Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah menjadi Blogger masih menjanjikan kedepannya?

apakah menjadi blogger masih menjanjikan kedepannya

Penamorf - Halo semua sobat pena, semoga dalam lindungan Tuhan selalu. Admin sudah beberapa hari ini nggak posting. Soalnya blog ini nggak ada yang baca hahahha. Jadi rada males nulis akhir-akhir ini. Sebenarnya alasan utama nggak posting blog gegara kehabisan ide. 

Padahal blog Penamorf ini blog campuran loh. Jadi ide yang bisa dituangkan menjadi postingan itu banyak. Sebanyak buih di laut lepas sana, hahaha. Faktor lainnya juga kadang males banget. Kadang iri aja sama orang yang konsisten posting blog. Doain admin ya, semoga bisa gedein ini platfrom wwkwk

Jadi gini...

Sebenarnya akhir-akhir ini admin lagi mikir. Blogger itu masih ada prospek nggak kedepannya? Soalnya sekarang ini  banyak yang lebih suka informasi berupa video daripada tulisan. Selain itu ada fakta juga, kalau tingkat literasi masyarakat Indonesia sangat rendah. 

Taukan, orang Indo males baca. Soalnya  dulu pas sekolah sering dicekokin buku paket. Padahal buku paket sekolah belum tentu dipake dikehidupan nyata sepenuhnya. Budaya membaca sedari dulu masih kurang dikembangkan.

Katanya blogger itu masih menjanjikan 

Sekedar insight ya!

Informasi itu ada dua jenis menurut admin. Yang pertama adalah informasi tertulis. Informasi tertulis ini bisa berupa tulisan, misalkan : koran, buku, majalah, hingga blog dan situs media. Sedangkan informasi tidak tertulis mengarah pada audio dan video. 

Informasi berupa video contohnya film dokumenter, talkshow, berita di tv, hingga iklan sekalipun juga informasi. Sedangkan informasi audio setau mimin ya podcast, atau iklan audio.

Dari tadi ngomongin informasi mulu. Mimin kasih tahu dulu pengertian informasi. Menurut Wikipedia, Informasi adalah  pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Njerimet gak tuh! hahaha

Nah setau mimin informasi dalam bentuk tulisan itu tetap bakal digunakan sampai kapanpun. 

Dahulu moyang kita sejak membangun candi Borobudur. Informasi berupa relief dan aksara prasasti juga dipake kok. Sekarangpun arkeolog tetap menggali sejarah melalui relief dan aksara yang ada.  Begitu juga dengan Blogger, masih tetap menjanjikan. 

Informasi yang ditulis blogger pasti tetap dibutuhkan, dicari, dinikmati, dan mungkin ditulis ulang.

Masih menjanjikan, tapi....

Menjadi blogger itu tetap menjanjikan sebenarnya. Tapi ada syaratnya, agar tidak hanya angan-angan semata. Dan bisa menghasilkan diuit/  Perlu diketahui jadi Blogger jaman modern itu susah. Karena banyak sekali media-media besar yang membabat  keyword. 

Tahukan situs Turbin news. Itu loh, yang banyak banget cabangnya. Dari Turbin Aceh sampai Turbin Papua, pasti ada domainnya. Mana konten tulisannya ditulis ala kadarnya lagi.

Blogger tetap menjanjikan kok, asalkan :

1. Harus kerja keras 

Kerja keras itu perlu pake banget. Syukur bisa nerapin kerja cerdas. Tahukan bedanya? Kerja keras itu effortnya ditambah sampai buang waktu dan biaya yang banyak. Nah kerja cerdas, setau mimin ya hasil maksimal tapi usahanya nggak keluar banyak banget. 

Jadi blogger sekarang tuh, harus mau bersaing dengan media-media besar. Perlu diketahui, media besar ini yang ngurus bukan 1 atau 2 orang saja. Tapi puluhan sampai ratusan orang. Mulai dari konten, hingga SEO. semua diurus sesuai kapasitas orang yang ada di balik media besar itu. 

2. Blogg itu invest jangka panjang 

Mimin nggak tau ini bener 100% apa nggak. Tapi blogg itu nggak bakalan menghasilkan banyak duit dalam jangka pendek. Menurut beberapa master, minimal blog itu bisa menghasilkan dalam kurun waktu 1 tahun lebih. 

Dalam satu tahun itu harus diisi dengan konten berkualitas. Selain konten ada juga ilmu SEO yang harus diterapkan. Biar blog cepat dikenal oleh mesin pencari. 

3. Relasi itu penting 

Apakah seorang Blogger hanya  menulis dan memposting tulisannya saja?  Jawabannya TIDAK. Tidak semudah itu fergusso. Blogger juga harus mempunyai relasi dengan Blogger yang lain. Tujuannya adalah biar bisa bertukar pikiran, nambah ilmu, dan bisa nambah rezeki

Biasanya sesama Blogger itu ngumpul dalam sebuah komunitas. Menurut mimin, ada kasta komunitas blogger : 

A. Komunitas Blogger Pemula, isinya blogger pemula. Jarang banget mastah turun tangan share ilmu disini. Penghuninya hobi jingling blog lain, nyinyir, sharelink.

B. Komunitas Blogger Mastah, isinya para senior di dunia blogging. Ekosistemnya bagus, saling bantu sama lain. Hobi share ilmu dan tidak menjatuhkan satu sama lain. Penghasilannya udah gede 

C. Komunitas Campuran. isinya campuran. Dari yang pemula, menengah, sampai senior. Kadang mastah aka senior, suka share ilmu yang basic. Yang pemula ya pada comment / request tertentu. Misalnya domain lawas, diajarin SEO, nyinyir, support, dan banyak lagi. Random dah

4. Selain bikin konten, ilmu SEO juga wajib kamu ketahui 

Mimin nulis artikel ini jam 12 siang. Beberapa hari yang lalu, alhamdulilah berhasil masuk grup SEO di Telegram. Isinya mulai dari praktisi profesional, sampai pemula kaya mimin. Ternyata SEO aka Search Engine Optimation itu perlu banget. 

Dulu mimin mikir kalau SEO itu paten. Maksudnya gitu-gitu aja. Kaya bikin artikel yang bagus, nyari backlink. Tapi SEO itu luas banget loh. Mana ngikut algoritma Google yang tiap periode ganti. Pokoknya kalau kamu kuasai ilmu yang satu ini nih, bakal bantu banget. 

Hasil dari penerapan ilmu SEO akan terlihat kok. Orang yang pakai ilmu SEO dg bener, blognya cepat banget dapat trafik. Mimin ini udah bangun blog 200 hari, tapi trafic belum ada. wkwkwk. Lah ada yang baru 90 hari, trafik udah ribuan. Gimana itu? artinya SEO mimin kurang. 

5. Perhatikan konten 

Konten itu adalah koentji. Bener gak si, rata-rata orang baca itu ya memperhatikan tulisannya. Mulai dari apa yang dibahas, gimana penyampaiannya, sampai urutannya gimana. Intinya si konten artikel itu harus enak dibaca. 

Sebenarnya mimin ini cukup struggle dengan hal yang kayak gini.  Kadang artikel yang mimin tulis itu  terlalu kaku dan gak luwe buat dibaca. Ada yang nulis itu ngalir gitu, enak dibaca. 

Udah males ngetik, kesimpulan aja ya!

OK. Lagi nggak ngerti lagi mau nulis gimana. Tapi mimin mau cerita aja ke kesimpulan langsung. Bahwasannya, ngeblog itu bisa jadi sebuah profesi yang menjanjikan.  Aslkan bisa fokus, tahu caranya, dan punya visi kedepannya. Apapun itu, bagi kamu para blogger. Keep Blogging !!! :)