Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesulitan yang kamu rasakan saat mengikuti lomba blog

5 kesulitan yang kamu rasakan saat mengikuti lomba blog

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan.  Ngeblog bukanlah aktifitas yang mudah. Bagi mereka yang awam, pasti yang kepikiran hanya "cuman nulis doang"

Padahal ngeblog juga bukan hanya nulis kok. Ngeblog itu banyak aspek juga. Mulai dari struktur blog, tampilan, kecepatan blog juga menjadi perhatian sendiri. Apalagi kalau sudah mulai monetasi, optimasi harus menjadi sebuah prioritas. 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari blog. Selain monetasi dari Google Adsense, salah satu mendapatkan penghasilan adalah dengan mengikuti lomba blog. Admin sendiri sudah pernah ikut satu kali lomba blog. Dan hasilnya kalah, tapi tidak mengapa. Ada banyak lomba yang lain kok :)

5 Kesulitan yang kamu rasakan saat mengikuti lomba blog

Bagi kamu yang pernah join lomba blog, pasti merasakan beberapa kesulitan. Dan kesulitan-kesulitan itu mengasahmu menjadi blogger yang lebih baik.  Jangan pernah takut, kesulitan bisa kamu hadapi !

1. Bingung memilih lomba blog

Lomba blog ada banyak sekali. Bertebaran dimana-mana dan tentunya ada setiap bulannya. Tapi apa jadinya kalau tidak tahu informasi lomba blog terbaru. Admin Pena sendiri selalu mendapat informasi lomba terbaru di Instagram. Kamu bisa follow @infolombablog

Disana ada banyak info lomba blog. Kamu bebas memilih. Mulai dari hadiah yang besar, yang saingannya kecil, atau yang deadlinenya mepet juga boleh

2. Kadang tema tidak cocok 

Karena lomba merupakan sarana mendapatkan pengunjung dan juga hadiah gratis. Maka tema yang ditentukan biasanya sudah disediakan oleh penyelenggara. Namun sayangnya ada saja yang tidak cocok. Entah karena faktor tidak familiar dengan tema atau merasa kurang sreg saja. 

Biasanya kalau sudah tidak cocok lebih baik jangan dicoba atau dipaksa ikut. Pasalnya memaksakan diri untuk mengikuti tema yang kurang sreg hasilnya bisa kurang bagus

3. Harus pandai research

Karena tema sudah ditentukan penyelenggara, maka kita harus rajin baca. Ada banyak referensi yang harus dibaca supaya kita bisa mendapat ide tulisan dan mengembangkan tulisan dengan baik. Skill mencari informasi sesuai dengan tema ini harus cerdik. 

Biasanya halaman pertama akan  dilihat oleh kompetitor lomba lain juga. Intinya kamu yang harus pandai mengembangkan tulisan

4. Membuat infografis

Infografis merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Biasanya semakin bagus atau banyak infografis yang  ada dalam artikel, maka peluang menang akan semakin tinggi.  

Kesulitan membuat infografis adalah haruss kreatif. Memadukan kemampuan desain dengan menyampaikan informasi yang pas menjadi tantangan sendiri saat mengikuti lomba blog. 

5. Optimasi lain-lain

Kriteria penilaian jarang sekali dibocorkan oleh pihak penyelenggara. Ada yang menilai melalui tulisan dan infografis yang ada didalamnya. Ada juga yang menilai dari ranking search engine google. Jadi pas ikut lomba blog ada faktor lain yang harus dioptimasi. 

Misalkan optimasi konten agar isinya padat dan jelas serta tidak bertele-tele.  Optimasi kecepatan blog juga bisa berpengaruh. Mana mau penyelenggara memilih pemenang dari blog yang lambat. 

Yap itu dia 5 kesulitan yang kamu rasakan saat mengikuti lomba blog. Kesulitan tadi bisa kamu atasi, asalkan mau belajar dan terus menulis. Sekian dan terimakasih