Bahkan Google, Yahoo, hingga miliarder dari Hongkong Li Ka Shing disebut-sebut menjadi investor Facebook. 

Pengguna Facebook melonjak tajam hingga 1 miliar lebih pada tahun 2011

5. Menjadi Miliarder dunia

Kekayaan Mark semakin meningkat tajam. Pada tahun 2010, Mark Zuckerberg memiliki kekayaan 44 Miliar Dollar. Padahal usianya masih 30 tahun. Dengan jumlah kekayaan tersebut, Mark Zuckerberg masuk sebagai 10 orang terkaya didunia versi majakah Forbes. 

Mark Zuckerberg saat ini menjadi idola banyak orang. Kita bisa mengambil pelajaran tentang keberaniannya dan kemauan untuk selalu berkembang menjadi lebih baik.  Demikian kisah singkat dari Mark Zuckerberg, semoga bermanfaat :)