Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

kelebihan dan kekurangan investasi emas

Penamorf - Halo sobat Pena, bagaimana kabarmu ? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan dalam lindungan Tuhan. Semakin dewasa, kebutuhan ekonomi merupakan sebuah prioritas. Entah untuk konsumsi, bisnis, hingga investasi juga hal yang wajib dipelajari dan dilakukan. 

Salah satu jenis investasi tertua di dunia adalah investasi emas. Yap, logam mulia  satu ini bisa menjadi aset berharga yang bisa diinvestasikan untuk masa depan. Emas memiliki bentuk beragam. Mulai dari dalam bentuk bar (batangan) hingga dalam bentuk perhiasan. 

Saran dari admin Penamorf, sebaiknya investasi emas yang dikeluarkan oleh ANTAM. Pasalnya emas buatan ANTAM ini murni dijamin negara sebagai emas asli dan bukan abal-abal. Di era digital saat ini, kamu bisa memiliki emas dengan aplikasi loh. 5 aplikasi jual beli emas bisa kamu baca dengan klik kalimat ini.

Sebelum membeli emas sebagai salah satu investasi yang ingin kamu miliki. Pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Investasi emas

Kalau kamu memiliki portofolio emas sebagai investasi yang dimiliki. Pasti sudah merasakan beberapa kelebihan investasi emas. Emas bisa dibilang menjadi opsi tepat karena jelas dasarnya. Ini dia kelebihan investasi emas : 

A.  Nilai stabil dan cenderung meningkat 

Kita investasi pasti memiliki harapan agar nilainya meningkat.  Betul kan? Mana mau kita invest malah nilainya turun. Tapi tahukah kamu, salah satu jenis investasi yang stabil adalah emas. Dibanding dengan saham, emas bisa dibilang aman dari penurunan nilai yang drastis. 


Gambar diatas merupakan grafik harga emas selama 10 tahun terakhir. Ada beberapa kecenderungan penurunan harga seperti tahun 2013. Tetapi bila dilihat dalam 10 tahun atau 5 tahun terakhir, nilainya meningkat. 

B. Mudah dicairkan 

Salah satu keuntungan dari memiliki investasi emas adalah mudah sekali diperjual belikan. Berbeda dengan saham atau reksadana, emas mudah sekali untuk diperjualbelikan. Tidak perlu menunggu waktu yang lama hingga berhari-hari. 

Waktu beberapa menit saja sudah bisa diproses.  Sehingga bila ada waktu darurat dan membutuhkan pencairan emas. Kamu bisa melakukannya kapanpun kamu mau.

C. Bisa investasi dengan nominal kecil. 

Kalau kamu mau investasi emas tanpa repot ke pegadaian. Kamu bisa memulai investasi dengan menggunakan aplikasi. Tenang saja nominalnya tidak harus membeli sebesar 1 gram emas. Di beberapa aplikasi  misalnya, kamu bisa investasi sebesar Rp. 10.000 saja.

D.  Harga realtime

Tahukah kamu? Bahwasanya setiap hari harga emas baik harga beli atau harga jual selalu berubah. Jadi harga saat kamu beli bisa lebih rendah atau lebih mahal dibandingkan beberapa hari yang lalu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga emas naik atau turun. 

Yang paling dasar adalah karena hukum permintaan dan penawaran dari emas itu sendiri. Ada juga kebijakan moneter, bahkan nilai tukar dollar terhadap rupiah juga mempengaruhi harga emas. 

Kekurangan Investasi Emas

Beberapa orang kerap kali memutuskan investasi tanpa mengetahui kekurangan dan kelebihan jenis investasi yang akan dijadikan portofolio. Sebelum menyesal membeli emas, berikut kekurangan investasi emas yang wajib kamu ketahui : 

A.  Tidak cocok untuk jangka pendek

Emas bukanlah saham perusahaan yang nilainya bisa naik atau turun sewaktu-waktu. Harga emas bisa naik atau turun tetapi tidak signifikan. Apalagi kalau kamu hanya ingin emas dalam jangka waktu satu bulan, keuntungan yang didapat malah sedikit. 

Kalau kamu ingin investasi emas. Usahakan ditahan dalam jangka waktu yang lama. Hitungannya bukan bulan lagi, melainkan bertahun-tahun. Bisa 5 tahun atau 10 tahun. Kalau kamu invest emas sejak 2011 dengan nominal 1 gram saja, saat ini tahun 2021 nilainya lebih dari 2 kali lipat

B. Dalam bentuk fisik, emas perlu keamanan ekstra

Emas digital dan emas fisik jelas berbeda. Emas digital  hanya bisa kita lihat nominal harganya saja pada aplikasi jual beli emas. Sedangkan emas dalam bentuk fisik bisa kita pegang dan kita simpan dimanapun. 

Kalau kamu membeli emas dalam bentuk fisik. Maka harus diingat bahwasanya emas tersebut perlu disimpan ditempat yang aman. Alasannya tentu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, hilang, atau dijual tanpa sepengetahuan pemilik

Nah ! Itu dia kelebihan dan kekurangan investasi emas.  Sebenarnya investasi apa saja boleh kok, yang penting sesuai dengan tujuan. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek? Intinya jangan sampai salah invest ya! Dan jangan lupa, pastikan investasi pada platfrom yang sudah terdaftar di OJK. 

Ciao :)