Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips agar tidak gagal UTBK

5 Tips agar tidak gagal UTBK

Penamorf - UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan salah satu ujian yang harus dilewati oleh pelajar SMA yang mau masuk PTN. Sebenarnya kalau tidak UTBK bisa juga masuk ke universitas swasta.  Tapi sayangnya universitas swasta beberapa menggunakan nilai UTBK untuk seleksi

UTBK sendiri setiap tahunnya memiliki aturan yang berubah-ubah. Tergantung keadaan dan situasi yang bisa mempengaruhi bobot dan jenis soal. Contohnya saat tahun 2020 ada satu jenis soal yang dihilangkan dan tidak diadakan. 

Peserta UTBK setiap tahunnya meningkat (secara garis besar). Dan persaingannya juga semakin ketat. Belum lagi para siswa yang sengaja gap year. Sudah pasti nambah ketat lagi. Tapi semua itu bisa diakali bagi peserta UTBK. Bukan licik, hanya strategi yang bagus. 

Berikut ini adalah tips agar tidak gagal UTBK : 

1. Persiapkan jauh-jauh hari

Soal UTBK memang tidak mudah. Tetapi kalau terbiasa menghadapi jenis soal UTBK, maka tidak kaget saat h-UTBK nya. Untuk menghadapinya maka harus disiapkan jauh-jauh hari. Persiapan yang dimaksud bukan sekedar latihan soal saja, ada doa, ada juga plan A B C, dan persiapan lainnya. 

2. Liburan sesekali

Otak itu benci untuk di push terus-terusan. Ada kalanya otak juga perlu untuk refreshing. Pergilah ke suatu tempat sesekali. Entah ketempat wisata, atau naik gunung juga tidak masalah asal fisik kuat. Setelah liburan  fokus lagi ke UTBK, jangan sia-siakan waktu yang tersisa.

3. Olahraga rutin 

Olahraga itu bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Selain bagus untuk imun, dengan olahraga maka produksi hormon dopamin akan meningkat. Hormon dopamin ini cukup berguna agar suasana hati tidak down atau depresi. 

4.  Buat jadwal yang seimbang 

Jangan sampai waktu yang tersisa digunakan untuk full belajar. Ingat ada Tuhan yang  bisa saja tidak mengamini kemauanmu. Jadi seimbangkanlah antara usaha dan doa. Kalau manusia bisa berencana, maka Tuhan yang berhak penuh untuk memutuskan. Seimbangkan doa dan juga usaha. 

5. Kurangi nongkrong tidak perlu

Nongkrong itu perlu, karena dari situ relasi bisa terjalin dengan baik.  Tanpa nongkrong bagaimana relasi bisa terjalin dengan baik. Keseringan nongkrong juga kurang baik sih. Biasanya kalau bareng temen suka basa-basi dan cerita ngalor ngidul sampai lupa waktu. Saat UTBK kurangi dikit ya, jangan terlalu sering. 

 Nah itu dia 5 hal yang menurut admin bisa membuatmu tidak gagal UTBK. UTBK cukup penting bagi pejuang PTN. Semoga bagi pejuang perguruan tinggi negeri kedepannya bisa lolos. Semangat dan Terimakasih 

~Ciao