Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses Ma Huateng, pendiri Tencent

kisah sukses Ma Huateng

Kisah Sukses Ma Huateng patut banget dibaca, ada banyak hal yang bisa dipelajari.

Penamorf -  Nama Tencent  dan Ma Huateng pasti bagi kita sedikit asing. Tetapi kalau bicara produk Tencent seperti WeChat, PUBG pasti kita paham. Saham Tencent sendiri saat ini ada dimana-mana. Bahkan di perusahaan seperti Gojek, WeTV, Shopee juga mendapat guyuran dana dari Tencent. 

Dibalik Tencent ada nama pendirinya yang terkenal di China sana. Ma Huateng adalah tokoh sukses dibalik Tencent Group. Sampai saat ini Ma Huateng masih menjabat sebagai CEO Tencent Group. Orang ini disebut sebut sebagai orang nomor 1 dibidang teknologi di China bersama Jack Ma. 

Ma Huateng dan awal kisah hidupnya

Ma Huateng lahir pada 29 Oktober 1971, di Chaoyang, Provinsi Guangdong, Tiongkok. Keluarga Ma merupakan keluarga yang berkecukupan. Ayahnya merupakan seorang manager di pelabuhan. Semenjak SMA, Ma Huateng bekerja di pelabuhan . 

Setelah lulus SMA, Ma Huateng melanjutkan studi pendidikan di Universitas Shenzhen. Jurusan yang Ma ambil adalah ilmu komputer.  Setelah empat tahun kuliah, pada tahun 1993, Ma Huateng lulus kuliah dengan gelar sarjana komputer.  Dia sangat pendiam, tidak suka bergaul, dan cinta komputer.

Kehidupan setelah lulus kuliah

Setelah lulus kuliah, Ma Huateng bekerja di suatu perusahaan. Perusahaan tersebut bernama China Motion Telecom Development. Tempat kerjanya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan komunikasi. Tugas Ma adalah menjadi  pengembang perangkat lunak 

Merasa kurang puas, Ma pindah perusahaan. Perusahaan kedua yang Ma pijak adalah Shenzhen Runxun Communication. Disini Ma bertemu dengan keempat teman kuliahnya. Ma dan teman kuliah inilah yang nantinya mendirikan Tencent Group. 

Mendirikan Tencent Group

Setelah meninggalkan Shenzhen Runxun Communicatin, Ma Huateng mendirikan Tencent Group. Bersama keempat temannya yang bernama  Zhan Zidog,  Chen Yiden, Xu Chenye, Zhen Liqing. Secara resmi Tencent didirikan pada tahun 1998. 

Ma Huateng mendirikan Tencent  dengan dukungan dari keluarga. Ayahnya mengurus bagian akunting dan Ibunya bagian perizinan. Sementara itu Ma Huateng menjadi CEO dari perusahaan Tencent. 

Membuat berbagai aplikasi

Sebagai startup dibidang teknologi. Tencent Group sudah membuat berbagai aplikasi. Pada tahun 1998, Ma Huateng dan rekannya membuat OICQ, sebuah aplikasi pesan instan. Pada tahun 2000, nama aplikasi diubah menjadi QQ. 

Setelah aplikasi QQ. Tencent membuat aplikasi PaiPai.com, sebuah layanan toko online seperti Alibaba. Selanjutnya merambah ke dunia gaming. Dari membuat game inilah, Tencent berkembang

Membuat WeChat

WeChat merupakan aplikasi chating yang dibuat oleh Tencent group. Saat ini WeChat merupakan aplikasi paling populer di China sana. Dengan terciptanya WeChat, kekeayaan Tencent semakin meningkat tajam. 

Hal ini dikarenakan WeChat hampir digunakan oleh 1 Miliar pendududk yang ada di China. Karena penggunanya banyak, maka WeChat meluncurkan dompet digital yang bernama WeChat pay. Dari sini dana yang didapat WeChat sangat besar. Dan Tencent bisa berinvestasi di banyak platfrom gaming dan juga startup. 

Ma Huateng, jadi orang kaya ke-2 di China

Posisi orang kaya di China sendiri kadang berganti-ganti. Namun 3 besar orang kaya di China sudah pasti diantara Jack Ma, Zhong Shanshan, atau Ma Huateng. Mereka bertiga silih berganti di peringkat puncak. 

Kekayaan Ma Huateng saat ini lebih dari 70 Miliar Dollar. Angka tersebut bisa digunakan untuk melunasi hutang negara Indonesia.  Saat ini Ma Huateng berada di posisi ke-15, sebagai orang terkaya di China.