Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan semangat belajar UTBK


Penamorf - Halo sobat Pena ! Bagaimana kabarmu? semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin Pena ingin membahas sebuah keluhan yang sering dialami oleh pelajar di Indonesia. 

Yap penyakit malas belajar merupakan salah satu keluhan yang sering dialami. Entah pelajar dari level SD sampai perguruan tinggi juga pasti mengalaminya. Nah bagi siswa SMA yang mau masuk PTN pasti ada fase dimana harus belajar menghadapi UTBK. 

Dan kendalanya adalah kehilangan semangat belajar UTBK. Untuk itu harus ada cara untuk meningkatkan semangat belajar UTBK.  Supaya nanti kamu bisa mendapat jurusan, PTN, sesuai dengan impian kamu.

Cara meningkatkan semangat belajar UTBK

Pola belajar setiap orang memang berbeda-beda. Dan tentunya untuk bangkit dari rasa malas belajar juga perlu cara yang beda. Dibawah ini ada beberapa cara meningkatkan semangat belajar UTBK. Semoga efektif untuk kalian. 

1.  Jauhi gangguan belajar

Gangguan belajar memang menyebalkan. Konsentrasi dan fokusmu bisa saja pecah dan apa yang kamu pelajari tidak bisa terekam dengan baik. Gangguan belajar bisa bermacam-macam, mulai dari suara bising, anak kecil, atau ada hajatan. 

Kamu bisa pergi kesuatu tempat yang bisa membuatmu jauh dari gangguan itu. Minimal kamu bisa fokus dan bisa mempelajari dengan jelas. 

2. Istirahatlah dan bersenang-senang 

Salah satu faktor dari hilangnya semangat untuk mempelajari materi adalah karena terlalu sering belajar. Benarkah begitu? kadang kita belajar sampai muak karena tidak bisa faham dengan materi yang ada. Maka dari itu istirahatlah sejenak. 

Istirahatlah sejenak sampai kamu benar-benar tidak lelah.  Dan jangan lupa untuk bersenang-senang sedikit. Misalkan dengan hangout atau pergi mendaki gunung juga tidak masalah. 

3. Ajak kawan seperjuangan

Belajarmu terlalu buntu dan tentunya butuh support system. Kalau jenuh belajar, ajaklah teman seperjuanganmu. Entah membahas soal yang sulit dan susah dipahami. Atau tryout bareng untuk mengukur diri bersama-sama juga tidak masalah. 

Setidaknya kamu tidak sendirian. Dengan kawan seperjuangan kamu bisa bertukar pikir, membahas materi, atau membiacarakan hal lainnya. Sehingga belajarmu lebih enjoy

4. Mengubah suasana

Suasana ruangan atau tempat merupakan hal yang bisa bikin kamu malas belajar. Pasalnya admin Pena sendiri juga mengalami hal yang serupa. Misalkan berada di kamar yang terlalu monoton. Tapi admin bisa tetap belajar dengan pindah tempat. 

Kamu bisa juga mencobanya. Misalkan pergi ke gazebo, ke taman, ke perpustakaan kota, dan lain-lain. Intinya mengubah suasana setidaknya membantumu supaya tidak malas belajar. 

5. Belajar di pagi hari 

Tahukah kamu bahwasanya bangun pagi hari memiliki banyak manfaat? dan salah satu cara untuk mengatasi rasa malas belajar adalah dengan belajar di pagi hari. Kenapa bisa begitu? karena pagi hari itu sangat jernih, sunyi, dan tidak ada banyak gangguan. 

Konsentrasi dan fokusmu juga akan lebih baik. Supaya maksimal jangan lupa berdoa terlebih dahulu. Agar kamu bisa belajar dengan maksimal. Yap itu dia cara meningkatkan semangat belajar UTBK. Sekian dan Terimakasih.