Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hidup Minimalis dan manfaatnya ?

Hidup Minimalis

Penammorf - Halo sobat pena ! Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga dalam lindungan Tuhan selalu. Dimasa pandemi ini semua serba susah ya. Banyak yang usahanya tutup, mengalami PHK, putus kuliah, pertumbuhan ekonomi juga turun derastis. 

Semoga saja kamu dalam kondisi yang stabil secara mental, finansial, dan lainnya. Saat ini anak muda sedang digandrungi dengan tren hidup minimalis.  Gaya hidup ini semakin populer di era modern yang penuh dengan tekanan. Apalagi hidup minimalis juga dipopulerkan oleh banyak influencer. 

Sebenarnya apa itu hidup minimalis ? bagaimana dengan manfaatnya?  Beberapa influencer juga membagikan dan mengenalkan gaya hidup minimalis di kanal youtubenya.  Sebut saja seperti Raditya Dika dan Deddy Corbuzeir. 

Apa itu Hidup Minimalis ? 

Hidup minimalis merupakan sebuah konsep hidup yang mana tidak berlebihan, sederhana, dan lebih mengutamakan kualitas. Gaya hidup ini lebih mementingkan ketenangan tanpa ribut mengurusi kuantitas barang. 

Gaya hidup minimalis dinilai tepat bagi para milenial yang tumbuh di era modern. Kita tahu bahwasanya milenial sangat menyukai kepemilikan barang yang jumlahnya banyak.  Entah karena nafsu saja atau tuntutan gaya hidup era sekarang. Yang apa-apa serba bosen dan pengen beli barang baru.

Tantangan hidup minimalis !

 Hidup minimalis adalah sebuah konsep melawan ego diri. Ego diri yang dimaksud adalah kemewahan dengan memiliki barang branded. Selain melawan diri untuk tidak membeli barang branded. Ternyata nongkrong-nongkrong di kafe tidak perlu juga bagian dari hidup minimalis. 

Hidup minimalis juga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang memiliki hobi belanja. Harus pandai memilih barang prioritas. Jangan lupa juga melirik barang yang tidak dipakai. Apakah harus dipakai lagi, disumbangkan, atau dijual lagi. 

Hidup minimalis juga mengajarkan agar tidak takut untuk disingkirkan. Pasalnya ketika kamu menolak untuk nongkrong di kafe. Jangan harap kawanmu akan mengajak berkali-kali. Mereka sudah tahu kalau jawabanmu adalah tidak.

Bagaimana cara hidup minimalis ? 

 Kalau kamu mau melihat gaya hidup minimalis secara real. Disertai dengan pembahasan yang detail, kamu bisa searching bagaimana cara hidup minimalis di Youtube.  Tapi Penamorf juga menyediakan langkah-langkah hidup minimalis :

A. Aturan 90/90 

Aturan 90/90 merupakan aturan yang cukup menarik. Dalam waktu 3 bulan sekali (90 hari) usahakan untuk menginventaris barang. Barang mana saja yang masih bisa dipakai? Apakah ada yang harus disumbangkan? Atau apakah ada yang harus dijual lagi?

Kalau list barang yang akan di keluarkan sudah ada. Maka tinggal membuat list barang yang akan dibeli. Adakah yang dibutuhkan? Apakah barang itu diperlukan?  Bagaimana dengan harga, apakah kemahalan? 

B. Merapikan almari 

Almari merupakan tempat biasa kita menyimpan baju. Baju-baju tersebut  harus sering kita cek. Apakah sudah usang? apakah masih layak dijual? Jangan lupa untuk membuat almari lebih lega tanpa baju dengan jumlah yang bebal. 

C. Minimalisir Sosial Media 

Sosial media merupakan hal yang biasa kita pakai. Mulai dari untuk komunikasi, hingga bisnis juga saat ini menggunakan sosial media. Terus bagaimana dengan maksud meminimalisir sosial media? meminimalisir sosial media maksudnya seperti dibawah ini : 
  •  Follow akun-akun penting saja
  • Tidak usah rajin update storry
  • Upload foto ketika ada momen saja
  • Tidak usah membuang banyak waktu untuk scroll sosial media. Kamu atur satu hari 30 menit sudah cukup

D. Pastikan pengeluaran untuk yang terbaik

Membicarakan pengeluaran artinya membecarakan uang yang akan keluar. Biasanya kita menghabiskan uang untuk hal-hal semacam fashion, makanan, dan keperluan lain. Saat menentukan biaya pengeluaran kamu harus punya batas dan skala prioritas. 

Buatlah mana yang paling urgent untuk dibayar. Atau buatlah list mana yang harus dibeli terlebih dahulu. Hidup minimalis sangat anti dengan kehidupan boros.  Menghabiskan uang tanpa ada faedahnya bukanlah hal yang penting.

E. Anti dengan barang duplikat

Maksud dari barang duplikat adalah barang kw dan juga barang yang mempunyai fungsi sama. Barang KW atau barang tiruan sebaiknya jangan dibeli. Selain itu usahakan hanya memiliki barang dengan fungsi penting. Tidak usah memiliki barang dengan fungsi yang sama.

Manfaat memiliki gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis tentunya memiliki manfaat yang cukup bagus. Baik dari sisi kejiwaan, keuangan, hingga manajemen. Berikut adalah manfaat dari gaya hidup minimalis : 

A. Gaya hidup hemat dan tidak boros

Savings atau menabung merupakan hal yang penting. Apalagi saat ini kebutuhan dimasa dewasa semakin bertambah. Dengan hidup tertata dan hemat tentunya akan membantu kita untuk menolong masa depan dan membeli sesuatu yang lebih penting

B. Hidup lebih tenang 

Hidup tenang adalah kunci dari kebahagiaan. Kita semua pasti susah untuk menjalankan sesuatu tanpa ketenangan diri. Hidup minimalis akan menolong kita semua untuk tidak mengikuti tren. Lebih tenang tanpa harus memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang trendy.

C. Rumah lebih lega

 Merasa rumah terasa sumpeg karena banyak barang. Saat kamu merasa sumpeg di rumah. Artinya kamu perlu mengubah gaya hidup menjadi minimalis. Gaya hidup minimalis membuat kamu membuang barang yang tidak diperlukan.

D. Fokus pada tujuan hidup 

Hidup minimalis akan mengurangi fokus kita pada hidup yang hedon. Jauh dari kata mewah, tapi hidup seperti ini akan membuat kita fokus pada mimpi. Mimpi yang ingin dicapai akan lebih mudah tergapai dengan hidup minimalis.

E. Pola Hidup lebih teratur dan punya banyak waktu luang

Hidup berantakan itu tidak enak. Bisa-bisa dengan gaya hidup yang salah akan membuat dirimu tidak sehat secara mental, finansial, dan manajemen. Hidup minimalis akan mengurangi waktu uyntuk merawat dan mengganti barang yang tidak digunakan.