Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lulus SMA apa yang harus dilakukan

Lulus SMA apa yang harus dilakukan

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam kehidupan yang sehat dan dilindungi Tuhan selalu. Kali ini admin lagi santai dan hobi banget nulis. Wkwkwkwk, rasanya ada aja hal yang pengen ditulis. Meskipun tulisan mimin belum sebagus Tere Liye. Tapi nggak masalah kan kalau mulai dulu.

Membicarakan kehidupan setelah masa sekolah memang begitu rumit. Kita semua tidak tahu apa yang terjadi kelak. Yang jelas kita sebagai manusia berhak punya memiliki banyak rencana. Dan harapannya dengan rencana tersebut kita menggapai mimpi apa yang kita inginkan. 

Lulus SMA apa yang harus dilakukan

SMA merupakan masa-masa yang indah bagi banyak orang. Banyak dari mereka yang menemukan kisah cinta pertama mereka disini. Ada juga yang berhasil menjadi pemimpin organisasi atau menjadi pelajar yang berprestasi.  Tapi tidak jarang juga menjadi siswa biasa  atau nakal. Dan itu tidak masalah
 
Faktanya kita hidup di Indonesia yang sebagian besar orang menilai bahwa orang nakal tidak akan sukses. Padahal kebalikannya, orang nakal dan bandel mudah sukses. Tapi jangan simpulkan orang pintar dan nerdy tidak akan sukses ya, hhehe. 
 
Berikut ini adalah  daftar setelah lulus SMA apa yang harus kamu lakukan : 

A. Traveling 

 Lulus SMA apa yang harus dilakukan? Jawaban pertama adalah Traveling. Travelling merupakan hal yang penting bagi dirimu. Kenapa? karena dari sana kamu bisa menjelajah banyak tempat. Kalau solo traveling bagaimana? wah itu bakal bagus banget. Ini manfaat traveling yang harus kamu ketahui. 
 
Traveling tidak bisa dilakukan secara bebas setelah usiamu tua nanti. Mungkin dimasa tua nanti kamu harus mengurus bisnismu, mengurus anak, atau hal lain-lain. 

B. Membuat bisnis

 Bisnis. Mendengar kata itu pasti pandangan menjadi luas banget. Pasalnya bisnis itu ada dimana-mana dan punya skala yang berbeda-beda. Kamu bisa memulai bisnis saat kamu SMA atau setelah lulus. Bisnis kecil-kecila juga tidak masalah. 

Misalkan kamu bisnis clothingan kecil. Atau buat bisnis kafe juga tidak masalah. Asalkan modal yang kamu gunakan bisa di manajemen dengan baik.

C. Kerja

 Setelah lulus SMA apa yang harus dilakukan? apakah harus kuliah? Kerja bagaimana?. Kerja juga tidak masalah kok. Bagi admin sendiri, setelah lulus SMA keren banget kalau kamu kerja. Dengan kerja, kamu bisa punya tabungan sendiri. 

Kerja itu capek. Dan tentunya kerja juga nggak betah. Apalagi kerja bareng orang lain. Pasti perlu adaptasi, perlu komunikasi yang bagus. Perlu diingat kalau kamu kerja pertebal telinga, jangan gampang baper. Kerja juga tidak semenakutkan itu kok:)

D. Memperdalam Agama

 Agama bagi beberapa orang penting. Temasuk dirimu mungkin, pasalnya admin sudah pernah dititik rendah. Dimana pada akhirnya kembali ke agama sebagai penyelesaiannya. Memperdalam agama itu bagus lo. Kamu bisa melibatkan Tuhan agar bisa meraih mimpi-mimpimu. 

Agama juga akan mengajarkanmu mengenai etika, moral, dan memahami kitab. Intinya kalau kamu tidak ateis, memperdalam agama itu bukan pilihan yang buruk.

E.  Menambah skill digital 

 Menambah skill? apakah perlu? Jawabannya SANGAT PERLU. Ingat di era modern banyak sekali profesi baru. Sebut saja seperti Blogger, Vlogger, Music Editor,Programer, Data Scienctist, SEO, Digital Marketing, dan lain-lain.

Supaya waktumu tidak terbuang. Belajarlah salah satu skill digital diatas. Usahakan sesuaikan dengan hobi yang kamu sukai. Misalkan kamu suka menggambar, belajarlah desain grafis. Kamu suka menulis, kamu bisa belajar menjadi blogger. Dan masih banyak lagi.

F. Memulai hobi baru 

 Hobi baru?  Ya jangan sampai kamu stuck dan tidak tahu bidang yang lain. Misalkan kamu tahu dunia programming, kamu bisa banget memulai belajar tentang dunia otomotif. Atau kamu juga bisa memulai belajar tentang dunia musik. Intinya mengeksplorasi tentang hobi baru itu bagus kok. 

Jangan lupa juga gabung dengan komunitas yang tepat sesuai hobi. Disana kamu bisa ketemu dengan senior yang ahli dibidang itu.

Yap itu dia 6 kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah lulsu sma. Daripada bingung Lulus sma apa yang harus dilakukan. Mending improve diri menajadi lebih baik.