Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menabung agar cepat beli rumah

Tips menabung agar cepat beli rumah

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu ? Semoga dalam keadaan sehat dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Saat mendengar kata "Rumah" apa yang ada di benakmu ? Bagi admin sendiri, rumah adalah tempat dimana kita bisa istirahat dan tempat tujuan saat pulang dari aktivitas pekerjaan.

Mendengar kata "rumah" bagi orang yang sudahh dewasa bisa lain. Rumah bisa diartikan sebagai impian, sebagai pengurang tabungan (cicilan bulanan), sebagai tempat istirahat, dan lain-lain. Bagi generasi milenial, memiliki rumah adalah sebuah dambaan.

Harga rumah sendiri saat ini bervariasi. Namun banyak yang bilang kalau harga rumah rata-rata kelewat mahal. Terutama yang memiliki tempat strategis dengan fasilitas lengkap. Untuk mendapatkan rumah sendiri ada banyak cara. Mulai dari credit KPR sampai dengan membangun rumah sendiri. 

Karena harga rumah dari waktu ke waktu mulai naik. Maka alangkah baiknya harus mulai menabung agar cepat beli rumah. Berikut adalah 5 tips menabung agar cepat beli rumah : 

5 Tips menabung agar cepat beli rumah

Tips dibawah ini memberi pengetahuan agar kamu segera bisa mendapat rumah impian. Semoga kamu bisa konsisten dan segera mendapat rumah impian kamu. 

1.  Membuat target tahunan  atau bulanan 

Untuk memiliki kemajuan agar cepat beli rumah, tentu kamu harus memiliki yang namanya target. Target ini bisa kamu tentukan dengan cara mengetahui harga rumah yang akan kamu beli. Lalu bisa kamu kira-kira kapan bisa membeli rumah. 

Misal dalam waktu 8 tahun lagi. Maka penghasilan bulannanmu bisa kamu potong untuk ditabung. Setiap bulannya ada target jumlah tabungan khusus beli rumah yang wajib dipenuhi. 

2. Jauhi dan lunasi hutang

Hutang merupakan hal yang sering kita dengar. Apalagi semenjak adanya  kasus teror penagihan pinjaman online. Hutang sebenarnya boleh untuk hal produktif. Hal produktif sebut saja seperti bisnis, pendidikan, dan lain-lain. Tapi alangkah baiknya hindari hutang. 

Kalau penghasilanmu pas-pasan, jangan menambah hutang atau cicilan. Cukup satu cicilan saja yaitu cicilan khusus rumah. 

3. Memperbanyak investasi

 Investasi merupakan salah satu obat penawar dari melawan inflasi. Selain untuk melawan inflasi, pada dasarnya investasi bisa juga untuk mencari keuntungan. Misalkan kamu menyimpan emas batangan. Harga 1 gram 5 tahun kedepan bisa naik 100%. 

Supaya rumahmu cepat kebeli. Alangkah baiknya kamu juga memperbanyak investasi. Entah berupa saham, emas, reksadana. Intinya investasi yang menguntungkan akan bisa membawamu cepat membeli rumah. 

4.  Menggunakan fitur Autodebet

Banyak orang diluar sana yang kesulitan untuk menabung. Admin sendiri termasuk orang yang begitu, susah menabung. Prinsip menabung adalah menyisihkan uang diawal gajian. Jadi bukan mengambil uang sisa di akhir bulan setelah dikonsumsi. 

Bagi kamu yang susah banget menabung, ada fitur bank yang akan membantu. Namanya adalah fitur Autodebet. Fitur ini akan langsung memindahkan uangmu ditanggal gajian. 

5. Hidup hemat dan pengeluaran yang minim

Sejak kita duduk dibangku taman kanak-kanak. Kita diajarkan dengan sebuah pepatah "hemat pangkal kaya". Supaya kamu cepat membeli rumah, maka jangan lupa untuk  ikat pinggang lebih erat. Hematlah, buang pengeluaran yang tidak perlu. 

Hidup hemat akan membuat keuanganmu lebih baik. Terutama untuk membeli rumah, mungkin akan lebih cepat kamu memiliki hunian idealmu.

Yap itu dia tentang tips menabung agar cepat membeli rumah. Apapun itu caramu, semoga kamu segera mendapat rumah impianmu. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat!