Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu burnout dan cara mengatasinya

Burnout dan cara mengatasinya


Penamorf -  Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Kali ini admin lagi pengen membicarakan kehidupan. Hidup ini rasanya tidak karu-karuan. Kita semua merasakan itu, terutama pada saat berada di titik terendah.

Tapi ketika berada di suatu titik dimana punya kesibukan dan padat kerja, kadang juga ada rasa stress luar biasa. Istilahnya adalah Burnout. Burnout terjadi hampir oleh semua orang. Dan tentu saja penyakit kejiwaan ini jangan dibirkan saja. Karena cukup berbahaya. 

Apa itu Burnout

Pengertian dari Burnout adalah stress berkepanjangan yang disebabkan oleh pekerjaan. Dampak dari burnout ini bukan hanya capek mental tapi juga capek fisik.  Bahayanya adalah kita tidak bisa menjadi fokus saat bekerja. 

Selain kehilangan fokus, gairah untuk bekerja akan semakin berkurang. Dan bisa bisa berakhir depresi yang menyebabkan dirimu malah keluar dari pekerjaan. Apakah sampai disitu saja? Tidak! Tentu akan ada gangguan yang lebih panjang. Entah di lingkungan pertemanan atau keluarga.

Cara mengatasi Burnout 

Bagi beberapa orang ada banyak cara untuk mengatasi burnout. Mereka akan mengambil cuti panjang dan liburan jauh keluar negeri. Tapi tidak semua orang punya previelege seperti itu. Ada orang biasa juga bisa merasakan burnout.

Berikut adalah cara mengatasi burnout : 

1. Curhat dengan atasan

Curhat merupakan salah satu metode yang  paling ampuh untuk bertukar pikiran. Kamu bisa curhat dengan atasan mengenai kendalamu selama ini. Tapi ingat batas ya, usahakan curhat dengan urusan kerja saja. Jangan merambat kearah yang lain, misalkan masalah keluarga

2. Lihat titik rendah yang sudah pernah dilalui

Kamu sudah melalui banyak hal. Dan admin Pena yakin kamu pernah ada di titik itu.  Saat ini admin yakin kamu sedang baik-baik saja. Sadarilah bahwasanya posisimu ini sementara. Ingat dulu kamu melewati banyak hal buruk. Admin yakin kamu bisa melaluinya. 

3. Perbanyak apresiasi diri

Bekerja tanpa apresiasi adalah hal yang sulit. Kondisi mental akan tersiksa dan merasa tidak dihargai. Kalau kamu merasa seperti burnout atau stress karena kerja. Sebaiknya segera apresiasi diri dengan cara yang biasa kamu lakukan. Entah dengan pergi ke salon, ke restoran, olahraga, dan masih banyak lagi. 

4. Olahraga

Ternyata olahraga juga bisa membantu untuk mengatasi burnout. Dengan berolahraga perhatianmu akan beralih fokus ke kegiatan  itu. Tubuh akan memproduksi endorfin lebih banyak. Hormon endorfin merupakan sumber yang menyebabkan rasa bahagia. Dengan begitu burnout akan berkurang

5. Mindfulness

Mindfulness artinya hadir sepenuhnya di masa sekarang. Jadi saat melakukan suatu kegiatan maka tidak memikirkan hal lain. Harus 100% hadir penuh kesadaran dalam melakukan suatu kegiatan. Salah satu kegiatan yang mencontohkan tidak mindfulness adalah makan sambil pegang hp. Intinya jangan multi tasking.

Yap itu dia mengenai masalah burnout. Buat kamu yang sedang burnout, istirahat dulu. Jangan digas terus, soalnya bahaya dan bisa menyebabkan kamu depresi. Sekian dan Teirmakasih, Semoga bermanfaat