Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Channel Youtube yang membuatmu cerdas finansial


Penamorf - Halo sobat  Pena ! Seperti yang kita tahu bahwasanya investasi merupakan hal penting saat ini.  Dalam dunia finansial, investasi menjadi sebuah bahan pembelajaran yang wajib diikuti perkembangannya. Sayangnya di sekolah tidak ada pembahasan mengenai dunia finansial, terutama investasi.

Jadi mau tidak mau harus mencari tahu sendiri. Salah satu cara yang termurah adalah melalui internet. Internet bisa memberikan informasi yang ingin kita ketahui dengan keyword yang kita cari. Informasi finansial bisa didapat dalam bentuk teks atau video. 

Nah bagi kamu yang lebih menyukai informasi dalam bentuk video. Kamu bisa menonton beberapa kanal Youtube dengan konten finansial yang menarik. Berikut adalah daftarnya : 

1. Raditya Dika 

Raditya Dika merupakan seorang penulis, komedian, sutradara, dan juga youtuber.  Hampir semua muda-mudi tahu bang Radit. Meskipun karirnya berasal dari seorang penulis, ternyata bang Radit memiliki pengetahuan luas mengenai dunia investasi. 

Yang paling spesifik bang Radit bahas adalah mengenai reksadana. Beliau juga membagikan tips-tips agar mencapai finansial freedom. Ada juga tips-tips menabung sebelum menikah. Banyak insight baru yang diberikan oleh Raditya Dika kepada subscribernya. 

2. Finansialku

Selanjutnya adalah kanal Youtube Finansialku. Sesuai dengan nama channelnya, tentu yang dibahas adalah masalah finansial. Saat ini jumlah subscriber mencapai 190 ribu orang. Dan pembicaranya juga bukan orang biasa, melainkan memiliki background dibidang finansial dan investasi. 

Konten-konten yang disediakan cukup menarik dan spesifik. Mulai dari gaya hidup, investasi emas, investasi saham, dan banyak lagi.  Hebatnya lagi kadang konten video menghadirkan tokoh-tokoh berpengalaman. 

3. Doddy Bicara Investasi

Salah satu kanal favorit admin adalah Doddy Bicara Investasi.  Nama pemilik  channel yang satu ini bernama Doddy Prayogo. Dalam kanalnya tersebut, pak Doddy blak-blakan membuka strategi dalam mengurus masalah finansialnya. 

Bagi kamu yang sudah memikirkan dana pensiun. Channel Doddy Bicara Investasi sangat cocok buat dirimu. Disana pak Doddy memperlihatkan dengan jelas bagaimana mengatur dana pensiun. Tanpa sensor nominal dan dengan penjelasan yang jelas. 

4. ZAPFinance TV

Dipandu dengan host yang asik, Zapfinance Tv menjadi opsi channel Youtube selanjutnya. Prita Hapsari Ghozie merupakan CEO dari ZAP Finance. Beliau sering membagikan berbagai pengetahuan mengenai dunia finansial. 

Salah satu seri video yang menarik adalah Gajian Paz. Yang mana video seri ini menjadi pembahasan sekaligus solusi bagi para milenial. Terutama yang memilki gaji pas tapi memiliki keinginan untuk menata keuangan demi masa depan. 

5. Felicia Putri Tjiasaka

Kanal Youtube milik Felicia Putri Tjiasaka menjadi referensi dunia finansial selanjutnya. Sapaan akrabnya adalah kak Feli. Beliau sering membagikan informasi dan pengalamannya mengatur keuangannya. 

Penyampaiannya yang mudah dipahami membuatnya memiliki 400 ribu subscriber. Konten yang dibuat kak Feli cukup beragam. Mulai dari reksadana, saham, P2P Lending, bahkan membahas pinjaman online juga.  Bagi kamu yang tertarik dunia finansial, boleh banget subs kanal kak Feli

5 kanal Youtube diatas merupakan referensi admin Pena saja. Mungkin kawan-kawan Pena sendiri memiliki referensi yang lain. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat :)