Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya kecerdasan emosional yang baik

Pentingnya kecerdasan emosional yang baik



Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan. Bersyukurlah kalau kamu sedang sehat, soalnya admin lagi demam. Lagi demam begini jadi males ngapa-ngapain & bawaannya kurang mood. 

Tapi bukan berarti cuman rebahan doang. Bisa gila nantinya hahahha. Dulu pas admin masih skula, rata-rata guru lebih menekankan nilai tinggi. Admin tipikal orang yang mengikuti arus, jadi dapat nilai tinggi itu suatu kepuasaan tersendiri. 

Tapi..., tahukah kamu? Pada dasarnya hidup ini tidak perlu nilai-nilai tinggi yang ada di rapot. Tapi hidup ini perlu yang namanya uang, cinta &kasih sayang, pertemanan, dan masih banyak lagi. Yang paling penting adalah uang. Uang tidak bisa membeli segalanya, tapi segalanya butuh uang. 

Untuk mendapatkan uang dan pekerjaan yang bagus, perlu kecerdasan emosional yang bagus. Kecerdasan emosional atau EQ itu ternyata sangat  mempengaruhi kesuksesan.  Percuma kalau pintar tapi emosionalnya buruk. 

Apa itu kecerdasan emosional ?

Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) merupakan kemampuan memikirkan dan menggunakan emosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin bagus. Bagusnya adalah bisa memahami diri sendiri dan bekerja dengan lebih bagus. 

Manfaat kecerdasan emosional yang baik

Kecerdasan emosional sebenarnya bisa diasah seperti kecerdasan intelegensi. Jadi bukanlah hal mutlak sejak lahir sampai mati. Seiring berjalanannya waktu, EQ akan berubah tergantung dari pengalaman dan faktor lain. Berikut adalah manfaat kecerdasan emosional yang baik : 

1. Pekerja Profesional 

Kecerdasan emosional bukan hanya tentang diri sendiri. Tapi juga tentang hubungan dengan orang lain. Dalam dunia kerja, untuk menjadi pekerja profesional harus bisa mengendalikan emosi dan mengerti orang lain. Tujuannya adalah menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja yang lain dan mencapai target kerja dengan baik. 

2.  Adaptasi yang baik

Dalam hal apapun, entah pekerjaan, pendidikan, dan lingkungan sosial. Adaptasi merupakan salah satu hal yang paling penting. Tentu ada alasannya kenapa harus bisa adaptasi dengan baik. Alasannya adalah dalam kondisi apapun perubahan itu ada. Makannya orang dengan EQ baik akan cepat beradaptasi dengan hal tersebut. 

3. Manajemen waktu yang lebih baik

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik paling anti dengan membuang waktu. Mereka akan memaksimalkan waktu yang ada untuk mengerjakan banyak hal. Dalam dunia kerja, orang yang bisa mengatur waktu dengan baik akan lebih dihargai. Karena produktivitas mereka tinggi dan tidak mengulur waktu. 

4. Hubungan yang lebih baik

Hubungan yang baik terbentuk karena komunikasi yang baik.  Orang dengan kecerdasan emosional memiliki komunikasi yang bagus. Alhasil baik di dunia kerja, sosial, keluarga, akan mudah diterima.  Dengan penerimaan dan hubungan baik, konflik akan mudah diaatasi. 

5. Pendengar yang baik 

Orang dengan kecerdasan emosional yang bagus akan lebih mudah berempati.  Mereka tidak asal bicara saat orang lain mengungkapkan apa yang dialaminya. Respon yang diberikan juga lebih bijak, karena tidak asal respon. Apalagi memotong pembicaraan, pendengar yang baik tidak akan melakukan hal tersebut. 

Yap itu dia pentingnya kecerdasan emosional yang baik. Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat.