Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu PBN dan Manfaatnya ?

Apa itu PBN dan Manfaatnya

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan,  Kali ini admin Pena ingin membahas tentang dunia blog. Dunia blog memang luas dan banyak yang harus dibahas. 

Bisa dibilang ilmu blog itu harus diselami dengan baik. Supaya hasilnya juga tidak sia-sia dan  berhasil kedepannya. Dalam dunia blog, backlink merupakan sebuah elemen penting yang digunakan dalam ilmu SEO. Untuk mendapatkannya salah satunya adalah dengan PBN. Apa itu PBN? Ini dia penjelasannya : 

Apa itu PBN ?

PBN memiliki kepanjangan Private Bloge Network. PBN adalah website khusus yang digunakan untuk membangun link dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat dan trafic di halaman web pencari.

Banyak para senior blogger yang menggunakan teknik PBN untuk SEO. Dan sebagian besar dari mereka juga berhasil menaikan peringkat blog dan trafic blog.

Manfaat menggunakan PBN 

Ada beberapa manfaat dari menggunakan PBN. PBN digunakan dengan membangun banyak web yang mengarah ke situs utama . Dengan banyak tautan yang mengarah ke situs utama, perlahan situs utama akan semakin meningkat. 

Akan semakin meningkat dari segi apa? Yang pertama adalah dari segi peringkat. Peringkat keyword akan naik di halaman Google. Dengan meningkatnya peringkat keyword, maka pengunjung akan berdatangan dalam jumlah yang besar. 

Apalagi kalau keyword yang tidak ada matinya. Sebut saja "cara menghilangkan jerawat", "rumus phytagoras", dan masih banyak lagi. Tentunya akan menghasilkan banyak pundi-pundi uang dan reputasi blog semakin baik. 

Resiko menggunakan PBN

Menggunakan PBN memang tampak menggiurkan. Banyak situs besar yang menggunakan teknik ini. Sebut saja situs berita semacam turbin news. Mereka menggunakan jaringan PBN dengan sangat baik. Namun tetap saja PBN merupakan salah stau teknik beresiko dan juga cukup dibenci oleh Google. 

Ada beberapa kekurangan atau resiko menggunakan PBN.  Menggunakan jasa PBN bukanlah hal yang murah. Teknik menggunakan PBN ini bisa dibilang mahal. Perlu banyak uang untuk bisa mengelola PBN.  Uang itu digunakan untuk membeli expired domain, hosting, dan lain-lain. 

Selain memiliki harga yang mahal, PBN juga membutuhkan waktu yang lama.  Waktu untuk membuat artikel pada beberapa blog. Waktu untuk menautkan situs. Waktu untuk improvement blog PBN. Minimal waktu yang dibutuhkan 3 minggu atau bahkan lebih. 

Yap itu dia pembahasan pendek mengenai PBN. Kamu sebagai blogger boleh banget menggunakan teknik white hat atau black hat. Tapi perlu diingat, semua itu ada resikonya. Sekian dan Terimakasih.