Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah tidak kuliah itu hina ? Ternyata ini keuntungan tidak kuliah

Penamorf.com - Halo semuanya, kali ini admin penamorf akan mengisi rubrik kehidupan lagi. Apa kabar bagi teman-teman SMA/SMK/MA yang saat ini duduk di kelas 3. Sudah bersiapkah ikut UTBK atau SNMPTN. Semangat ya, ingat banyak jalan menuju Roma. 

Kuliah adalah dambaan bagi semua pelajar.  Rasanya masuk pendidikan yang lebih tinggi pasti seneng banget. Ada banyak teman yang bisa menjadi relasi. Selain itu bisa menambah gelar ketika lulus. Ditambah lagi bisa dapat beasiswa. 

Tetapi kuliah itu bukanlah hal yang mudah. Ilmu yang dibahas sudah lebih spesifik bila dibandingkan dengan SMA. Tak jarang ada kasus mahasiswa yang merasa salah jurusan dan merasa tidak betah kuliah. Intinya kuliah tidak segampang di film. 

Bagi admin sendiri, tidak kuliah itu tidak hina kok. Tidak kuliah bukan berarti tidak sukses. Berikut adalah keuntungan dari tidak kuliah : 

1. Bisa cari kerja

Bekerja adalah hal yang positif. Asalkan pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan yang halal. Selain itu dengan bekerja, bisa mendapat penghasilan dan mengisi tabungan. Memang bekerja itu berat, karena banyak sedih dan senang. 

Usahakan kerja sesuai passion. Kerja sesuai passion itu pasti asik. Karena tidak merasa terbebani atau merasa tertekan. 

2. Bisa mengembangkan hobi

Hobi orang memang beda-beda.. Ada yang suka indor seperti main game, nonton film, dengerin musik, dan lainnya. Ada juga yang outdor seperti mendaki gunung, kulineran, solo traveling, dan lain-lain. Kadang kuliah juga menghambat hobi. 

Memang hobi juga bisa dilakukan disela-sela sibuk kuliah. Tapi kurang efektif dan sudah pasti bakal ketabrak dengan kegiatan akademik lainnya. 

3. Bangun bisnis

Kelebihan orang yang tidak kuliah adalah bisa fokus bangun bisnis. Dengan membangun bisnis, kemampuan berwirausaha berkembang dengan pesat. Selain itu bisa gabung dengan komunitas bisnis. Kalau tidak komunitas, ada juga seminar kewirausahaan yang pembicaranya pengusaha sukses. Siapa tau dengan tidak kuliah dan fokus bisnis, malah jadi sukses karena bisnisnya maju. 

4. Masuk pesantren

Fokus pada agama adalah hal yang lumrah. Bagi beberapa orang dunia spiritual itu penting. Makannya ada yang lulus dari SMA (sederajat). Malah milih masuk pondok pesantren. Dengan masuk pondok, ada ilmu agama yang bisa dieksplore dan juga diamalkan. Tanpa agama, hidup diakhirat nanti bagaimana?

Nah itu dia keuntungan dari tidak kuliah. Tidak kuliah itu tidak hina kok. Tidak masalah tidak memiliki gelar. Asalkan atitudenya baik dan mau berkembang untuk masa depan. Sekian dan Terimakasih. Semoga bermanfaat. 

Tetap semangat