Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat mendengarkan musik yang harus kamu ketahui

Manfaat mendengarkan musik


Penamorf - Musik merupakan hal yang begitu identik bagi semua kalangan manusia. Di belahan bumi manapun, eksistensi musik tetap ada. Baik itu musik menggunakan vokal atau tanpa vokal, musik tetap saja dinikmati oleh banyak orang. Sebenarnya  mendengarkan musik ini membawa manfaat loh. 

Bagi beberapa orang, mendengarkan musik dianggap membuang waktu. Tapi faktanya justru tidak, musik malah membuat orang-orang merasa lebih nyaman. Entah karena liriknya, melodinya, atau orang yang membawakannya.

Oh ya untuk mendengarkan musik sebenarnya ada banyak cara. Mulai dari menggunakan Youtube atau menggunakan aplikasi streaming musik . Saat ini banyak ilmuwan yang meneliti mengenai manfaat dari mendengarkan musik. 

Berikut adalah manfaat mendengarkan musik yang harus kamu ketahui : 

1. Meningkatkan  Motivasi

Siapa nih yang kerjanya loyo kalau tidak pakai musik. Bagi beberapa orang, musik bisa memacu kinerja menjadi lebih baik. Beberapa orang yang merasa putus asa dan lelah akan hidupnya bisa tercerahkan oleh alunan musik dengan lirik yang penuh makna. 

Contoh lainnya adalah saat olahraga.  Saat kita berolahraga, pasti butuh pengalih perhatian dari rasa lelah. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Musik mampu membuat perhatian fokus dan memberikan motivasi tersendiri bagi pendengarnya. 

2. Mengurangi Stress 

Stress bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Mulai dari curhat, bertemu dengan psikolog, ibadah, olahraga, meditasi dan lain-lain. Tapi salah satu alternatif yang paling murah adalah dengan mendengarkan yang namanya musik. 

3. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak 

Tidur merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua manusia. Bagi beberapa orang, tidur harus dalam kondisi tenang dan tidak ada suara sama sekali. Tapi beberapa orang memiliki anggapan yang berbeda. 

Mereka yang berbeda memiliki kebiasaan tidur dengan musik. Biasanya musik yang didengarkan merupakan lagu yang memiliki beat pelan dan tidak menggebu-gebu. 

4. Mengurangi gejala depresi

Depresi merupakan penyakit mental yang menjangkit banyak orang di era modern ini. Untuk mengatasinya ada banyak cara. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan pergi ke psikiater atau psikolog. Tapi ada alternatif lain untuk mengurangi gejala depresi

Dengan musik, jiwa dan mental akan lebih baik. Hal ini sudah diteliti oleh Public Health West Virginia. Dalam penelitian itu, musik mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak terkait suasana hati.

5. Meringankan Stroke

Stroke merupakan penyakit yang cukup mematikan. Biasanya stroke menyerang mereka yang sudah berusia tua.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anglia Ruskin University (Inggris) akan membantu peningkatan kesembuhan pasien stroke secara neurologis. 

Yap itu dia manfaat musik. Ada yang bilang musik itu haram, tapi bagi admin sendiri asalkan manfaatnya positif tidak masalah