Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan kuliah di sekolah kedinasan

Alasan kuliah di sekolah kedinasan

Penamorf - Halo kawan Pena ! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam lindungan Tuhan dan tentunya dalam keadaan sehat selalu. Menjalani hidup merupakan hal yang menantang. Masa-masa yang menantang, salah satunya adalah setelah lulus SMA. 

Lulus SMA akan menjadi penentu apa yang akan kamu capai nantinya. Entah kamu menempuh pendidikan tinggi atau tidak. Asalkan kamu fokus pada satu bidang, kamu bisa jadi orang (sukses) kok. Percayalah jam terbang dengan fokus pada satu titik akan lebih baik daripada fokus pada banyak hal. 

Membicarakan kuliah sebenarnya ada banyak jalan. Entah kuliah di negeri atau swasta, dalam negeri atau luar negeri, hingga memilih sekolah kedinasan juga bisa.  Banyak teman-teman yang akhirnya memilih untuk masuk ke sekolah kedinasan. 

Kira-kira kenapa ya alasannya ? Mari kita simak alasan kuliah di sekolah kedinasan : 

Alasan kuliah di sekolah kedinasan :

Ada beberapa alasan menguntungkan kenapa masih banyak yang memilih kuliah di sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan sendiri merupakan nama lain dari PTK. PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan PT dibawah pemerintah. Sementara itu PTS dan PTN berada dibawah naungan kemendikbud.

PTK atau sekolah kedinasan ada berbagai macam jenisnya. Mulai dari  STAN, STIN,  IPDN, STSN, dan masih banyak lagi. Berikut adalah 5 alasan kuliah di sekolah kedinasan.

1. Memiliki prospek kerja yang jelas 

Bekerja dengan prospek yang jelas merupakan dambaan banyak orang. Salah satu alasan kuliah di sekolah kedinasan adalah tidak perlu mencari kerja. Sebut saja sekolah kedinasan seperti STAN. STAN atau yang disebut dengan sekolah tinggi akuntansi negara alumnusnya banyak yang kerja di kemenkeu. 

Sebut saja seperti bea cukai, kantor pajak, dan lain-lain. Selain tidak perlu mencari kerja, kamu juga bisa menaikan gelar dengan kuliah lagi. 

2. Biaya bisa ditanggung negara

Menjalani pendidikan tentu ada saja bayang-bayang tanggungan biaya. Kalau kuliah biasanya kita mengenal adanya UKT yang dibayarkan selama 1 semester sekali. Namun beda kasusnya bila kamu kuliah di perguruan tinggi kedinasan.

Sebagian perguruan tinggi kedinasan biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah. Jadi para mahasiswanya hanya menanggung biaya hidup saja. 

3. Relasi dari seluruh Indonesia

Perguruan tinggi kedinasan merupakan perguruan tinggi yang diincar oleh seluruh pelajar yang ada di Indonesia. Jadi kalau nanti dirimu ini diterima di salah satu PTK, siap-siap relasimu akan bertambah luas. Bukan tingkat daerah lagi tapi sudah tingkat nasional. 

Temanmu bisa dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia. Dengan begitu kamu bisa menambah daftar teman sekaligus bisa bertukar pengetahuan mengenai budaya masing-masing

4. Melatih mental dan disiplin

Sekolah kedinasan secara langsung berada dibawah naungan pemerintah Indonesia. Artinya lulusan sekolah kedinasan setelah lulus menjadi seorang pengabdi negara. Menjadi seorang pengabdi negara tentu membutuhkan mental kuat dan juga disiplin. 

Rata-rata sekolah kedinasan menggunakan pola didik semi militer. Alhasil karakter mahasiswa sekolah kedinasan sudah terasa dari sisi kedisiplinan dan juga mental yang kuat

5. Pengajar profesional

Sekolah kedinasan memiliki jurusan yang sangat spesifik sesuai dengan nama sekolahnya. Sebut saja STAN, sekolah yang mendalami keuangan negara ini diisi oleh praktisi langsung. Seorang ahli akuntansi, ahli pajak, bahkan menteri keuangan sekalipun bisa-bisa menjadi dosen. 

Dengan pengajar profesional, ilmu yang didapat juga maksimal. Pasalnya nanti kamu akan menjadi seorang  abdi negara. Jadi tenaga pengajar juga tidak sembarangan,