Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat membaca buku

Manfaat membaca buku

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Semenjak kita duduk di bangku taman kana-kanak, kita sudah diajari alfabet. Huruf demi huruf kita hafal dan kita tulis. 

Buku kala itu masih penuh gambar dan penuh warna. Naik satu tingkat lagi di bangku sekolah dasar, buku yang ada sudah banyak tulisan. Hitungan sederhana sudah mulai diajari. Di bagku SMP dan SMA, buku-buku yang ditemui sudah kompleks.  Apalagi perguruan tinggi, buku harus bisa dianalisis dengan baik.

Nah setelah lulus sekolah atau kuliah apakah kamu masih sempat membaca buku. Buku itu sudah dianggap sebagai salah satu jendela dunia selain internet. Jadi jangan sampai kau berhenti membaca buku. Berikut ini manfaat membaca buku yang wajib banget kamu ketahui. 

Manfaat membaca buku

Membaca buku bukan berarti kamu itu nerdy. Kadangkala kamu memang perlu itu dengan beberapa tujuan. Entah untuk mencari petunjuk, mencari makna, mencari tujuan, mencari jawaban. Intinya membaca buku itu tidak ada ruginya. Ini dia daftarnya : 

1. Mengurangi gejala depresi 

Depressi merupakan salah satu hal yang saat ini cukup serius untuk ditangani. Hal ini kalau depresi dibiarkan maka akan mengakibatkan hal yang fatal seperti mengakhiri diri. Membaca buku akan membuat diri kita tidak memikirkan hal-hal yang negatif. 

Apalagi buku yang dibaca merupakan buku novel komedi yang mengocok perut. Imajinasimu akan tenggelam dalam tokoh-tokoh yang karakternya unik dan alur cerita yang menarik. 

2. Menambah kemampuan berbahasa

Berbahasa tentunya melibatkan kosakata dan juga tata kalimat. Di dalam sebuah buku pasti ada ribuan kosakata dan banyak tata kalimat yang bisa kamu serap. Dengan rajin membaca buku, tata bahasa dan juga kosa kata akan semakin dikuasi. 

Dengan begitu kemampuan berbahasa meningkat. Baik tulisan maupan  perbendaharaan kosakata juga semakin bagus. 

3. Meningkatkan rasa empati

Siapa sobat Pena disini yang memiliki hobi membaca buku fiksi? Kalau ada yang hobi membaca buku fiksi, selamat berarti kamu punya nilai lebih. Menurut beberapa penelitian, orang yang memiliki hobi membaca buku fiksi memiliki kemampuan berempati yang lebih baik dari orang lain. 

Kenapa bisa begitu? Karena orang yang membaca buku fiksi sudah sering mendapatkan alur cerita unik dan berbagai sudut pandang yang berbeda. Itulah alasan kenapa orang membaca buku fiksi memiliki pemahaman emosi dan empati yang tinggi. 

4. Meningkatkan motivasi

Buku memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari biografi, fiksi, agama, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat dari membaca buku adalah meningkatkan motivasi. Kita bisa mendapatkan hikmah dari suatu peristiwa yang ada di dalam cerita buku. 

Terutama bagaimana seorang tokoh menyikapi suatu kejadian. Misalkan menghadapi tantangan seperti usahanya gulung tikar, masalah percintaan yang pelik. Dari admin sendiri sangat merekomendasikan beberapa biografi. Sebut saja seperti Jack Ma, Ma Huateng, Warren Buffet, dll. Kisah mereka patut dibaca.

5. Meningkatkan angka harapan hidup

Kebiasaan membaca ternyata berpengaruh pada kesehatan loh. Ada sebuah studi yang mengatakan orang yang memiliki kebiasaan membaca buku memiliki 20% angka harapan hidup yang lebih tinggi. Kenapa bisa begitu? Karena kebiasaan membaca akan mengurangi depressi, stress, dan pikiran lainnya. 

Jenis bacaan juga sangat berpengaruh. Bacaan yang cenderung seperti berita atau koran malah kurang disarankan. Karena berita kadang membawa berita negatif yang bisa mempengaruhi pemikiran seseorang. Bisa saja berita negatif itu menambah ketakutan dan kecemasan yang berpengaruh pada angka harapan hidup.