Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara menghilangkan stress efektif tanpa harus keluar rumah

Penamorf.com - Stress merupakan hal yang sering terjadi. Tingkatan stress ada stress ringan hingga stress berat. Stress yang berkelanjutan bisa menyebabkan depresi dan  berakhir fatal, misalnya menyakiti diri sendiri dan bunuh diri.

Stress akan mempengaruhi produktifitas hidup. Misalnya jadi sering bolos kelas, tidak mau berinteraksi dengan orang lain, mudah panik, kehidupan seksual menurun, dan banyak dampak lainnya. Maka dari itu jangan abaikan stress.

Dengan dampak stress seperti itu, maka perlu cara-cara menghilangkan stress. Tenang saja, cara menghilangkan stress yang admin sajikan tidak bakal mengurangi kantong habis-habisan. Dan dijamin teknik ini cukup ampuh 

1. Olahraga 30 menit sehari

Dengan olahraga, tubuh menjadi lebih sehat. Seperti yang kita tahu ada pepatah mensana in corpore sano. Artinya "Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat". Pepatah itu benar adanya, dengan berolahraga serotonin akan lebih banyak diproduksi.

2. Jauhi Gadget

Gadget bisa menjadi barang yang membuat penggunanya kecanduan. Misalkan selalu menghabiskan waktu dengan scroll sosial media, mengecek notofikasi email, hingga notifikasi chat yang ada di group. Dengan mengurangi kontak dengan gadget, stress akan berkurang 5 kali. 

3. Mememilhara binatang bisa menghilangkan stress

Binatang seperti kucing, ikan, anjing, dan lainnya ternyata bisa menjadi peliharaan yang menghilangkan stress. Dengan interaksi bersama hewan, menurut beberapa sumber akan melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol. 

4. Membaca buku

Kegiatan membaca memang sepele. Tetapi ternyata efeknya lumayan untuk mengurangi stress. Membaca buku bisa mengurang 60% stress setelah 5 menit. Usahakan jangan membaca elektronik, karena kurang efektif. 

5. Istirahat Cukup

Tidur adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan stress. Dengan tidur sama saja dengan mengistirahatkan otak untuk berhenti berfikir. Selain itu juga dengan tidur, otot yang ada akan menjadi lebih relaks.