Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Al-Quran terbaik di Android

Aplikasi Al-Qur'an terbaik di Android


Penamorf - Aplikasi Al-Quran bagi sebagian besar orang memang penting. Terutama mereka yang cukup memperhatikan ibadahnya. Atau bagi mereka pelajar yang sedang tidak ada Al-Qur'an di perpustakaan, bisa banget menggunakan aplikasi.

Kemajuan teknologi membuat apapun di permudah. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan buku dan kitab. Saat ini kita bisa menyimpannya dalam bentuk pdf ataupun aplikasi. Atau bisa juga langsung Googling dengan mengetikan keyword ayat-ayat suci atau artinya langsung. 

Di Playstore sendiri untuk saat ini memiliki banyak sekali aplikasi Al-Qu'an yang bisa diunduh. Dan tenang saja, aplikasi-aplikasi Al-Qur'an tadi memang 100% gratis. 

Berikut adalah 5 Aplikasi Al-Qur'an terbaik di Android : 

1. Al-Qur'an Indonesia

Aplikasi Al-Qur'an Indonesia ini sangat lengkap. Mulai dari dalam bentuk tulisan, audio, dan juga terjemahan.  Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan. Masalah kapasitas, aplikasi ini cukup kecil. Hanya 20 MB saja, jadi tidak akan memakan banyak ukuran RAM. 

Untuk menggunakannya harus mengunduh surat-suratnya terlebih dahulu. Jadi siapkan kuota internet atau wifi yang bisa membantu proses pengunduhan. Kelebihan aplikasi ini adalah bisa mengetahui arah kiblat dimanapun. 

2. Qur'an for Android

Posisi kedua adalah Qur'an for Android. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan. Ukuran aplikasi ini sangat kecil yaitu 5.8 MB saja. Ratingnya juga bagus, 4.8 dari 5.0. Tentu aplikasi ini menjadi kelebihan tersendiri, karena ukurannya kecil. 

Fiturnya lebih sederhana. Namun sudah dilengkapi dengan fitur night mode. Fitur ini sangat membantu untuk baca ayat suci dimalam hari. Selain itu juga disediakan sekitar 20 bahasa asing. 

3. Al-Qur'an tafsir by word 

Dalam bahasa Indonesia artinya Al-Qur'an tafsir per-kata. Rating aplikasi ini hampir sempurna yaitu 4.9 dari 5.0 .  Ukuran aplikasi ini hanya 15 MB. Dan total unduhan sekitar 1 juta unduhan. Fitur aplikasi ini bisa dibilang sangat lengkap. 

Selain ayat suci dalam bentuk teks. Ada juga terjemahan dan tafsiran untuk setiap ayat.  Wajar pengguna aplikasi ini banyak terbantu mengenai kandungan ayat-ayat suci Al-Qur'an. 

4. Muslim Pro 

Selanjutnya adalah aplikasi Muslim Pro. Aplikai ini memiliki ukuran sekitar 22 MB. Total sudah diunduh lebih dari 50 juta. Ratingnya sekitar 4.3-an. Dibanding dengan aplikasi Al-Qur'an yang lain. Aplikasi ini  sangat lengkap. 

Mulai dari Al-Qur'an, jadwal solat, jadwal puasa, asmaul husna, dan banyak lagi. Kelebihan aplikasi Muslim Pro untuk membaca Al-Qur'an adalah Tajwid yang ditandai. Jadi pengguna tidak lupa akan tajwid pada bacaan. 

5. My Qur'an (Al-Qur'an dan Terjemahan )

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan adalah My Qur'an (Al Qur'an dan tejemahan. Hebatnya aplikasi ini sudah Tashih alias dicek oleh kemnag RI langsung.  Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 ribu kali. Ratingnya sekitar 4.8 dari 5.0 

Aplikasi Al-Qur'an ini memiliki fitur audio juga dan hebatnya tajwid juga diwarnai dengan warna khusus. Sehingga akan mempermudah pengguna untuk memperhatikan tajwid saat membaca.