Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi rasa sedih karena gagal kuliah di PTN

mengatasi rasa sedih karena gagal kuliah di PTN

Penamorf -  Menjadi mahasiswa di PTN merupakan impian bagi banyak orang. Sebenarnya kuliah dimana saja itu tergantung dari mahasiswanya. Percuma kuliah di PTN tapi pada akhirnya tidak semangat menjalani perkuliahan. Atau tau tau keluar karena tidak kuat dengan suasana perkuliahan disana. 

Alasan kuliah di PTN sebenarnya bermacam-macam. Mulai dari biayanya lebih murah, akreditasinya bagus, dekat dari rumah, atau karena alumninya memang keren-keren.  Intinya sudah ada pikiran di masyarakat kalau kuiah di PTN itu keren. 

Sebenarnya si tidak juga. Sekarang malah kuliah di swasta itu lebih keren. Sebut saja Telkom University, Binus, UMN, dan univ swasta top lainnya. Kenapa swasta keren? karena fasilitasnya lengkap dan tentunya  banyak orang kayah yang ada disana. 

Menyikapi gagal PTN sebenarnya, IT'S OK. dan menurut admin IT'S NORMAL. Jangan terlalu memaksakan diri :)

1. Gagal masuk PTN, bukan kamu saja !

Ya ini pasti  You are'nt alone. PTN di Indonesia hanya menampung mahasiswa yang terbatas. Jadi tidak semuanya masuk PTN. Kalau dilihat dari angka SBMPTN. Yang ikut SBMPTN itu lebih dari 700 ribu calon maba. Yang diterima hanya 100 ribu lebih, dan tersebar diseluruh PTN Indonesia. 

Kalau kamu masuk 600 ribu camaba yang gagal jadi mahasiswa PTN, tidak masalah. Karena Tuhan bisa menggantinya dengan yang lebih baik.  Its OK

2. Ambil Gap Year, gak masalah !

Yessss. Ini boleh banget. Gak masalah dan gak hina juga kok. Ambil Gap Year itu perlu kalau kamu memang belum diterima di PTN dan masih kekeh kuliah di PTN.  Manfaat gap year juga lumayan. Dari situ kamu bisa mengembangkan hobbi, cari kerja, atau main sejauh-jauhnya. 

3. Dinyinyirin ? Harus tahan sampai kebal !

Tetap sih pasti ada salah dua anggota keluarga yang nyinyir. Gegara kamu gagal masuk PTN. But lagi lagi its ok. Karena itu hal yang wajar. Jadikan itu sebagai penyemangat agar kamu berusaha menjadi lebih baik lagi. Apapun itu, dalam semua hal.

4. Menangislah kalau perlu, karena itu normal !

Menangis karena gagal masuk PTN itu hal yang normal. Kesal dan marah karena tidak bisa lolos itu wajar. Menangis bisa menjadi hal yang lega karena berhasil meluapkan kekecewaan. Tapi jangan keseringan ya. Mukanya jelek soalnya kalau nangis wkwkwkw

5. Tarik nafas dalam-dalam

Setelah buka pengumuman dan ternyata tulisannya "Mohon Maaf...". Tarik nafas dalam-dalam juga bisa menjadi  solusi lain.  Keluarkan nafas dan rasakan sensasi lega. Pada saat itu semua akan baik-baik saja. Dan hidup akan berjalan dengan normal. 

Yap itu dia cara mengatasi rasa sedih karena gagal kuliah di PTN. Ingat kuliah di PTN itu bukan segalanya kok. Tetap semangat dan jangan berputus asa :)