Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Digital Nomad ?

 

Pengertian digital nomad

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang berkaitan dengan hobi. Membicarakan era sekarang, hobi orang-orang pasti berkaitan dengan dunia digital. Mulai dari gaming, desain grafis, hingga menjadi penulis artikel. Sebagian besar pekerjaan dunia digital tidak terikat kontrak. 

Biasanya disebut dengan nama Freelancer. Hal ini dikarenakan tidak terikat kontrak. Sedangkan apa itu Digital Nomad ? 

1. Pengertian Digital Nomad 

Digital Nomad memiliki arti pengembara digital. Kalau menurut Wikipedia, Digital Nomad adalah seseorang yang bekerja dari jarak jauh, umumnya secara lepas, dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan memanfaatkan teknologi terutama internet. 

2. Kelebihan menjadi seorang Digital Nomad

Sebenarnya setiap pekerjaan ada kelebihan dan kekurangannya. Termasuk juga sebagai digital nomad. Digital nomad itu ada banyak jenis pekerjaannya. Mulai dari design grafis, programmer, translator, youtuber, blogger, dan masih banyak lagi.  Berikut adalah keuntungan menjadi seorang Digital Nomad : 

  • Punya waktu hobi yang banyak

Salah satu kelebihan menjadi seorang digital nomad adalah memiliki waktu yang cukup banyak untuk hobinya. Biasanya hobi para digital nomad sendiri sama seperti pekerjaannya. Jadi sambil menjalani hobi sambil kerja juga

  • Menambah networking

Berpindah-pindah merupakan hal yang biasa bagi para digital nomad. Dengan pindah-pindah, maka networking akan bertambah. Karena akan bertemu dengan banyak orang. Dan orang-orang tersebut memiliki latar belakang yang berbeda

  • Lebih fleksibel

Tidak terikat tempat adalah satu kata yang mendefinisikan untuk digital nomad. Jadi untuk masalah kerja bisa disesuaikan dengan tempat kerja. Banyak para digital nomad yang saat ini pindah-pindah ke berbagai negara. 
  • Gajian dengan mata uang asing
Keuntungan dari menjadi digital nomad adalah mendapat bayaran dengan mata uang asing. Seperti yang kita tahu, rupiah adalah mata uang yang terlemah didunia. Jadi bila mendapat gaji dari mata uang asing, keuntungan yang didapat berlipat-lipat.
  • Traveling
Traveling adalah mimpi bagi setiap orang. Digital Nomad memiliki fleksibilitas yang tinggi. Jadi kerjanya adalah didepan gadget. Asalkan ada internet, maka seorang digital nomad bisa menghasilkan uang. Dan tentunya bisa disambi berjalan.