Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi smartphone Xiaomi lemot

Penamorf - Smartphone merupakan gadget yang penting untuk saat ini. Di Indonesia, sebagian besar smartphone didominasi oleh produk dari Tiongkok. Sebut saja Vivo, Oppo, dan Xiaomi. Ketiga smartphone diatas berada di 5 besar dengan penjualan produk tertinggi. 

Brand yang terkenal dari ketiga smartphone Tiongkok diatas adalah Xiaomi. Xiaomi dikenal memiliki harga yang murah dan terjangkau. Xiaomi memiliki penggemar bernama MiFans. Mereka sangat antusias dengan perilisan produk Xiaomi. 

Meski murah, sebenarnya Xiaomi memiliki kekurangan yang kadang membuat penggunanya jengkel. Xiaomi memiliki build up yang kurang maksimal. Hardware yang digunakan kurang mumpuni. Sesuai dengan harganya yang murah. Kendala lainnya adalah Xiaomi hobi sekali lemot. 

Berikut adalah cara untuk mengatasi Xiaomi lemot : 

1. Membersihkan Memori Internal

Memori Internal menjadi salah satu faktor yang waib diperhatikan dalam membeli smarpthone. Hal ini dilakukan agar penyimpanan lebih lega. Jadi pengguna akan bisa menikmati instal aplikasi atau menyimpan file dalam jumlah yang banyak. 

Sayangnya tidak semua memori internal itu memiliki kapasitas yang besar. Tergantung dari harga smartphone. Nah cara yang tepat untuk mengatasi Xiaomi yang lemot adalah dengan membersihkan Memori Internal. Caranya masuk ke file manager, setelah itu pilih bersihkan

2. Uninstall Aplikasi yang tidak perlu

Beberapa orang menganggap kalau semakin banyak aplikasi itu tampilan tambah menarik. Padahal dibalik itu ada yang dibebankan. Ram semakin berat bekerja karena banyak aplikasi yang menjadi tanggungan. 

Untuk mengatasi Xiaomi yang lemot. Caranya adalah dengan meng uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan begitu  kinerja RAM akan jadi lebih aman. 

3. Buang Aplikasi yang fungsinya serupa

Aplikasi sebenarnya akan membantu banyak hal.  Tapi apa jadinya bila aplikasi yang diinstal ada beberapa yang memiliki fungsi yang sama. Tentu cara yang paling bijak adalah dengan cara membuang atau uninstal salah satu aplikasi. 

Pilih aplikasi yang kiranya memiliki keunggulan lebih. Buang aplikasi yang fiturnya sedikit. 

4. Aplikasi Pembersih RAM 

Saat ini ada beberapa aplikasi pembersih RAM yang bisa diunduh di PlayStore. Bagi pengguna Xiaomi, sebenarnya tidak perlu menginstalnya. Karena sudah ada pembersih memori internal. Tapi kadang ada kondisi situasional yang perlu untuk menginstal pembersih RAM

Dengan menginstal pembersih RAM. Maka smartphone akan bekerja mematikan aplikasi yang memakan banyak RAM 

5. Reset menjadi setelan pabrik

Ini cara yang sudah paling mentok. Sebenarnya cara ini sudah tidak disarankan. Kenapa? Karena akan memakan data penting yang ada didalamnya. Harus mau repot dulu sebelum meresatnya. Repot membackup data. 

Ingat cara ini dilakukan kalau sudah tidak bisa ditolong lagi. 

Sekian dan Terimakasih