Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara agar sehat secara keuangan

Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? semoga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan. Krisis keuangan adalah hal yang paling dihindari oleh banyak orang. Alasannya tentu saja semua akan menjadi susah bila mengalami krisis keuangan. 

Untuk memenuhi kebutuhan hidup  saja harus ekstra hemat karena kepepet. Rasanya pasti nggak enak, dan jangan sampai kita berada di titik itu. Maka dari itu bagi kamu yang punya pekerjaan atau yang sedang mencari kerja. Gunakan uangmu dengan baik-baik. 

Pastikan dirimu sehat secara keuangan, kapanpun !. Kondisi keuangan harus stabil dan tidak goyah. Kadang ada saja hal darurat yang bisa membuat  pengeluaran bengkak. Berikut adalah 5 cara agar sehat secara keuangan : 

5 Cara agar sehat secara keuangan

Cara-cara dibawah ini harus dilakukan dengan komitmen. Bukan untuk waktu singkat tapi dalam waktu yang lama. Karena hasil dari komitmen agar sehat secara keuangan akan membuatmu stabil dalam kondisi apapun. 

1. Alokasi Anggaran 

Kesalahan bagi orang yang sering mengalami krisis keuangan adalah tidak adanya alokasi anggaran dana. Penghasilan yang kita dapat diatur dan dialokasikan ke beberapa hal. Misalkan untuk konsumsi, untuk tabungan, untuk investasi, dan untuk dana darurat. 

Penganggaran ini dilakukan agar kita tidak menggunakan semua uang yang sudah kita dapat. Bahaya nanti kalau tidak memiliki uang sama sekali. 

2. Soroti jumlah pengeluaran 

Pengeluaran pada dasarnya adalah hal yang sudah pasti ada. Dan tentunya itu hal lumrah karena kita hidup sudah pasti membutuhkan dan mengeluarkan uang. Tapi apakah kamu tipikal orang yang memperhatikan jumlah pengeluaran. 

Saat ini hanya 30% saja orang yang memperhatikan berapa jumlah pengeluaran. Coba bagi kamu yang ingin sehat secara keuangan, soroti pengeluaran. Apa pengeluaran yang paling besar? apakah bisa dikurangi? 

3. Perbanyak sumber penghasilan

Salah satu cara agar kamu tidak boncos dan sehat secara keuangan adalah dengan memperbanyak sumber penghasilan. Jadi hidupmu tidak hanya mengandalkan gaji dari kantor atau tempat kerjamu. Cara memperbanyak sumber penghasilan ada berbagai cara. 

Kamu bisa membuka bisnis kecil-kecilan entah online shop atau coffe shop. Mungkin kamu juga bisa mencoba freeelance sesuai hobimu. Entah menjadi desainer grafis, penulis lepas, penerjemah, dan masih banyak lagi. 

4. Diverifikasi Investasi

Investasi saat ini adalah hal yang sering dibicarakan. Mulai dari reksadana, saham, P2P Lending, emas, bahkan cryptocurrency juga bisa. Jangan investasi pada hal yang tidak kamu mengerti. Tapi admin pena juga menyarankan supaya jangan investasi pada satu bidang saja. 

Sebelum kamu investasi pada banyak hal. Usahakan pelajari dulu, karena investasi pada hal yang tidak diketahui adalah hal yang rugi. 

5. Negosiasi Gaji

Ini adalah opsi terakhir supaya sehat secara keuangan. Kamu bisa mengusulkan untuk naik gaji pada perusahaan tempat kerjamu. Kenapa ini opsi terakhir? Karena untuk negosiasi gaji harus tahu kondisi. Mulai dari seberapa besar kamu berkontribusi, seberapa baiknya performa perusahaan, dan masih banyak lagi. 

Yap itu dia 5 cara agar sehat secara keuangan ala admin Pena. Semoga kamu sehat secara keuangan, karena tidak sehat secara fisik saja sudah sakit. Apalagi tidak sehat secara keuangan. Hmm, bisa repot. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat !