Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menjual foto di Shutterstock

cara menjual foto di shutterstock

Penamorf  - Membahas menghasilkan uang melalui Internet merupakan hal yang menyenangkan. Bagi kita semua yang pengin produktif hanya modal hp, sebenarnya ada banyak cara. Mulai dari jualan online, mengisi survei online, menjadi selebgram, menjadi tiktok creator, dan masih banyak lagi. 

Bagi yang memiliki kamera bagus. Bagaimana kalau dimanfaatkan saja dengan menjual foto. Tentunya foto yang dijual adalah foto yang berkualitas ya. Bukan foto yang kesannya asal-asalan. Tapi kadang ada beberapa hal yang lucu. Foto yang diambil serius malah tidak aprove dan yang biasa saja malah diaprove. 

Ada beberapa situs yang menjadi platfrom jual-beli foto. Misalnya Gettyimages, FOAP, EyeEm, dan lain-lain. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Shutterstock. 

Mengenai Shutterstock 

Shutterstock merupakan sebuah situs yang menyediakan foto, video, rekaman, dan editing. Situs ini didirikan oleh seorang programmer dan fotografer bernama Jon Oringer tahun 2003. Markas kantor Shutterstock sendiri berada di kota New York.. 

Shutterstock memiliki 700-an karyawan. Pada tahun 2003 sampai  2008 member shutterstock hanya perlu membayar 49USD. Dan pengguna bisa mengunggah ribuan foto sesukanya sendiri. Karena mengetahui potensi market besar maka sistem member diubah. 

Tahun 2008, Shutterstock memulai sistem dengan menjual biaya perfoto. Yang artinya mulai tahun itu juga, Shutterstock sama bersaing dengan Getty Images. Pada tahun 2010, total stock foto sudah mencapai 11 juta lebih. 

Shutterstock IPO

Tahun 2012, Shutterstock melantai di Bursa Efek New York.  Setelah melakukan listing di bursa saham. Shutterstock mulai berkembang pesat, total foto yang dimiliki sampai 2013 lebih dari 24 juta dan tersedia lebih dari 20 bahasa. 

Tahun 2015, perusahaan ini diakusisi oleh Rex Features dan Premiumbeat. Jumlah pelanggan aktif saat itu mencapai 1.4 juta orang di 170 negara. Aset yang dimiliki adalah 100 ribu lebih kontributor.  Jumlah foro tembus 30 juta lebih dan ada juga 2 juta video.

Cara menjual foto di Shutterstock

Menjual foto di shutterstock bukanlah hal yang mudah. Ini tergantung dari foto apa yang kita upload. Sebelum terjual biasanya harus di screening dulu. Ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa diaprove.

Sebenarnya untuk menjual foto bisa melalui aplikasi ataupun melalui web. Untuk yang memilih menggunakan Web, maka akan lebih leluasa.  Berikut adalah cara menjual foto di shutterstock

A. Mendaftar menjadi shutterstock contributor 

Ingat ya website yang digunakan untuk para fotografer mengupload dan mengunduh itu berbeda. Pertama pergi dulu ke submit.shutterstock.com. Daftar menggunakan gmail dan lengkapi dengan identitas asli. 

Jangan lupa untuk memiliki akun paypal terlebih dahulu. Bagi kamu yang mau lebih serius, ini menjadi kewajiban. Kalau tidak punya paypal bisa menggunakan payoneer. Pendaftaran akun menjadi kontributor cukup mudah. Yang susah adalah supaya foto di aprove. 

B. Syarat foto yang diupload 

Syarat foto yang di upload agar diterima oleh shutterstock cukup ribet. Syarat pertama adalah memiliki resolusi 4MP.  Usahakan fotonya tidak buram dan pastikan tidak memiliki watermark.  Untuk ukuran, usahakan proporsinya sesuai. 

Selain itu pastikan foto tidak terlalu gelap. Jangan sampai  under exposure dan over exposure.Dan juga jangan sampai blur atau tidak fokus. Karena sudah pasti ditolak

C. Mengupload foto 

 Untuk mengupload foto  sebenarnya cukup mudah. Untuk resolusi yang besar bisa menggunakan FTP transfer. Kalau ukurannya kecil langsung bisa melalui contributor shutterstock. Selanjutnya upload saja, dan kalau selesai klik next. 

D. Memberi Keyword 

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu hal yang penting. Kalau keyword sesuai dengan foto, maka foto akan muncul ketika dicari sesuai keyword. Aturan dalam pemberian keywoard adalah harus relevan dan menggunakan bahasa inggris. Kalau maksa pakai bahasa Indonesia, pasti bakal ketolak. 

E. Tahap Review 

Pada rahap ini, semua tergantung pada pihak Shutterstock. Asalkan foto sesuai dengan keyword maka bisa diterima. Beberapa senior dibidang microstock mengatakan alangkah baiknya upload jam malam. Karena pada waktu itu kantor shutterstock sedang kerja.  Padahal mereka menyeleksi foto juga menggunakan AI. 

Apabila foto sudah diapprove, maka tinggal dibiarkan. Penghasilan akan terlihat ketika foto diunduh oleh orang lain. Biasanya satu kali unduhan akan  menghasilkan 0.25 USD. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.