Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Traveling bagi diri sendiri

Manfaat traveling bagi diri sendiri

Penamorf - Halo sobat Pena, apa kabar? semoga dalam lindungan Tuhan selalu. Kali ini admin akan membahas traveling. Seperti yang kita tahu kebutuhan akan jalan-jalan atau traveling saat ini semakin besar. Apalagi di era modern seperti ini, sosial media semakin mempengaruhi orang-orang untuk bereksplorasi lebih jauh.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, Traveling merupakan kegiatan yang menghabiskan anggaran. Padahal itu belum tentu 100% benar.  Mungkin orang-orang yang beranggapan seperti itu belum tentu mengetahui manfaat traveling. 

Traveling merupakan kegiatan yang mampu memberikan efek relaksasi yang menyegarkan. Selain itu juga memberikan efek positif yang berdampak dalam skala luas.  Berikut adalah manfaat dari traveling itu sendiri : 

1. Mendapatkan banyak inspirasi 

Kadang otak kita mentok dan buntu susasana baru untuk mencari ide. Salah satu solusinya adalah dengan cara traveling. Dengan traveling pikiran akan menjadi lebih tenang dan relaks. Pada saat pikiran tenang, otomatis kondisi berfirkir akan menjadi jernih. 

Kejernihan berfikir akan mudah untuk menangkap ide.  Selain itu kita bisa mendapat inspirasi dari apa yang kita lihat, apa yang kita rasa, apa yang kita dengar pada saat traveling. 

2. Menambah Teman 

Teman merupakan orang yang ada disekitar kita. Biasanya kita memiliki teman yang berasal dari lingkungan tempat tinggal, di kampung, teman masa kecil, teman kantor, atau teman dari komunitas. Tapi dengan traveling juga bisa menambah teman.

Caranya adalah ikutan open trip. Apa itu open trip? Open trip merupakan kegiatan jalan-jalan yang diadakan secara kelompok oleh orang-orang dari berbagai penjuru. Opentrip menawarkan pembayaran yang murah dibanding dengan harga individu.

Kalau kita join open trip. Ada dua keuntungan, yang pertama adalah harga yang dibayarkan lebih murah. Dan yang kedua adalah mendapat teman dengan background yang bermacam-macam. 

3.  Mengurangi Stres

Mengurangi stres merupakan hal yang harus dilakukan dikala kita merasa  tertekan dan burnout.. Jangan sampai stres dibiarkan, karena bisa membuatmu depresi. Salah satu manfaat dari traveling adalah mengurangi stres. 

Dengan traveling, stres akan tereduksi. Selain itu akan menyelaraskan antara hati, pikiran, dan juga tubuh. Traveling akan mengembalikan mood seseorang menjadi lebih baik. Tubuh juga akan kembali relaks. 

4. Menambah wawasan baru 

Menambah wawasan bukan hanya dengan membaca buku saja. Faktanya dengan traveling juga bisa menambah wawasan. Kita akan mengunjungi tempat baru dengan orang-orang yang baru juga. Bisa juga kita mengunjungi museumnya agar bisa tahu sejarahnya. 

Ketika kita mengunjungi tempat baru. Akan ada nuansa baru yang kita rasakan. Bisa juga kita akan merasakan masakan baru yang enak dilidah. Budaya baru juga akan mengejutkan pandangan kita mengenai masyarakat ayng ada di tempat tersebut

5. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Fakta lainnya dari manfaat traveling adalah meningkatkan keterampilan sosial. Dengan traveling, kita bisa bertemu dengan orang-orang baru. Yang mana mau tidak mau harus bersosialisasi.  Akan lebih efektif lagi bila kita melakukan solo traveling. 

Solo traveling membuat diri kita juga merasa lebih percaya diri. Tapi hati-hati, karena potensi mengalami hal tidak mengenakan akan lebih tinggi. Sekian dan Terimakasih