Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat menggunakan domain TLD

manfaat menggunakan domain TLD

Penamorf -  Halo sobat Pena. Apa kabar? Semoga dalam lindungan Tuhan selalu. Kali ini admin Pena kembali mengisi rubrik Blogging aka Ngeblog. Sebenarnya dunia Blogging itu luas sekali, saking luasnya kadang admin Pena juga bingung mau nulis apa.

Pada akhirnya admin menulis tentang domain. Seperti yang kita tahu, sebagai seorang blogger domain itu penting. Saking pentingnya, kadang ada kasus seperti membeli domain seharga ribuan dollar.  Mungkin karena namanya unik, atau usianya sudah tua. Biasanya kalau domain tua, karena sudah banyak backlink bagus. 

Dari tadi ngomongin domain. Terus domain itu apa? Domain memiliki arti nama unik yang diberikan untuk mengalamatkan pada suatu website. Contohnya si Penamorf ini. Saking bingungnya pilih nama domain unik, akhirnya ngasal aja.

Bagi beberapa mastah SEO, nama domain diusahakan harus TLD. Apa itu TLD? Domain TLD memiliki arti Top Level Domain. Domain TLD ini ditandai dengan .com, .xyz, .id, .net, dan masih banyak lagi. Domain TLD ini berbayar, harganya sangat variatif. Mulai dari 15 ribu sampai 150 ribu. Murah kan? 

Berikut ini adalah manfaat menggunakan domain TLD

Sebenarnya manfaat menggunakan domain TLD itu ada banyak sekali. Ada lebih dari tujuh yang bisa disebutkan. Tapi karena admin sedang malas mengetik, admin kasih tahu sebisanya ya. Ini dia manfaat menggunakan domain TLD : 

1. Alamat blog jadi lebih singkat

Ini bener banget. Alamat blog akan lebih singkat dan mudah sekali untuk dihafal. Bayangkan domain perusahaan kamu seperti ini : BankCentralAsia.Blogspot.com. Sebenarnya tidak ada yang salah dari alamat URL diatas. Tapi apa jadinya kalau menggunakan domain gratisan? 

Panjang betul kan. Bayangkan ada embel-embel blogspot.com saat menyebutkannya. Beda kalau langsung .com, akan lebih pendek. 

2. Memiliki harga jual yang lebih tinggi 

Harga jual merupakan nominal yang ditakarkan saat menjual sesuatu. Karena menggunakan domain sejak awal, blog dengan domain TLD akan lebih mahal dibanding dengan blog domain gratisan. Kenapa lebih mahal? Karena sebagai modal awal. 

Blog dengan domain TLD saja bisa dihargai lebih tinggi. Apalagi kalau sudah memiliki trafic tinggi dan berusia tua, pasti akan lebih mahal. 

3. Lebih dipercaya 

Domain TLD akan   mendapat kepercayaan lebih dari pengunjung. Kenapa? Karena  banyak diluar sana yang menggunakan domain gratis untuk spam dan menipu orang. Jadi hati-hati saja kalau mendapat SMS gratis, mendapatkan hadiah, lalu disuruh melihat undian di web dengan domain gratisan. 

Intinya website dengan domain TLD lebih dipercaya oleh pengunjung. Selain pengunjung, mesin pencari seperti Google akan memberikan kepercayaan tersendiri. 

4. Blog akan terasa lebih profesional 

Blog yang kamu buat, bila menggunakan domain gratisan akan terasa hambar. Alasannya kenapa? Karena merasa tidak profesional.  Ya soalnya membuat blog dengan domain gratisan itu mudah sekali. 

Tinggal punya email, kamu sudah bisa membuat blog dengan mudah. Entah wordpress atau blogspot. Kalau dengan TLD, mungkin cukup satu saja tapi harus bisa dikembagkan. 

5. Akan lebih semangat update blog

Ini betul banget si, soalnya sayang banget duit yang dihabiskan buat beli domain. Menurut admin si, motivasi dari menulis artikel sejauh ini yang kuat ya sayang banget duitnya. Ibaratnya kamu sudah beli semen, tapi gajadi rumah.

Kalau domain sudah TLD. Berjanjilah untuk mengembangkan blog agar menjadi lebih baik. Sayang sekali kalau terbengkalai. 

6. Mendatangkan pengiklan 

Pengiklan itu akan datang ketika  blog memiliki pengunjung yang banyak.  Pengiklan yang paling terkenal saat ini adalah Google Adsense. Tapi bagaimana dengan domain TLD? Domain TLD memang belum tentu memiliki trafik yang tinggi, tapi memiliki kemungkinan besar pengiklan besar datang. 

Iklan belum tentu dalam bentuk baner ads saja. Tapi bisa juga berupa adsense atau content placement. Mereka tidak akan segan untuk mendatangi blog dengan domain TLD, apalagi memiliki trafik yang tinggi.