Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan rasa percaya diri

Cara meningkatkan rasa percaya diri

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin lagi pengin membahas percaya diri. Pecaya diri merupakan salah satu langkah untuk menuju kesuksesan.

Namun faktanya, banyak orang yang kurang percaya diri. Padahal apa yang didepannya belum pernah dicoba. Ternyata kurang percaya diri ini ada banyak penyebabnya. Supaya bisa bangkit dan punya rasa percaya diri, maka ada beberapa cara. 

Cara meningkatkan rasa percaya diri setiap orang berbeda-beda.  Kadang cara yang satu belum tentu bisa diterapkan untuk orang lain. Berikut adalah beberapa kiat untuk meningkatkan rasa percaya diri 

Cara meningkatkan rasa percaya diri

Melesat jauh menuju titik sukses perlu namanya percaya diri. Percaya diri harus ditumbuhkan dari waktu kewaktu. Ingat tanpa percaya diri, kamu tidak akan bergerak kemana-mana. Cenderung stagnan atau jalan ditempat.  Semoga cara dibawah ini membantu ya!

A. Sadar dan menerima kekurangan diri

Pada dasarnya setiap insan manusia memiliki kelebihan. Dan tentunya tidak lupa juga kalau manusia pasti punya kekurangan. Menyadari kekurangan diri itu perlu. Alasannya?  Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Dengan mengakui dan menerima kekurangan diri, kamu bisa fokus pada hal lain

Terutama fokus pada kelebihan diri sendiri. Pasalnya terlalu fokus pada kekurangan diri akan membuatmu kehilangan waktu dan percaya diri yang rendah. 

B. Mengutamakan penampilan diri

Penampilan diri merupakan wujud dirimu seutuhnya yang kamu tampakan pada orang lain. Mulai dari ekspresi, gaya pakaian, dan sikapmu. Penampilan diri itu penting sekali loh. Apalagi untuk urusan bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. 

Biasanya ada beberapa golongan yang akan menilai dirimu dari penampilan. Sebut saja HRD disuatu perusahaan. Maka dari itu buatlah dirimu berpenampilan yang menarik. 

C. Mempelajari hal baru

Mengetahui banyak hal adalah hal yang menyenangkan. Termasuk mempelajari hal-hal baru merupakan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Nilai atau value yang ada  pada dirimu juga semakin bertambah. Karena kamu mempelajari sesuatu yang baru. 

Seberapapun usiamu atau umurmu, usahakan kamu selalu mempelajari hal yang baru. Kamu bisa juga menambah teman dan lingkungan baru berkat mempelajari hal baru. 

D. Membuat Rencana 

Rencana merupakan sebuah cara untuk mencapai sesuatu atau hal yang akan dilakukan. Memang hidup ini boleh dijalani layaknya air mengalir. Tapi akan lebih bagus lagi kalau punya rencana alias plan. Kenapa harus punya rencana? Artinya dalam hidup harus ada tujuan

Usahakan dalam hidup ini punya rencana cadangan. Dari rencana A sampai Z. Kenapa harus begittu? alasannya supaya bila rencana satu gagal maka bisa menggunakan rencana yang kedua

E. Memilah Omongan 

Omongan orang memang nyebelin. Apalagi kalau omongan itu bersifat nyinyir tanpa ada tambahan saran yang membangun. Tapi namanya hidup, kita tidak berhak mengatur omongan orang lain. Maka dari itu telinga dan pikiran kitalah yang harus mengelola dan memilah omongan orang lain. 

Tapi bukan berarti kamu tidak harus mendengarkan nyinyiran mereka. Adakalanya kamu menggunakan itu untuk mengevaluasi. Apakah nyinyiran mereka benar? kalau benar perbaiki, kalau tidak ya lupakan nyinyiran itu. 

Yap itu dia cara meningkatkan rasa percaya diri. Semoga membantumu dan admin harap rasa percaya dirimu meningkat. Sekian....