Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat-Kiat mencintai diri sendiri

Kiat-Kiat mencintai diri sendiri

Penamorf - Halo sobat Pena. Bagaimana kabarmu hari ini. Semoga dalam keadaan yang baik-baik saja dan dilindungi Tuhan. Kehidupan ini  berjalan begitu cepat. Ada detik demi detik yang harus dilewati. Semua menua dan yang muda terlahir kembali. Hidup ini silih berganti naik turun, siang malam, begitu dinamis. 

Masalah juga datang bertubi-tubi. Tapi jangan sampai kamu abai terhadap kesehatan mental diri sendiri. Tanda bahwa ada yang salah dengan dirimu mulai dari membenci diri sendiri, merasa tidak berguna, dan lain-lain. Kalau kamu merasa hal tersebut menimpamu, artinya kamu belum mencintai diri sendiri.

Terus bagaimanakah caranya mencintai diri sendiri? Berikut adalah cara yang tepat untuk mencintai diri sendiri : 

1. Berhenti jadi orang lain 

Adakah disini yang belum menjadi diri sendiri? Menjadi diri sendiri artinya tidak menjadi fake  atau palsu. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan percaya diri. Buat apa jadi bahagia tapi harus menjadi orang lain. Harus memasang topeng seolah-olah seneng terus. 

Jangan takut dibenci. Mau kamu jadi diri kamu sendiri, tetap saja ada orang yang sayang sama diri kamu. Toh kalau jadi orang lain jatuhnya juga cape sendiri. 

2. Perhatikan dirimu 

Yap diri kamu sendiri harus diperhatikan. Bukannya membuat dirimu insecure. Tapi cobalah berkaca, lihat tubuhmu. Apakah ideal? kalau belum kamu bisa makan lebih atau diet yang sehat. Coba lihat bagaimana cara berpakainmu, apakah sudah pas? Kalau belum bisa kamu sesekali senangkan dirimu dengan baju baru. 

Memperhatikan diri sendiri bukanlah keegoisan. Ada waktunya kamu harus tahu apa yang harus kamu lakukan pada fisik, mental, dan emosimu. Mengabaikan diri sendiri itu tidak baik. 

3. Akhiri hubungan Toxic

Apa itu hubungan Toxic? Hubungan Toxic merupakan hubungan yang membuatmu tidak berkembang, menjadi cepat lelah, dan merasa tidak ada gunanya. Kalau kamu bersama dengan orang yang toxic, berhati-hatilah. 

Bukannya kamu menjadi orang yang lebih baik. Tapi malah cepat lelah secara mental. Carilah lingkar pertemanan dan persaudaraan yang bagus. Jangan membuatmu stuck disitu-situ saja. 

4. Bersyukur

Tuhan memang sudah dijelaskan bahwa eksistensinya tidak perlu ditanyakan. Baik semua agama maupun kitab juga mengakui bahwa Tuhan itu ada. Baik agama Islam sampai Kong Hu Chu sekalipun, semua agama mengakui Tuhan. 

Sudahkah kamu mensyukuri pemberian Tuhan ? Kerap kali kita pernah melupakan keterlibatan Tuhan. Kerjaan kita sebagai manusia hanya sambat-sambat saja. Sambat disini maksudnya adalah mengeluh. Bersyukurlah atas pemberian kekuatan Tuhan.

5. Olahraga

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kira-kira peribahasa tersebut sudah ada sejak sekolah dasar. Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan cara berolahraga. Selain digunakan untuk menjaga kesehatan, olahraga juga bisa membuat mental kita lebih sehat dan positif. 

Olahraga yang disarankan tentunya tergantung hobi. Misalkan suka olahraga air, bisa saja dengan berenang. Atau olahraga tangan, bisa bultang, voli, dan lainnya.