Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Situs terbaik simulasi tryout UTBK

Situs terbaik simulasi tryout UTBK

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dalam lindungan Tuhan. Admin Pena menyarankan bagi teman-teman SMA/SMK, khususnya kelas 3 segera mencari arah kemana setelah lulus. 

Mau kuliah pilihan bagus, mau kerja juga tidak masalah, mau berwira usaha juga tidak kalah keren. Bagi yang mau kuliah segerakan untuk memilih jurusan yang tepat.  Carilah jurusan yang sesuai dengan keinginan dan juga prospek dimasa depan. 

Memilih kampus juga perlu diperhatikan. Mulai dari biaya, jarak dari rumah, hingga akreditasi kampus juga harus dipertimbangkan dengan baik. Rata-rata orang Indonesia banyak yang memilih untuk berkuliah di kampus negeri. PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dipilih karena biaya yang terjangkau dan memiliki value lebih dibanding dengan kampus swasta. 

Untuk masuk kampus negeri (PTN) ada 3 jalur umum. Diantaranya adalah  SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Sebagian besar teman-teman yang masih SMA memilih  jalur SBMPTN. SBMPTN menggunakan skor UTBK. 

UTBK sendiri berupa tes yang terdiri dari penalaran dan pengetahuan (sains atau sosial).  Dan untuk mengikuti UTBK harus belajar jauh-jauh hari. Biasanya diselingi dengan simulasi atau Tryout UTBK. Berikut adalah 5 situs terbaik simulasi Tryout UTBK 

1. Zenius.net 

Zenius.net merupakan pelopor bimbingan belajar online pertama di Indonesia. Sebelum munculnya Ruang Guru, Zenius sudah dikenal banyak orang. Admin Pena sendiri pernah mencoba Zenius. Bagusnya kalau mau menggunakan Zenius lebih baik menjadi member premium. 

Kenapa? Karena dengan menjadi member premium Zenius ada banyak akses. Mulai dari akses materi, akses soal UTBK tahun lalu, akses tryout, pembahasan jawaban soal, dan masih banyak lagi. 

2. Ruang Guru

 Ruang Guru merupakan bimbel online yang memiliki progress besar. Banyak sekali influencer bahkan iklan promosi ruang guru dimana-mana. Ruang guru sendiri memiliki banyak materi pelajaran mulai dari SD bahkan khusus masuk PTN. 

Selain itu Ruangguru juga menyediakan materi softskill yang berguna untuk masa kerja nanti. Supaya bisa mengakses fasilitas Ruangguru, kamu bisa menjadi member premium. Kamu bisa tryout UTBK dengan pembahasan yang menarik

3. Quipper

Quipper menjadi situs bimbingan online terbaik berikutnya setelah Zenius dan Ruang Guru. Quipper sendiri bukan berasal dari Indonesia. Jaringan Quipper sudah mengglobal sejak tahun 2014 an. Mereka menyediakan banyak materi pelajaran dari kalangan SD sampai SMA. Dan tentu saja ada juga khusus UTBK. 

Hebatnya Quipper menyediakan simulasi Try Out UTBK secara gratis. Jadi kamu tinggal mendaftar dan tidak perlu membayar. Tapi bagusnya kamu menjadi member premium, supaya bisa mengakses banyak fitur termasuk konsultasi dengan mentor. 

4. Pahamify

Pahamify merupkan sebuah platfrom bimbingan belajar online yang baru berdiri pada tahun 2019.  Hebatnya Pahamify adalah sudah menggunakan tryout skala nasional. Penilaian sudah menggunakan sistem IRT dan dirangking secara nasional sesama anggota Pahimify. 

Video pembahasan  tryout UTBK di Pahamify juga sangat menarik. Harga untuk tryout sendiri sangat murah, sekitar Rp. 20.000,00 untuk 1 x Tryout dan Rp. 250.000,00 untuk 20 kali tryout. 

Yap itu dia sobat Pena. Situs bimbel online diatas patut banget kamu coba. Semoga segera bisa mendapatkan PTN impianmu ya! Good Luck :)