Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Reed Hastings, Sarjana Matematika pendiri Netflix


Funfact : Dibalik kisah sukses Reed Hastings, uniknya dia adalah orang yang tidak punya hobi

Penamorf - Dahulu admin membicarakan 5 aplikasi streaming film terbaik. Dan yang berada di ururtan pertama adalah Netflix. Seperti yang kita tahu, bahwasanya konten-konten Netflix sangat menarik.  Netflix saat ini sering membuat konten originalnya sendiri. 

Netflix berusaha agar tidak tergantung dengan perusahaan pembuat film. Pada akhirnya perusahaan seperti Disney juga membuat platfrom streaming filmnya sendiri.  Pengguna Netflix saat ini lebih dari 200 juta orang didunia. Mereka merupakan pelanggan berbayar Netflix.

Dibalik kesuksesan Netflix. Tentu ada nama-nama tokoh yang membuat progres besar bagi Netflix. Siapa lagi kalau bukan pendirinya yang bernama Reed Hastings. Berikut adalah kisah sukses Reed Hastings 

1.  Lahir pada 1960

Reed Hastings memiliki nama asli Wilmot Reed Hastings Junior.  Hastings lahir pada 8 Oktober 1960, di kota Boston, Massachuset, Amerika Serikat.  Ayah Reed Hastings merupakan seorang pejabat yang bekerja langsung dibawah presiden AS kala itu, Richard Nixon.

Sementara ibunya merupakan ibu biasa. Reed Hastings sering mengenang masa-masa ketika ayahnya bekerja bersama dengan presiden.

2. Pendidikan dan bekerja partime

Reed Hastings mengenyam pendidikan di Buckingham Browne & Nichols Schools, di Cambridge, Massachuset, AS. Semenjak duduk di SMA , Hastings sudah mulai bekerja sampingan. Satu tahun sebelum lulus, Hastings sempat bekerja sebagai sales penjual penyedot debu. 

Meski lahir dari keluarga yang berkecukupan, Hastings membuktikan dirinya bisa mandiri. Yaitu dengan cara bekerja sampingan. 

3. Kuliah, gabung militer dan pergi ke Afrika

Sebelum mendirikan Pure Software, Reed Hastings melanjutkan pendidikannya di Bowdoin College. Setelah lulus, Hastings mendapat gelar sebagai sarjana  Matematika. Menurutnya matematika sangatlah menarik dan cantik. 

Setela lulus  dan mendapatkan gelar Matematika, Reed Hastings terjun ke bidang militer. Disana dia mengikuti pelatihan perwira marinir. Namun Hastings tidak menyelesaikan pelatihan tersebut hingga selesai. Malah memilih mengajar Matematika di pedalaman Afrika (Swaziland). Muridnya ada 800 anak. 

4. Bekerja dan mendirikan perusahaan perangkat lunak

Hastings pertama kali bekerda di perusahaan bernama  Adaptive Technology. Pada tahun 1991, Hastings memilih keluar dari Adaptive Technlogy.  Saat usianya 31 tahun,  Hastings bersama temanya mendirikan perusahaan peangkat lunak yang bernam Pure Technology. 

Kinerja Pure Technology sangat bagus. Hastings bersama rekan kerjanya berhasil melipatgandakan penghasilan disetiap tahunnya. Dan dari sini Hastings menjual perusahaannya sebesar 750 juta dollar. 

5.  Mendirikan Netflix

Netflix sebenarnya dibangun karena kesalahan  Reed Hastings. Dulu Reed Hastings pernah didenda sebesar 40 USD. Dari kesalahan tersebut, Hastings sadar bahwa bisnis sewa DVD cukup baik. Dan pada tahun 1997, bersama dengan Marc Randloph Netflix didirikan. 

Di tahun pertama, Netflix berhasil meraup pengguna sebesar 232 ribu orang. Dan setelah 23 tahun lamanya, pengguna Netflix saat ini lebih dari 200 juta orang yang tersebar di seluruh dunia.  Kekayaan Hastings saat ini mencapai 5 Miliar USD.

Itu dia kisah sukses Reed Hastings. Seorang pendiri Netflix yang memiliki segudang pengalaman. Semoga bermanfaat