Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari manakah Shopee berasal?

Dari manakah Shopee berasal

Penamorf - Membicarakan dunia modern memang tidak ada habisnya. Setiap waktu akan ada inovasi baru yang akan menggantikan teknologi lama. Salah satu bentuk teknologi yang menggantikan sesuatu yang lama adalah toko online. 

Toko online saat ini jumlahnya sudah banyak. Baik di lingkup internasional sampai lingkup nasional. Semua berlomba-lomba agar berhasil menjadi tempat jual beli barang. Kelebihan dari adanya toko online adalah bisa menjangkau banyak kostumer dan  tidak perlu biaya untuk membangun toko. 

Banyak platfrom toko online yang berhasil mendulang kesuksesan. Sebut saja Amazon.com, yang merupakan toko online global. Amazon berhasil membuat Jeff Bezos selaku pemiliknya sebagai orang terkaya sedunia.

Dikawasan Asia sendiri ada Alibaba. Alibaba merupakan platfrom toko online yang berasal dari China. Kita  semua tahu, pemiliknya adalah Jack Ma, yang merupakan orang terkaya no.3 di China. Bagaimana di Indonesia?

Untuk Indonesia sendiri ada beberapa platfrom toko online yang sangat familiar. Sebut saja seperti Tokopedia, BliBli, Bukalapak, dan Shopee. Yang paling menonjol dari ke-4 toko online adalah Shopee, karena penggunanya berkembang begitu pesat. 

Berikut adalah informasi  mengenai shopee: 

1. Profil Shopee

Shopee merupakan marketplace yang identik dengan warna orange.  Bedanya dengan Tokopedia, Shopee hanya fokus pada penjualan barang saja. Tidak menambahkan produk seperti investasi reksadana, emas, asuransi, dan lainnya. 

Saat ini Shopee sudah beroperasi di beberapa negara.  Sebut saja seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietna, Filiphina, Indonesia. Bahkan pada tahun 2019, Shopee sudah resmi beroperasi di Brazil (Amerika Selatan)

2.  Siapa Tokoh pendiri Shopee 

Pendiri Shopee ada 2 orang. Yang pertama adalah Forrest Li. Pria ini merupakan kelahiran  1978 di kota Tianjin, China. Gelar pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Teknik di Shanghai Jiaotong University. Dan gelar MBA di Stanford. 

Tokoh kedua dibalik pendirian Shopee adalah Chris Feng.  Chris Feng memiliki rekam jejak yang sangat bagus dibidang marketplace. Sempat beberapa kali memimpin toko online seperti  Zalora. Saat kuliah, Chris Feng menempuh gelarnya di Universitas Singapura. 

3. Kapan Shopee masuk Indonesia

Sebelum adanya Shopee, ekosistem marketplace yang ada di Indonesia ada 3 yang paling terkenal. Yang pertama adala Tokopedia, diikuti BliBli,  dan juga Bukalapak. Pada bulan Desember tahun 2015, Shopee resmi masuk di Indonesia. 

Saat ini Shopee menjual berbagai macam barang. Mulai dari elektronik, gadget, peralatan rumah tangga, furniture, makanan, dan banyak lagi. 

4. Dari mana Shopee berasal?

Shopee sendiri berasal dari negara Singapura. Perusahaan ini berada dibawah naungan SEA Group, yang dulunya dikenal sebagai Garena.  Garena sendiri merupakan perusahaan besar yag menjadi developer game online. Sebut saja seperti MOBA, Fifa Online, dan lain-lain

5.  Strategi Promosi 

Shopee memiliki pengguna yang cukup besar. Bahkan pada tahun 2019 berhasil mengalahkan pengguna Tokopedia. Tentu kuncinya berada di marketingnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Shopee selalu membuat promosi dengan menggandeng artis KPOP. Wajar pengguna naik, karena penggemar KPOP di Indonesia sangat banyak. 

Yap itu dia mengenai Shopee. Semoga membantu, sekian dan terimakasih