Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah sukses Susan Wojcicki pendiri Youtube

 

Penamorf -  Kisah sukses yang kali ini admin bahas adalah  perempuan inspiratif.  Siapa yang kenal dengan Susan Wojcicki ? Bagi yang kenal berarti wawasannya cukup luas. Bagi yang belum berarti memang belum tau aja. Supaya tau siapa Susan Wojcicki, baca sampai akhir ya :)

Saat ini platfrom Youtube merupakan situs yang sering dikunjungi oleh banyak orang untuk menikmati dan mengunggah video. Susan Wojcicki adalah orang yang berada dibalik  Youtube. Dialah yang saat ini menjadi CEO Youtube dan kunci sukses Google.

Kenapa menjadi kunci sukses Google.  Saat ini Youtube menjadi pasar yang menarik bagi banyak produk. Selain itu Youtube yang berada dibawah Google juga menjadi situs kedua didunia dengan pengunjung terbanyak di dunia. 

1. Profil Singkat Susan dan Keluarga

Susan lahir dengan nama Susan Diane Wojcicki pada 6 Juli 1968.  Ayahnya merupakan dosen Fisika di Stanford University.  Sedangkan ibunya adalah seorang guru SMA. Keduanya merupakan darah Yahudi yang tinggal di Eropa. Namun memilih pindah ke Amerika Serikat. 

Susan memiliki saudara perempuan bernama Janet dan Anne. Menurut mereka bertiga, kedua orang tuanya mendidik dengan sangat bagus. Orang tuanya tidak memaksakan kehendaknya dan mereka dibebaskan untuk menjadi apapun.

2. Berbisnis sejak kecil

Susan sejak kecil memiliki keaktifan yang luar biasa dalam bereksplorasi. Fakta menariknya sejak usia 11 tahun, Susan sudah memulai bisnis kecil-kecilan.  Pada waktu itu Susan sudah mulai berjualan tali rempah dari rumah kerumah. 

Meski kedua orang tuanya tahu. Ayah dan Ibunya membiarkannya saja. Justru malah mendukung Susan kecil untuk berjuang membangun bisnis kecilnya. 

3.  Pendidikan Susan

Susan berasal dari keluarga akademisi. Tetapi Susan bukanlah orang yang cerdas seperti ayahnya. Semenjak lulus SMA, Susan memutuskan untuk kuliah di Havard University jurusan Sastra. Setelah lulus dari Havard, Susan diarahkan untuk melanjutkan studi sampai mendapat gelar Phd. 

Minat Susan dibidang pendidikan masih ada meski tidak sampai S3. Susan magang menjadi fotografer dan meraih gelar Master di India. 

4. Bekerja di perusahaan chip Intel

Intel saat ini masih eksis sebagai perusahaan pembuat chip ternama. Hampir semua laptop diseluruh dunia menggunakan chip buatan Intel. Susan dulu pernah bekerja di Intel sebagai tenaga pemasaran. Penghasilannya digunakan untuk membayar rumahnya yang terletak di Silicon Valley. 

Rumahnya yang berada di Silicon Valley didapat setelah menikah dengan seorang konsultan teknolgi.  Susan menikah pada tahun 1998. 

5. Menyewakan garasi rumah kepada pendiri Google

Ada dua mahasiswa dari Stanford University yang sedang mendirikan usahanya bernama Google. Mereka menyewa garasi rumah Susan. Dua mahasiswa itu bernama Larry Page dan Sergey Brin. Susan menerimanya sebagai tambahan untuk membayar rumah. 

6. Susan menjadi karyawan ke-16 Google

Susan bekerja dengan mengandalkan Google. Hal ini membuatnya tahu bahwa Google kedepannya akan menjadi perusahaan raksasa. Akhirnya Susan memutuskan untuk menjadi karyawan Google. Kehadiran Susan menjadi progress besar bagi Google sendiri. 

7. Membeli Youtube

Pada 2006, Susan mengelola Google Video. Pada waktu yang bersamaan Susan melihat Youtube berkembang pesat. Maka dari itu Susan mendesak direksi Google membeli Youtube. Permintaan Susan disetujui. Visi Susan adalah membuat Youtube menjadi platfrom video online yang akan mengalahkan industri televisi. 

8. Youtube tambah sukses

Ditangan Susan Wojcicki, Youtube menjadi tambah sukses. Saat ini Youtube memiliki jumlah kunjungan lebih dari 2 miliar kali setiap bulannya. Kekayaan Susan juga bertambah banyak berkat Youtube. Susan memiliki total kekayaan lebih dari 7 triliun rupiah. 

Yap itu dia kisah sukses Susan. Dari Susan kita belajar bagaimana caranya menangkap peluang yang ada didepan.  Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.